Krim Kuku Kuda dan Lotion untuk Sapi

“Lho, kok ada gambar kudanya?”

Demikian pikir saya ketika asyik browsing di situs yang menjual alat perawatan dan kecantikan kuku. Ternyata, Gena Healthy Hoof, produk berlogo kuda yang menarik perhatian saya itu awalnya memang ditujukan untuk mencegah keretakan dan memperkuat kuku kuda (hoof). Setelah browsing sana-sini, saya baru tahu bahwa produk-produk perawatan kuku kuda memang sudah diakui keampuhannya untuk memperkuat kuku manusia. Tak heran jika berbagai situs nail supply kemudian juga menjual produk-produk hoof care sebagai bagian dari perawatan kuku. Sasaran pasarnya pastilah bukan lagi para pemilik kuda, tapi lebih kepada bencong kuteks seperti para pelangganan thread Nail Polish Forum FD.

Beberapa tahun yang lalu saya juga pernah mencoba lotion bermerek Udderly Smooth (www.uddercream.com) yang aslinya ditujukan untuk merawat kantung susu (udder) sapi. Produk ini sudah dikenal luas sebagai lotion yang melembabkan kulit tapi tidak berminyak, tambahan lagi harganya pun tergolong murah. Tidak tanggung-tanggung, majalah Allure pun mengakui Udderly Smooth sebagai salah satu “Best Beauty Bargain” 2002.

Satu lagi produk perawatan hewan yang dengan mudah dapat ditemukan di drugstore adalah shampoo bermerek Mane ‘n Tail. Menurut situsnya (www.manentail.com), shampoo ini memang diformulasikan untuk kuda namun dapat digunakan untuk anjing dan kucing dan juga aman untuk manusia. Shampoo yang satu ini sudah dikenal dengan khasiatnya untuk merangsang pertumbuhan, memperkuat rambut dan mencegah rambut bercabang. Jika di forum kita bicara tentang kosmetik multi fungsi, maka Mane ‘n Tail lebih praktis lagi karena bisa dipakai oleh multi spesies, mulai dari pemilik sampai si kucing peliharaan!

Penggunaan produk kecantikan yang aslinya ditujukan untuk hewan bukanlah trend baru di Amerika. Perlu diingat, walaupun didominasi oleh industri dan perdagangan namun sektor pertanian dan peternakan tetap bertahan hidup di berbagai bagian dari negara ini. Sejarah penggunaan produk perawatan hewan pada manusia umumnya berawal dengan cerita yang sama, yaitu ketika para peternak menyadari bahwa kulit merekapun menjadi lebih sehat setelah merawat hewan peliharaannya menggunakan produk-produk tersebut. Singkat cerita, saat ini produk semacam Udderly Smooth dan Mane ‘n Tail dapat dengan mudah anda temukan di berbagai drugstore dan supermarket. Letaknya bukan lagi di bagian perawatan hewan melainkan di antara ratusan produk perawatan kulit dan rambut manusia.

Bagaimana, apakah anda punya pengalaman dengan produk perawatan hewan yang juga bermanfaat untuk manusia?

*image courtesy of: manentail.com, uddersmooth.com, amazon.com