NOT A MEMBER?

Set up a profile right now. It's free and takes 30 seconds of your time. We look forward having you as part of our Female Daily Forum community.

REGISTER NOW!

SIGN IN

Forgot Password?

Social Groups Contest Events

Notices

Reply
 
Thread Tools
Dec 1, 2012, 07:15 PM   #1
acied_ove
Gold
 
acied_ove's Avatar
 
Join Date: Aug 3, 2011
Location: Jakarta, Indonesia
Posts: 45
@acied_ove
Default Incompetence Cervix (mulut rahim terbuka)

* Incompetence cervix
Kondisi mulut rahim yang kurang baik dapat membuat ibu gagal mempertahankan kehamilan. Umumnya, diawali mulas dan kontraksi sehingga mulut rahim terbuka dan muncul perdarahan. Penyebab incompetence cervix antara lain tindakan kuretase yang kurang baik atau kelemahan leher rahim akibat faktor bawaan. Solusi biasanya dengan mengikat mulut rahim agar tidak terbuka dan dibuka kembali saat menjelang melahirkan.

Aku bumil 14 weeks, 3hr lalu kluar flek tadinya berwarna hitam dan sangat sedikit...kata dokter anatomi aku memang tidak sama dgn sebagian orang, kondisi mulut rahimku terbuka 5mm. Jika bayi bertambah besar, mulut rahimnya juga ikut membesar dan bisa mengakibatkan keguguran...karna mulut rahim terbuka, otomatis bakteri mengganggu dan bisa masuk dgn bebas dan mengganggu bayi. Juga, mengganggu selaput darah yg ada di jln lahir dan membuat infeksi sehingga mengeluarkan flek... Hari ini aku flek lg lumyan byk seperti mens. Aku lgsg ke dokter dan disuruh rawat inap juga diinfus vitamin penguat rahim juga antibiotik. Dlm wkt dekat aku akan menjalani pengikatan mulut rahim supaya bayiku bisa tetap berkembang dgn amann...

Tentunya aku khawatir dan takut... Ingin tau pengalaman bumil2 yg pernah menjalani pengikatan mulut rahim ini...mohon sharing nyaaa...tks
acied_ove is offline   Quote
Dec 4, 2012, 02:11 PM   #2
miss_anne81
Platinum
 
Join Date: Jan 22, 2010
Location: Bekasi- Jakarta
Posts: 217
@anne_meriance
Default Re: Incompetence Cervix (mulut rahim terbuka)

Acied_ove,
Hai salam kenal yah.. Aku punya teman dgn pengalaman yg sama,imcompetence cervix,hamil 2x,dan dua-duanya keguguran dengan case yg sama, keluar flex,pendarahan,hrs bedrest dan sayangnya bayinya tidak mampu bertahan.
Terakhir, dia hamil ke-3 kalinya,saat 7weeks,dokter sdh memperingatkan untuk bedrest,mengingat riwayatnya pernah keguguran 2x,akhirnya saat 12weeks,mulut rahimnya diikat,dan total bedres..
Menjelang kelahiran,27 weeks,dia mengalami pendarahan parah, daan harus diambil langkah2 penyelamatan bayi,seperti suntik paru-paru,agar cepet matang,krn akan diceaser lahir prematur,29weeks ketubannya pecah,setelah ditunggu selama 3 hari, akhirnya mereka mengambil langkah untuk segera disesar,agar ibu+bayinya selamat.
Sekarang bayinya tumbuh sehat,usianya sdh 6bulanan, lucu dan aktif..
Mudah2an sharing aku berguna yah.. Yg paling penting banyak konsultaasi dgn dokter dan baca buku/browsing informasi..
miss_anne81 is offline   Quote
Dec 29, 2012, 11:27 AM   #3
cHenduolll
Moderator
Beryl
 
cHenduolll's Avatar
 
Join Date: Mar 1, 2010
Location: Jakarta
Posts: 1,389
Default Re: Incompetence Cervix (mulut rahim terbuka)

acied_love
hai, taun lalu saat hamil anak pertama, gw ngalamin pecah ketuban di usia kehamilan 20 minggu
tapi beda ama lo, gw ga ada indikasi pendarahan ato flek2, ato mungkin ini gw nya yg ignorant
begitu pecah, langsung dibawa ke RS, ternyata air ketuban habis dan baby ga bisa diselamatkan lagi
karna dokter kandungan gw yg biasa ga praktek hari itu, gw ditangani dokter lain..
analisa dokter yg nanganin gw itu karna gw infeksi
akhirnya gw di kuret
setelah selesai rawat inap, gw balik cek ke dokter gw yg biasa, analisa dokter gw si karna incompetence cervics
penanganannya mang harus diiket dan total bedrest katanya
sekarang gw da ttc lagi setelah sempat nunda setaun karna trauma
gw ke dokter yg baru sekarang, lebih karna pengen dapet perspektif baru
nah menurut dokter baru, ada kmungkinan gw bukan incompetence cervics, tapi mungkin karna infeksi *mirip analisa dokter yg nanganin gw pas dlu kguguran*
tapi utk lebih pastinya, dokter cuma bisa mastiin ketika nti gw da masuk kehamilan 12 minggu
yah mohon doanya mudah2an ketika gw hamil lagi nanti baik2 aja..
i will try as best as i can to take care of this pregnancy.. aminnn
demikian cerita sayah heu
cHenduolll is offline   Quote
Jan 8, 2013, 05:27 PM   #4
acied_ove
Gold
 
acied_ove's Avatar
 
Join Date: Aug 3, 2011
Location: Jakarta, Indonesia
Posts: 45
@acied_ove
Default Re: Incompetence Cervix (mulut rahim terbuka)

Salam kenal miss_anne81 and cHenduolll,
Makasi atas informasinya...memang in my case, kehamilan pertama,incompetence cervix sudah menjadi bawaan dari aku lahir...di kasus2 lain biasanya incompetence cervix dialami setelah keguguran di kehamilan pertama sehingga menimbulkan incompetence cervix di kehamilan selanjutnya.
Setelah kemarin aku di opnam dan boleh pulang, dokter menyarankan untuk tetap bedrest dan minum obat yg di resepkan untuk menghilangkan flek dan menguatkan kandungan. Setelah beberapa hari bedrest memang flek2 pun hilang, tp di usia kandungan 16w which is 2w bedrest total fleknya keluar lagi dan aku langsung cek ke dokter.
Dokter aku Dokter Waluyo Sapardan yg di panglima polim. Dia menyarankan untuk ikat mulut rahim (Cervical cerclage) dengan operasi McDonald. Aku langsung setuju karna takut banget keguguran.
15 dec kmrn aku di operasi...bius total tentunya hanya ga pakai belek2, tapi langsung dikerjakan lewat vagina. Benang McDonaldnya seukuran tali sepatu hehehe itu juga menurut dokter. Operasinya hanya selama 45 menit, setelah operasi sakitnya bukan main..ngilu nya seperti nyeri haid yg bener2 sakit dicampur mules sepertimau ke belakang dan ingin pipis walaupun sudah di kateter, rasanya semua nyampur jd satu...tapi setelah setengah jam sudah reda sakitnya dan langsung boleh makan siang...
Setelah operasi aku kembali bedrest 2w di rumah. Puji Tuhan aku sudah tidak mengalami flek lagi. Namun smua kegiatan harus super easy dan ga boleh cape...
Sekarang usia kandunganku suda hampir 20w...kontrol terakhir dokter bilang semua bagus,...bayiku juga sehat dan berkembang dengan baik...nanti kalau sudah 36w ikatan mulut rahimnya di lepas dan tinggal menunggu waktunya melahirkan....
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
semoga semua bisa berjalan dengan baik sampai waktunya tiba nanti...
Minggu depan aku sudah boleh kembali bekerja di kantor dan tidak usah bedrest lagi...namun tetep harus mengurangi kegiatan di jam 14.00 ke atas...dan tidak boleh naik turun tangga...
God is good....semoga semua boleh berjalan lancar yaaa.....goodluck for yr pregnancy cHenduolll
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
))
acied_ove is offline   Quote
Feb 11, 2013, 11:27 PM   #5
jaydenmommy
Silver
 
Join Date: Feb 11, 2013
Posts: 8
Default Re: Incompetence Cervix (mulut rahim terbuka)

Salam kenal semuanya..
Sy juga baru kehilangan baby, melahirkan pada usia 25 minggu karna ketuban pecah dini. Penasaran sekali, apa penyebabnya. Lalu setelah cek di beberapa dokter di Jakarta, mereka semua bilang karna infeksi. Lalu say cek ke singapore, dokternya bilang Incompetent Cervix (IC) dan harus di cerclage pada saat kehamilan usia 13 minggu.
@cHenduolll: kejadiannya mirip banget, cuma saya pecahnya pada 24 minggu, lalu coba di pertahankan tapi hanya bisa sampai 25 minggu 1 hari. Apa analisa akhirnya? Apa sudah hamil kembali sekarang?
Ada yang tahu berapa kategori panjang leher rahim yang normal pada saat tidak hamil dan hamil? Lalu, untuk di kategorikan IC, berapa panjangnya/pendeknya? Mohon pencerahannya..
jaydenmommy is offline   Quote
Feb 13, 2013, 07:14 PM   #6
nengEtha
Quartz
 
Join Date: Mar 2, 2010
Location: Jakarta, Indonesia
Posts: 279
Default Re: Incompetence Cervix (mulut rahim terbuka)

Tante gw nih pernah ngalemin hal seperti ini. Di kehamilan pertamanya, pada usia kandungan baru 6 bulan, beliau sudah melahirkan anak pertamanya (secara normal), karena bukaan sudah lengkap dan dia udah ga tahan lagi, jadi langsung melahirkan. Kondisi si bayi saat itu sangat mengkhawatirkan untuk kita semua, karena beratnya hanya 1 kg ajah. Tapi dengan pertolongan yang sangat baik, sepupu gw selamat dan sekarang udah besar. Nah pas hamil keduanya, tante gw di usia kehamilan 5 bulan, dia ngerasain tanda-tanda mw melahirkan lagi, dia langsung ke dokter dan langsung penjahitan mulut rahim hari itu juga. Saat itu tidak ada bius-biusan, jadi kebayang gag sih, harus dijahit tanpa dibius sama sekali!! Duh kita sekeluarga yang denger berita itu sampe sediiihhh banget. Dan pada usia kehamilan mendekati kelahiran, barulah jahitan dibuka, dan tante gw bisa melahirkan sepupu gw yang kecil itu dengan selamat dan normal.
Untuk ibu-ibu disini, jangan menyerah yah untuk kondisi seperti ini. Pasti ada pelangi setelah hujan :-)
nengEtha is offline   Quote
Mar 27, 2013, 09:25 AM   #7
ndaa17
 
Join Date: May 15, 2012
Posts: 7
Default Re: Incompetence Cervix (mulut rahim terbuka)

hai ibuibu, aku hamil 25w, kmrn sempet kedokter krn perut sering keram.. bgitu di priksa ternyata panjang jalan lahir cuma 2,5cm. padahal harusnya skitar 4cm deh panjangnya kalo baru hamil sgini.. dokter sih ga ngomongin soal mulut rahim yg lemah atau terbuka.. tapi apakah sama atau tdk ya panjang jalan lahir yg pendek dengan incompetence cerviks? atau panjang jalan lahir yg pendek ini beresiko incompetence cerviks juga tdk ya? thanks utk infonyaaaa..
ndaa17 is offline   Quote
Jun 26, 2013, 06:50 PM   #8
indriwibisono
Silver
 
indriwibisono's Avatar
 
Join Date: May 22, 2012
Posts: 2
Default Re: Incompetence Cervix (mulut rahim terbuka)

Selamat sore ibu ibu semua ..
Membaca mengenai incometence cervix diatas, aku mau tanya pengalaman ibu acied_love sekarang ini? Apakah sukses dengan dedeknya dan sehat? . Aku sekarang hamil 16w 5d , dan sudah di cerclage dari usia kandungan 8w, karena sudah keguguran 3 kali sebelumnya. Sejauh ini pengalaman dan sharing bumil yang di cerclage banyak aku dapet dari milis luar negeri, karena aku perhatiin jarang forum sharing di indo yang membahas soal cerclage. Mohon sharing dan infonya ya bu..
indriwibisono is offline   Quote
Jul 17, 2013, 10:57 PM   #9
acied_ove
Gold
 
acied_ove's Avatar
 
Join Date: Aug 3, 2011
Location: Jakarta, Indonesia
Posts: 45
@acied_ove
Default Re: Incompetence Cervix (mulut rahim terbuka)

Hi Indriwibisono...
Tepatnya mungkin sekitar seminggu setelah aku ngepost di atas, aku akhirnya boleh kerja sama dokter Waluyo Sapardan. Tanpa aku sadari sebenernya aku udah mengalami kontraksi sepanjang bekerja. Duduk ga enak seperti ada yg aneh menekan di perut bawah.
Lalu pulang kerja aku merasa pinggang sakit seperti nyeri haid. Dan sampai di rumah ada lendir banyak di celana dalam waktu aku pipis.
Aku panik dan langsung ke Rumah Sakit Asih.. Dan sakit di pinggang semakin menjadi.. Aku masuk UGD sekitar jam 7 malam.. Diberi penguat janin dan segala macem tapi apaboleh buat ketuban ku pecah. Menceritakan ini kembali aja buat aku berat sekali... Aku benar2 patah hati...my baby boy is gone...
Butuh 24 jam di ruang UGD untuk melahirkannya normal tetapi dia udah gada... Rasanya langit runtuh, aku melahirkan normal seperti ibu-ibu lainnya dengan induksi, nunggu bukaan sampe bukaan terakhir, sakit bukan main...
Sampai sekarang aku masih belum bisa memulai lagi untuk kembali hamil.
Bukannya mau menjatuhkan semangat bumil2 yang lain, tapi aku benar2 anjurkan untuk bumil yang divonis kena IC,selama kandungan plissss jangan melakukan kerjaan seringan apa pun itu. Buat wanita yang bekerja seperti aku, benar2 ga worth it bekerja sehari malah bikin bencana...
Plis do everything easy,jangan mengangkat barang apapun, jangan banyak jalan, jangan berdiri kelamaan. Plisjust stay on ur bed...kita kadang egois ingin ini itu, ingin seperti bumil normal lainnya...tapi aku bener2 mendapatkan pelajaran yg berarti.... Untuk ke depannya aku akan berhenti kerja once aku hamil lagi...
Semangat semuaaa!!!

---------- Post added at 09:57 PM ---------- Previous post was at 09:55 PM ----------

Ndaa17,mulut rahim yg lemah itu pasti pendek say... Jadi kalo mulut rahimnnya pendek memang harus di cerclage...itu lebih baik daripada bayimu keluar sebelum waktunya...
acied_ove is offline   Quote
Oct 16, 2013, 06:31 AM   #10
agomong
Silver
 
Join Date: Feb 13, 2013
Posts: 2
Default Re: Incompetence Cervix (mulut rahim terbuka)

Hi guys.. I'm 16 weeks pregnant .jd ceritanya gini awal hamil pertama keguguran ketika sekitar 16 weeks juga. Kata dokter gara2 infeksi . (Keguguran alami jd baby ku keuar sendiri karena kontraksi dan flek terus2an ) .

Sekarang hamil ke dua kalinya awal nya saya baik2 saja. Ga ada flek ga ada kontraksi beda banget sama yg pertama.pernah flek skai doang ketika saya jalan2 ke luar negri.mungkin gara2 kecapean

Melakukan checkup spt biasa ke dokter dan ceritain kasus saya keguguran.dan akhirnya dokter langsung menyarankan saya utk iket rahim.tadinya saya ragu krn dlm hati kecil saya blg.hamil saya yg kali ini kayanya beda sm yg pertama.tapi karena utk prevent miscarriage akhirnya saya lakukan prosedur itu waktu saya hamil 3bulan.

Dari situ lah mulai semuanya. Saya flek and even kencing darah ! Sampe saya pikir saya akan keguguran lagi.dan akhirnya bolak balik rs. Dokter memvonis aku bilang kalo aku *low laying placenta* (ari2 terletak di bawah dekat dgn permukaan cervix jadi srg keluar drh)
Saya takut banget karena sampe sekarang saya terus2 an mengonsumsi obat yg dikasi dokter. Kalnex (stop the bleeding) duvadilan.obat buat ga kontraksi.obat hormon. Omg pokoknya 4 mcm obat.
Dan yg aku takut sekarang uda 16 hari setelah operasi tapi masi tetep bleeding.kadang banyak kadang dikit.kadang stop trus banyak lagi. Dokter cuman bs bilang bedrest total karena ari2 dengan sendirinya akan bergerak keatas setelah bayi membesar.

