Skincare Ampuh untuk Kulit Dermatitis Atopik

Selain obat dari resep dokter, skincare berikut ini jadi penyelamat saya dermatitis atopik kambuh.

Yup, saya baru-baru ini mengalami Atopic Dermatitis atau yang sering disebut eksim. Kulit saya yang cenderung kering dan menjadi mudah iritasi bisa memperparah kondisi kulit yang sedang mengalami Atopic Dermatitis (AD).  Makanya, waktu saya periksa ke Dr. Hapsari Triandriyani, Sp.KK, saya disarankan untuk stop penggunaan segala produk yang kira-kira bisa membuat kulit menjadi kering, dan beralih ke produk-produk yang ramah untuk kulit sensitif.

Berikut ini lima produk yang jadi ­go-to saya saat kondisi kulit dermatitis saya lagi kambuh :

DSCF8890

Leivy Double Moisturising Shower Cream

Produk pertama yang disarankan dokter untuk diganti adalah sabun mandi. Karena sebelumnya saya sedang pakai sabun mandi Dettol yang ternyata bikin kulit jadi kering, saya disuruh untuk menggunakan sabun mandi bayi supaya kulit nggak kering dan iritasi. Tapi pas saya lagi cari-cari di supermarket, saya nggak sengaja ketemu sabun Leivy ini yang dulu sempat jadi favorit teman saya. Karena ada tulisan double moisturising for very dry skin, akhirnya saya beli ini dan nggak jadi beli body wash bayi. Sejauh ini saya suka banget karena memang membantu banget untuk melembapkan dan nggak terlalu banyak busanya, walaupun saya agak kurang suka sama wanginya yang cukup nyengat.

Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash

Selain sabun mandi, face wash saya pun ikut berubah. In fact, bu dokter sebenarnya nyuruh saya untuk nggak pakai produk skincare wajah sama sekali termasuk sabun cuci muka! Walaupun saya sempat seminggu full nggak pakai makeup sama sekali, tetap aja saya merasa perlu cuci muka. Akhirnya saya beli face wash dari Hada Labo ini yang klaimnya highly moisturizing + hydrating dengan kandungan Hyaluronic Acid. Tanpa parfum dan pewarna, dan juga nggak mengandung busa yang berlebihan, face wash ini aman banget untuk dipakai bahkan saat kondisi AD saya sedang rewel banget.

Cerave Moisturizing Cream

Nah ini yang cukup bikin repot. Awalnya dokter Hapsari ngasih resep pelembap dengan merk Ceradan untuk saya beli di apotek rumah sakit, tapi karena harganya cukup mahal dan isinya sedikit banget, saya nunda dulu untuk beli pelembap tadi. Setelah riset sana-sini, akhirnya saya memutuskan untuk beli Cerave Moisturizing Cream yang punya kandungan serupa dengan Ceradan, yakni sama-sama mengandung ceramide dan glycerine. Di krim Cerave ini juga ada bonus ingredients lainnya termasuk hyaluronic acid.

Di bagian belakang tube produk Cerave Moisturizing Cream juga tertulis “Accepted : National Eczema Association” yang bikin saya makin percaya sama krim pelembap ini. Klaim produknya, selain non-comedogenic, dia juga non-irritating dan kumpulan ingredient yang ada di produk ini bisa membantu memperbaiki protective skin barrier, which is yang dibutuhkan oleh penderita AD.

Jergens Soothing Aloe Refreshing Moisturiser

Kalau Cerave saya gunakan di bagian tertentu yang terdapat ruam atau bekas scars AD, Jergens ini saya gunakan di bagian tubuh lainnya setiap habis mandi. Selain mengandung aloe vera dan mentimun yang bersifat anti-inflammatory, Jergens ini juga punya banyak kandungan emmolient yang dibutuhkan banget oleh pemilik kulit kering.

Beberapa produk untuk AD lainnya bisa lihat rekomendasi di artikel ini. Kalau ada yang punya rekomendasi produk yang aman digunakan untuk AD, it would be very helpful if you share it too here!