Alasan Saya Jadi Rajin Minum Teh Hijau

Awalnya sekadar eksperimen, saya jadi lanjut minum teh hijau setiap hari. Alasannya?

Setelah sebelumnya saya nulis tentang DIY skincare dengan menggunakan teh hijau, kali ini saya bakal cerita sedikit tentang rutinitas baru saya yakni minum teh hijau secara rutin selama dua minggu kebelakang. Di minggu pertama, saya minum teh hijau tanpa menggunakan gula sama sekali, tapi masuk minggu kedua saya mulai nyerah jadi teh hijaunya saya tambahin gula.

Kandungan teh hijau yang utama adalah epigallocatechin gallate (EGCG) yang merupakan zat antioksidan yang baik bagi tubuh. Antioksidan di dalam teh hijau bisa membantu membakar lemak dan menurunkan kadar gula darah, yang berpengaruh juga nafsu makan dan juga stabilitas energi. Saya nggak merasa ada perubahan sih di masalah berat badan, tapi di empat hari pertama saya surprisingly berhasil mengurangi konsumsi gula dan junk food secara signifikan! Padahal biasanya nggak bisa kalau nggak minum manis dalam sehari.

Adanya antioksidan tinggi di teh hijau juga berpengaruh secara tidak langsung ke kulit kita lho. Teh hijau menurut penelitian bisa mencegah munculnya wrinkles dan berbagai kerusakan kulit, bahkan 200 kali lebih powerful dibandingkan dengan vitamin E. Promising enough?  Well, setelah dilihat-lihat, saya merasa ada improvement di wajah saya. Beberapa bumps dan redness akibat jerawat udah jauh lebih jinak, bagian dekat hidung saya yang biasanya gampang berminyak juga jadi nggak berminyak, walaupun ini mungkin ada pengaruh dari face wash baru saya yang bikin kering sih.

Lihat juga: Produk Green Tea di FD Beauty Review

page

Kedua foto before-after ini diambil di tempat dan jam yang sama, dan menggunakan kamera yang sama juga. Tapi sayang cahayanya ternyata agak gelap di foto kedua. By the way di foto pertama saya nggak pakai makeup sama sekali dan di foto kedua saya pakai sedikit sunscreen. Walaupun emang nggak noticeably different kalau di foto, tapi kerasa lebih tamed aja kulit wajah saya.

Best thing drinking green tea itu wanginya bikin soothing sih, pas banget diminum pagi hari atau sore hari kalau udah mulai lelah seharian di depan laptop. Plus saya juga merasa teh hijau membantu detox dari dalam tubuh, tapi memang lebih baik lagi kalau diminum tanpa tambahan apapun.

Ada nggak disini yang rutin juga minum teh hijau?