Vita Siregar; Blekros Diet, Produk Makeup Favorit, dan Idolanya

Untuk urusan diet, bisnis katering diet di Jakarta memang sudah banyak bisa kita temukan. Jenis diet yang bisa dipilih pun beragam. Ada katering yang servisnya bagus, ada juga yang servisnya jelek. Kadang kala foto menu makanan di Instagram terlihat bagus, namun saat makanan diterima malah terlihat mengecewakan. Saya pernah melihat teman kantor yang ingin menurunkan berat badan dan ikut salah satu katering diet yang ditemukan di Instagram, namun, kok, kelihatannya tersiksa sekali. Makan siang hanya daging satu potong (keras pula, seperti menggigit karet), satu telur rebus, dan dedaunan yang saya juga nggak paham itu daun apa. Sore harinya, dia jelas mengeluh perutnya terasa lapar. Teman kantor yang lain pun bahkan berceletuk, “Yaelah, kalau telur rebus doang mah sini gue bikinin, nggak perlu bayar jutaan kalau makan siang begini doang.”

Vita Siregar - femaledailyMakanya saya keburu antipati duluan kalau lihat berbagai macam katering diet di Instagram. Tapi, saat Hanzky menunjukkan tentang Blekros Diet dan setelah saya melihat situsnya, wah, program diet yang ditawarkan menarik, nih! Pasti sudah banyak juga yang tahu tentang Blekros Diet. Program diet mayo 13 hari dengan 4 pantangan wajib: pantang nasi, garam, air es, dan camilan. Blekros Diet semakin terkenal karena menu makanan yang dibuat tidak sekadar meniru plek apa yang ada di internet. Makanannya dibuat dan dikemas semenarik mungkin, dan porsinya pun lebih masuk akal.

Akhirnya Jumat lalu saya dan Hanzky bisa ketemu dan berbincang langsung dengan founder Blekros Diet, Vita Siregar, di sela-sela kesibukannya sebagai pengacara dan juga mengurus bisnisnya ini. Kebayang nggak, sih, gimana caranya bisa bekerja full time sebagai pengacara yang jam kerjanya terkenal panjang, lalu dibarengi pula dengan bisnis katering diet yang permintaannya semakin banyak. She’s like a superwoman! Setelah ngobrol-ngobrol, makin ketahuan, deh, kalau Vita ini orang yang lucu. Saya dan Hanzky capek ketawa dengar berbagai macam cerita dan pengalamannya.  Yuk, kita simak saja perbincangan kami bersama Vita berikut ini.

Awal mencoba diet mayo karena apa, sih?
Dulu aku sempat ngekos, dan itu stressful banget, sih, buat aku. Efeknya aku jadi menggendut dan berat badan melonjak. Bener-bener kebawa stress eating. Ditambah lagi waktu masih awal kerja, project-project-nya banyak, jam kerja aku juga gila banget dan aku harus take the lead of everything. Nggak pernah olahraga pula, pokoknya kacau banget, dan pola hidupnya nggak bener sampai aku over eating. Lalu mulai, deh, berasa paha mulai lecet, baju sempit semua, ikutan yoga cepat banget capeknya.  Tujuan aku bukan mau jadi skinny, sih, it’s not about that. Aku lebih mau hidup sehat. Akhirnya temen aku cerita kalau dia dikasih tahu tentang mayo diet. Pertama kali pengertian aku, mayo diet itu 13 hari tanpa nasi, garam, air es. Terus aku lihat, oh gampang, nih, kayaknya. Setelah aku cobain, aku turun 3,5 – 4 kg.  Dari 61 kg jadi 56 kg dari diet mayo 13 hari itu aja. Dan lingkar pinggang susut 10 cm. Terus aku pikir, kayaknya bukan sampai sini doang, deh. Aku orangnya kan serba penasaran, dan setelah cari tahu diet mayo itu bukan cuma 13 hari doang. Diet mayo is about lifestyle, on how you see food. 

Blekros Diet 3 - femaledaily

Cerita, dong, awal terbentuknya Blekros gimana. Vita memang suka masak, ya, dari dulu?
Awal coba-coba untuk masak menu diet ini karena aku pengen aja berusaha kreatif biar makanan yang aku makan kelihatan lebih menarik. Dan emang kayaknya nurun, deh. Almarhum eyang tuh suka masak dan pernah punya katering juga.  Ibu aku emang took an effort dan suka belajar masak. Kakak aku juga suka masak. Awal Blekros, sih, dari mau nolong teman-teman dekat aja. Dulu, belum sekeren sekarang. Cuma 14 orang teman yang minta dibuatin makanan karena lihat berat badan aku berhasil turun, dan dari awal juga dibantu Ibu aku. Ide mengembangkan Blekros juga dibantu sama teman-teman aku. Dan karena aku, tuh, ngefans banget sama Chanel, ya, jadi aku mau buat konsep Blekros ini hitam putih juga. Awalnya sih iseng doang, biar teman seneng aku percantik kemasannya. Eh, banyak banget yang suka ternyata! Lalu dari mulut ke mulut sampai akhirnya mulai kebanjiran order, dan aku jadinya seriusin katering diet ini bareng Ibu aku. Situs blekrosdiet.com juga dibantu teman, jadi sekarang yang mau ikut program Blekros bisa registrasi secara online.

