Consultation Corner: Acne Aches

Ladies, please welcome Shirley Natalia Gan, Clinique Education and PR Manager who, starting this month until July 2010 will answer all of your questions about skin problem and treatment.

Each month we will have different topics so please note the schedule below and send your questions to info@fashionesedaily.com before the 10th date on the respective month.

May 2010: Dullness (kulit kusam)

June 2010: Aging

July 2010: Hyperpigmentation

Dear Mbak Shirley,
Apakah penyebab jerawat di bawah kulit? (Tonjolan di bawah kulit yang terasa apabila diraba dengan tangan, tapi tidak bengkak atau sakit) Apakah disarankan untuk menusuk jerawat di bawah kulit untuk mengeluarkan isinya? Adakah cara lain untuk menanganinya? -
Niki Satya Peni

Dear Niki,
Penyebab jerawat di bawah kulit adalah penumpukan sel kulit mati, produksi minyak yang berlebihan dan bakteri propiani. Cara penanganan dengan menusuk jerawat dan mengeluarkan isinya tidaklah disarankan karena dapat menyebabkan infeksi dan peradangan, apalagi jika tidak dilakukan dengan standar kebersihan yang tinggi. Sebaiknya untuk mengatasi jerawat, gunakanlah secara rutin produk yang dapat mengontrol minyak, tidak menimbulkan iritasi, dapat mengatasi bakteri propiani penyebab jerawat serta eksfoliasi, seperti rangkaian Anti-Blemish Solutions dari Clinique. Selain itu Anda bisa mencoba Spot Treatment Gel dari rangkaian yang sama untuk diaplikasikan pada jerawat.

Beberapa bulan lalu saya mengalami masalah dengan bruntusan dan jerawat kecil. Terutama di dagu dan rahang. Segala cara sudah dilakukan tapi tidak ada yang menunjukan hasil yang benar-benar signifikan. Ada yang hilang lalu timbul kembali. Cara paling efektif bagaimana untuk menghilangkan jerawat kecil-kecil tapi ada juga yang jerawat batu besar dan tidak ada matanya? – Unigal.

Dear Unigal,
cara mengatasi jerawat adalah dengan melakukan perawatan kulit secara teratur menggunakan produk yang dapat mengatasi bakteri penyebab jerawat, mengontrol kelebihan minyak, mencegah iritasi dan melakukan eksfoliasi. Clinique mempunyai rangkaian Anti-Blemish Solutions yang dapat melakukan semuanya.

Dear Mbak Shirley,
Saya senang berenang, tetapi sehabis berenang selalu saja muncul jerawat baru. Apakah penyebabnya dan bagaimana penanganannya? Selama ini saya membersihkan wajah menggunakan facial wash dan 7 days scrub dari Clinique. Apakah cukup atau perlu

ditambah cleansing oil? – Helen Siahaan.

Dear Helen,
saat melakukan kegiatan indoor apalagi outdoor seperti berenang, sangatlah dianjurkan untuk memakai sun block, karena paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan terjadinya jerawat. Juga ada kemungkinan kulit Anda sensitif terhadap chlorine air kolam renang. Selain itu, pembersihan kulit yang tidak bersih, juga dapat menyebabkan jerawat akibat penumpukan kotoran, debu dan minyak. Untuk membersihkan wajah, apabila Anda memakai sun block dan makeup, sabun dan scrub saja tidak cukup, perlu ditambah dengan cleanser. Di Clinique tersedia berbagai pilihan cleanser, seperti Take The Day Off Cleansing Milk.

Saat ini saya berumur 27 thn. Dari umur saya 23 tahun saya mulai mengalami masalah jerawat. Padahal dulu waktu sekolah dan kuliah saya tidak berjerawat. Selama 4 tahun ini saya sudah beberapa kali ganti dokter. Ada 4 dokter. Yang anehnya pada awal2 pengobatan krim dokter yang saya pakai cocok tapi setelah kira2 10 bulan lebih krim dokter nya seperti tidak ampuh lagi. Walaupun saya balik lagi ke dokter yang sama dan diganti krim nya tetapi tetap saja muka saya keluar jerawat lagi.Kalau sudah begitu saya pindah dokter dan biasanya berhasil tapi berulang lagi kejadiannya. Lalu sampai kapan yah jerawat akan muncul terus? Apakah ada kaitannya dengan infertility jika jerawat nya disebabkan ketidak seimbangan hormone? – Lena.

Dear Lena,
krim dari dokter kulit sifatnya pengobatan atau seperti “obat”, dan biasanya ada jangka waktu pemakaian misalnya 6 bulan. Setelah itu, untuk perawatan selanjutnya boleh menggunakan produk kosmetik untuk maintenance. Kami sarankan untuk mencoba rangkaian Anti Blemish Solutions dari Clinique. Jerawat memang dapat juga disebabkan oleh hormon.

Dear Mbak Shirley,

Saya ada beberapa pertanyaan sebagai berikut:

  • Apakah tindakan injeksi jerawat untuk penanganan cystic acne boleh dilakukan sering? Impact / side effect nya apa ya?
  • Bagaimana sebaiknya pencegahan jerawat yang benar? Apakah dengan rutin facial dan peeling bisa membantu?
  • Apakah ada masa jenuh kulit berjerawat terhadap skin care? Contohnya jika cocok dengan skin care tertentu dalam menangani jerawat namun setelah pemakaian lebih dari 6 bulan tidak efektif lagi. Apakah benar dalam menggunakan skin care harus diganti dalam periode tertentu untuk mencegah kulit jenuh?
  • Apakah masih dibutuhkan moisturizer untuk merawat kulit berjerawat? – Jessy

Dear Jessy,

  • Jerawat jenis cystic acne, dimana biasanya terjadi peradangan, iritasi dan adanya nanah, maka penanganan dengan produk kosmetik tidaklah cukup, dan kami anjurkan sebaiknya berobat ke dokter kulit. Biasanya dokter kulit memberikan suntikan atau injeksi pada jerawat, tapi biasanya hanya untuk jangka waktu paling lama 6 bulan saja. Side effectnya jika dilakukan terlalu sering adalah kulit menjadi kering dan mengelupas, serta lebih mudah iritasi. Sebaiknya jangan lupa gunakan sun block, karena kulit menjadi lebih rentan terhadap sinar matahari. Cobalah City Block Sheer SPF 25 dari Clinique.
  • Pencegahan jerawat adalah dengan melakukan eksfoliasi secara rutin, sehingga tidak terjadi penumpukan sel kulit mati dan kotoran pada kulit. Facial dan peeling bisa membantu. Sebaiknya gunakan jenis eksoliasi ringan yang tidak membuat kulit iritasi. Di Clinique kami mempunyai 3 tahap eksfoliasi karena sel kulit mati ternyata berlapis-lapis, yaitu dengan menggunakan Clarifying Lotion, 7 Day Scrub dan Turnaround Concentrate/ Turnaround Instant Facial.
  • Saya sering mendengar pernyataan tersebut bahwa kulit akan jenuh terhadap skin care tertentu dan kemudian perlu diganti dengan skincare yang lain. Ini bisa dikatakan sebagai salah satu mitos yang tidak benar. Yang benar adalah, perawatan kulit yang rutin dengan produk yang sudah cocok dengan kulit kita akan memberikan hasil yang baik, kulit menjadi sehat dan bercahaya.
  • Kulit berjerawat tetap perlu moisturizer untuk keseimbangan antara kadar air dan kadar minyak pada kulit. Di Clinique, terdapat Anti-Blemish Solutions Clearing Moisturizer yang juga dapat membantu mencegah terjadinya jerawat yang baru.