5 Langkah Mudah untuk Perawatan Rambut yang Diwarnai

Image Source : link

Mewarnai rambut memang dapat mengubah penampilan kita, namun terkadang kita lupa memperhatikan kondisi rambut setelah diwarnai, dan ini dapat memberikan pengaruh yang buruk pada rambut. Selain dapat membuat rambut menjadi rusak, kalau tidak dirawat dengan benar, warna rambut juga akan kusam dan cepat pudar. Kali ini, saya mau berbagi beberapa kiat perawatan untuk rambut yang diwarnai.

  1. Sampo: Pilihlah sampo yang tidak mengandung sulfat karena dapat melunturkan warna pada rambut kita. Pastikan untuk membaca daftar kandungan yang ada di botol sampo untuk yakin apakah terdapat kandung sulfat atau tidak di dalamnya.
  2. Kondisioner: Penggunaan kondisioner setiap hari boleh saja, tapi cukup di batang rambut. Jangan menggunakan kondisioner hingga ke kulit kepala karena akan menyebabkan kulit kepala cepat berminyak. Fokuskan penggunaan kondisioner pada ujung bawah rambut karena yang paling membutuhkan nutrisi adalah ujung rambut yang sudah jauh dari pusat nutrisi yaitu kulit kepala.
  3. Hair Mask: Setelah pewarnaan rambut, perawatan intens yang harus dilakukan adalah hair mask. Lakukanlah perawatan ini paling tidak sekali dalam seminggu. Gunanya adalah untuk menjaga warna rambut dan juga memberikan kilau alami pada rambut. Biasanya rambut yang diwarnai akan lebih kering jadi kilau naturalnya akan hilang.
  4. Cuci rambut dengan air dingin: Gunakanlah air dingin atau air dengan temperatur ruangan, karena dapat membantu untuk menutup kutikula rambut, sehingga warna yang ada di batang rambut kita tidak cepat luntur. Selain itu air dingin dapat memberikan rambut yang berkilau alami.
  5. Leave-On Conditioner: Gunakan oil/leave-on conditioner untuk mengembalikan kelembaban rambut.
  6. Tidak mencuci rambut setiap hari: Selain dapat melunturkan warna rambut, hal ini juga dapat membuat rambut makin kering. Usahakan untuk mencuci rambut setidaknya 2 – 3 hari sekali. Bila rambut sudah mulai berminyak sebelum jangka waktu tersebut dapat menggunakan dry shampoo.

Sekarang sudah tahu, dong, bagaimana merawat rambut yang diwarnai. Jangan lupa mempraktekkannya, ya, agar rambut tetap sehat dan berkilau!