Nama Blekros sendiri diambil dari mana?
Haduh jadi gini, ya. Aku kan item banget dari lahir. Temen-temen aku, tuh, emang kurang ajar banget, sering manggil aku Bleki Bleki, emang lagi manggil guguk apa, ya. Terus aku suka bilang, walaupun aku item ‘kan aku kece kayak rose. Akhirnya digabung jadi Blekros, dan temen-temen aku emang manggil aku Blekros. Aku pake, deh, untuk bisnis katering ini.

Blekros mau dikembangkan sebesar apa?
Karena ini bisnis senang-senang, aku nggak mau stress. Sekarang capacity Blekros cuma 50 orang untuk satu batch program diet dan 30 orang untuk program maintenance. Aku melakukan ini emang kebetulan banget, sih, nggak ada rencana, niat aja tadinya nggak ada. Blekros bisa sampai titik ini pun karena dibantu sama teman-temanku. Aku ‘kan balik lagi emang niatnya jadi pengacara, ya, tiba-tiba punya side job begini aku bener-bener menganggapnya sebagai blessing. Seneng banget, lho, ngurusin perempuan-perempuan yang pengen ngurangi berat badan ini. Menyenangkan banget buat aku, dan jadi bikin semangat setiap bangun tiap harinya, I have something to look forward to. Lagipula kebetulan aku orangnya nggak bisa diem, dan entah kenapa energi aku banyak banget. Jadi aku masih bisa manage Blekros dan juga pekerjaan aku sebagai pengacara. Ke depannya aku mau 150 orang/batch, including program maintenance. Ada juga, sih, yang nanya kenapa sekarang, kok, diet aja ngantri, bukannya nggak mau nerima, sih, tapi memang sekarang cuma bisa segitu.

Banyak yang enggan untuk memulai diet karena takut “tersiksa”. Kalau mayo diet sendiri gimana?Exactly. Banyak juga ‘kan yang kasih porsi makanannya dikit banget. Tapi diet mayo ini nggak begitu. Ajarannya jangan lapar. Pokoknya porsinya cukup, dan jangan takut sama main course. Banyakin buah-buahan. It’s about changing the ingredients of your meal.  Yang lebih kaya seratlah. Aku sekarang ganti nasi putih jadi brown rice, atau sweet potato. Jadi aku pilih complex carbohydrates, yang lebih mudah dicerna badan. Kalau kadar gulanya tinggi, lebih susah ngebakarnya.

Blekros Diet - femaledaily

Setelah selesai ikut diet program, banyak juga yang nanya kalau mau ambil program diet mayo 13 hari lagi boleh, nggak? Berat badannya belum mencapai target. Aku, sih, kembali lagi akan tanya badannya kuat, nggak? Kalau gemuk yang berair biasanya lebih cepat turunnya.  Itu pun harus dibarengin sama olahraga. Kalau kuat, sih, nggak apa-apa mau ngulang 13 hari lagi.  Tapi kalau badan terlalu sering diet juga, kasihan. Takutnya nanti ada perasaan craving, yang sekalinya kalau sampai diturutin justru makannya bisa menggila makanin segala-gala. Untuk menjaga berat badan aja, ada maintenance program di Blekros dan aku pastiin, deh, di menunya akan ada masakan yang enak kayak nasi lemak, tapi dimasaknya benar, ya, nggak pakai santan, tapi pakai yogurt. Bahan-bahan yang dipilih pun nggak sembarangan. Ada juga mie ayam bikinan Ibu aku yang enaknya setengah mati. Itu juga ada. Nah, itu semua kalau dimasaknya bener, nggak apa-apa, kok. Tapi harus dibarengin sama olahraga, ya. Kalau cuma mau maintain berat badan, ya harus bakar kalori sama seperti yang masuk ke badan. Kalau mau nurunin berat badan, ya harus exercise dengan porsi ekstra juga.

Olahraga apa aja yang Vita rutin lakukan sekarang?
Aku nge-gym, sama yoga. Seminggu 3x olahraga bareng Personal Trainer (PT), Senin aku pasti leg training, karena kata PT aku lower body part aku lebih fatty. Rabu Muay Thai, Jumat biasanya weight training. Selasa dan Kamis aku cardio 45 menit lah, paling lari sama olahraga perut dan tangan dikit, mau nurunin body fat percentage. Biasanya jam 6:45 udah di gym. Soalnya, kalau selain pagi udah nggak bisa olahraga lagi. Jam 6 pagi udah jalan dari rumah. Sabtu, Minggu, kalau ada waktu aku bikram.

Susah nggak, sih, pertama kali mencoba diet mayo? Baca halaman berikutnya, yuk!