banner-detik

beauty school

Beautypedia: Beta Hydroxy Acid (BHA), Eksfoliasi untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

seo-img-article

Screen Shot 2015-02-03 at 11.06.25 AMBeta Hydroxy Acid (BHA) adalah kandungan senyawa kimia yang digunakan pada produk kecantikan untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati atau eksfoliasi. Seperti halnya Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang sudah dibahas sebelumnya, BHA membantu pelepasan sel-sel kulit mati yang menempel pada kulit dan tidak dapat melepaskan diri dengan sendirinya jika tidak dibantu dengan kandungan kimiawi. Eksfoliasi berkala akan menghasilkan kulit yang lebih cerah, sehat dan tidak kusam.

Baca juga: Beautypedia: Exfoliation

Berbeda dengan AHA yang banyak jenisnya, hanya terdapat satu kandungan kimia dari BHA yang sering kita lihat pada produk kecantikan yaitu Salicylic Acid. Kandungan tersebut banyak kita temukan pada produk-produk yang dikhususkan untuk kulit berjerawat. Alasannya adalah karena BHA mampu larut dalam minyak dan lemak, sehingga kandungan tersebut dapat mempenetrasi hingga ke dalam pori-pori yang tertutupi dengan kotoran dan minyak sekalipun dan membantu pembersihan pada pori-pori secara maksimal. Oleh karena itu, kandungan tersebut cocok untuk mereka yang memiliki kulit berminyak, bermasalah dengan komedo dan berjerawat. Sebaliknya, AHA adalah kandungan yang hanya dapat larut dalam air sehingga apabila dibandingkan dengan BHA, kandungan tersebut cocok untuk eksfoliasi pada permukaan kulit dan tidak sampai ke dalam pori-pori. Kandungan BHA juga berguna sebaga anti-inflamasi dan anti-bakteri, sehingga untuk jerawat yang meradang sekalipun baik digunakan dan malah akan membantu ‘menenangkan’ kulit yang sedang tidak dalam keadaan prima.

Baca juga: Beautypedia: Alpha Hydroxy Acid (AHA) Ampuh Mengangkat Sel Kulit Mati

AHA dan BHA dapat digunakan dalam waktu bersamaan akan tetapi dinilai lebih efektif apabila kita menggunakannya di saat yang berbeda. Contohnya, satu produk dapat digunakan pada pagi hari dan yang satunya pada malam hari. Saya pribadi, lebih memilih memakai produk dengan kandungan BHA pada pagi hari dan AHA pada malam hari karena pada malam hari saya membutuhkan lebih banyak hidrasi dan AHA adalah kandungan yang dapat menjaga kelembapan pada kulit. Seperti biasanya, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya pada siang hari, terutama jika kita menggunakan produk yang mengandung AHA atau BHA.

BHA dengan konsentrasi 1% sampai dengan 4% dinilai paling efektif. Konsentrasi yang terlalu tinggi tidak diperlukan. Sedangkan produk dengan kandungan BHA perlu memiliki pH di angka 3 (paling optimal) sampai dengan 4. Walaupun banyak argumentasi yang menyatakan bahwa di atas pH 3, produk dengan kandungan BHA tidak efektif lagi kerjanya.

Untuk pemula, disarankan untuk memulai dengan produk yang mengandung BHA 1% baru meningkat ke konsentrasi lebih tinggi. Saya pribadi, walaupun memiliki kulit kering tidak merasakan bahwa pemakaian BHA 2% membuat kulit saya kering dan dehidrasi apabila dibarengi oleh produk-produk yang tepat setelahnya. Untuk eksfoliasi harian, pilihlah toner dengan kandungan BHA, sedangkan untuk eksfoliasi berkala atau mingguan, bisa menggunakan serum yang mengandung BHA atau campuran antara AHA dan BHA.

Produk-produk di pasaran yang mengandung BHA di antara lain adalah: DHC Salicylic Acne Toner, Hada Labo Tamagohada,  Paula’s Choice Skin Perfecting 1% BHA Gel Exfoliant, Paula’s Choice Skin Perfecting 2% BHA Lotion Exfoliant, First Aid Beauty Skin Rescue Blemish Patrol  Pads dan Clearasil Ultra Rapid Action Pad.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment