Yohji Essential by Yohji Yamamoto

YohjiEssentialBayangkan masuk dalam ruang uap yang pengap. Lembab dan panas. Berwarna jingga karena semburat matahari berbias emas di sisi dinding. Seorang perempuan meringkuk sekarat karena keracunan ramuan iblis yang diberikan sebelum makan siang. Sekarang, ramuan itu menyebar hampir di semua sudut ruangan. Kelembaban mendifusikan racun ke udara. Antara mati dan bahagia.

Pilihan designer Jepang ini memang tidak pernah di jalur mainstream. Diciptakan tahun 1998 oleh Jean-Michel Duriez dari rumah parfum Jean Patou. Diantara puluhan parfum ciptaan Duriez untuk Patou, Essential bukan yang paling berhasil. Essential adalah pilihan pribadi Yamamoto atas representaszinya terhadap seorang perempuan. Besar, menggiurkan, dan sesak. Jangan dulu membandingkan dengan Comme de Garcons atau Issey atau Masaki Matsushima. Mereka benar-benar berbeda, meski semuanya berbasis Jepang.

Kalau kita mengharapkan layer-layer cantik antar nota, tidak akan ada di Essential. Ia terbagi jadi fraksi-fraksi yang tergolong chypre floral. Dibuka dengan galbanum, grapefruit, dan chamomile. Ini cuma sekejap. Kita akan langsung diserang dengan bau menyengat mirip racun. Lalu, heart note menyajikan freesia, ylang-ylang dan raspberry. Ini pun aromanya akan segera patah dengan drydown yang panas dari sandalwood, iris, nilam, dan amber. Mungkin bukan tanpa sengaja. Tapi memang perfum ini tidak disempurnakan oleh faktor fixative macam vanila atau musk seperti di banyak parfum wanita lainnya. Namanya juga Yohji.

Sementara di pasaran ada wangi macam ini yang justru lebih linier karena fixative yang tepat. Di 2 jam pemakaian, Essential akan persis sama dengan Sissley-Eau du Soir dan Coriander. Ia baru berbeda waktu unsur fixative Eau du Soir masuk, sementara Essential patah ke wangi nilam dan amber. Untuk yang tahan dengan racun Essential, pasti ia akan mencintainya. Untuk yang tidak suka bau menyengat, menjauhlah. Untuk laki-laki yang mau mencoba Essential, aku pikir harus menambahkan layer vetiver atau musk supaya tidak dijauhi pasangannya. 5/10 to me.

Essential in adj:
level 1: stung
level 2: dead gold
level 3: damp

  • Pingback: Fashionese Daily

  • Lena

    astaga serem banget. actually bau racun begini paling unpleasant, palagi kalo ada orang rumah yang demen. pernah adik gue suka parfum apa ya lupa namanya, it reminds me of kalo ada pengasapan nyamuk massal, hiiii….

  • pheebs

    kenapa gue merinding bacanya yah? :D

  • http://blog-qucluk.blogspot.com/ kempoel

    wuuuhhh mengerikan tuhhh…….. tp ok poenya .. .

  • Pingback: Fashionese Daily

  • Pingback: Fashionese Daily