Benarkah Flek Hitam di Wajah Muncul Karena Pertambahan Umur?

Benarkah Flek Hitam di Wajah Muncul Karena Pertambahan Umur?

Banyak yang menganggap flek hitam atau dark spots di wajah terjadi karena pertambahan umur. Ternyata, penyebabnya bukan hanya itu. Temukan penjelasannya di sini.

Banyak orang beranggapan bahwa dark spots hanya akan muncul saat usia kita menginjak umur 30 ke atas. Namun pada kenyataanya, dark spots atau yang biasa kita sebut flek hitam, bisa terjadi kapan saja. Bahkan pada anak umur 5 tahun pun dark spots sudah bisa muncul.

Perlu diketahui, bahwa munculnya permasalahan ini bukan karena pertambahan umur. Melainkan, flek hitam itu jadi tanda bahwa telah terjadi kerusakan kulit selama bertahun-tahun, karena terpapar sinar matahari. Seperti yang sering saya dan editor lain jelaskan, bahwa melindungi kulit dari sinar matahari itu penting. Khususnya melindungi kulit dari UVA yang menyebabkan kerusakan pada kulit bagian dalam.

Light-brown-spots-on-skin

Mungkin pada umur 15 hingga 20 tahun  flek hitam pada wajah atau permukaan kulit, hanya terlihat berwarna cokelat muda. Namun, kalau kulitmu tetap nggak dilindungi dari sinar matahari, maka ketika memasuki umur 40 tahun, flek di wajah yang tadinya berwarna cokelat muda jadi menghitam dan akan semakin gelap. Tak jarang juga flek-flek ini akan semakin membesar ukurannya.

Baca Juga : Bagi Kita Di Indonesia Perlukah Menggunakan SPF 50?

Jadi, mulai sekarang, di usia yang masih muda ini,  kamu sudah harus rajin-rajin menggunakan sunscreen. Pilihan sunblock juga sangat banyak dan tidak semua berharga mahal. Kamu bahkan bisa memilih sunscreen dengan harga di bawah Rp 100.000,-  yang ampuh melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Dan pastikan kamu menggunakan sunscreen dengan SPF 30/ PA++.

Lalu, kalau flek hitam sudah muncul, bagaimana mengatasinya? Kamu bisa mulai menggunakan serum khusus untuk membantu memudarkan flek hitam, seperti Sulwhasoo Snowise Ex Whitening Serum. Atau kamu bisa mencoba dua cara menghilangkan flek hitam yang pernah ditulis Dara di artikel ini.

Jadi, sekarang sudah jelas ya, kalau dark spots bukan hanya disebabkan dari bertambahnya umur, tapi juga karena kulit wajah tidak terlindungi sering terkena terpaan sinar matahari.