Tapi yg saya bingung skarang saya kontraksi tiap malem uda 3 hari dan sakit banget ... aku pingin tanya mommies2 yg lain ada yg pernah ngalamin placenta previa ?? Kalo boleh tau gimana ceritanya.
Hikmah yg saya ambil dr pengalaman saya ini. Jangan percaya sama satu dokter. Dan jangan langsung nekat operasi2 malahan menimbulkan masalah banyak
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.


Thanksss all...
agomong is offline   Quote
Oct 29, 2013, 12:22 AM   #11
acied_ove
Gold
 
acied_ove's Avatar
 
Join Date: Aug 3, 2011
Location: Jakarta, Indonesia
Posts: 45
@acied_ove
Default Re: Incompetence Cervix (mulut rahim terbuka)

Hai agomong, kalau boleh tau kamu di cerclage sama dokter siapa? Bener kata kamu, kita harus cari second opinion untuk pengetahuan dan kebaikan kita. Gimana kabar kamu skrg? Semoga smua baik2 dan berjalan lancar ya...
Good luck and God bless!
acied_ove is offline   Quote
Nov 13, 2013, 12:56 AM   #12
eva_lasamahu
Silver
 
Join Date: Mar 18, 2013
Posts: 13
Default Re: Incompetence Cervix (mulut rahim terbuka)

haloooo ibu ibu...

ngebaca thread ini ngerasa terenyuh sendiri... kalian hebat dengan berbagai masalah kehamilan tp tetep bs saling berbagi...

tentang mulut rahim terbuka, saya pribadi gak punya pengalaman langsung.. tapi saya mau berbagi cerita tentang pengalaman ibu mertua saya yang mengalami incompetence cervix..

mertua saya warga negara jerman, tinggal di jakarta, dia dan keluarganya yg perempuan hampir semua punya kelemahan di rahim.. anak pertamanya keguguran di usia kehamilan 3 bulan.. waktu hamil kedua (th 1979) mengalami kontraksi dini di usia 14w, kebetulan dia kerja sebagai kepala perawat di rs di berlin pd saat kejadian langsung bedrest, dokter cek ternyata sdah pembukaan 5..akhirnya dilakukan pengikatan mulut rahim, tp sejak saat itu dia menjalani kehamilah di kasur rs, gak boleh berdiri sama sekali, sampe usia kandungan 28w mengalami pecah ketuban, mnurut dokter bayi blm bs dikeluarkan krn resiko kematian tinggi krn bbrp sistem tubuhnya blm bs bekerja normal, akhirnya ditahan 2 minggu dg bantuan suntik dan pengawasan ketat dr dokter..
minggu ke 30 lahirlah kakaknya suami saya...

kehamilan ketiga (hamil suami saya) tahun 1982, bumer baru setaun di jakarta blm lancar bahasa indonesia... kejadian yang sama spt kehamilan pertama, usia 13w kontraksi dini, setelah telfon orang kedutaan jerman untuk dicarikan rekomendasi obgyn yg bs bahasa jerman akhirnya ketemu di rs bunda, dg dokter yoso, pada tahun itu katanya dia satu2nya dokter yg bs jait rahim... tp kehamilan yg ini lbh kuat gak musti bedrest, dan lbh berpengalaman kata si bumer... dijaitnyapun gak lama katanya, cuma nginep semalem besoknya boleh pulang... kehamilan lancar sampai minggu ke 37 bumer pergi ke rs bunda buat cek kandungan.. waktu lagi nunggu tiba2 kontraksi, suster cek katanya baru bukaan 1 disuruh rebahan dulu, makan dulu, bbrp lama kemudian bumer udah teriak2 dengan bahasa yg kacau suruh suster panggil dokter, katanya rasanya kaya mau mati, ternyata udah bukaan 8, dan akhirnya melahirkan di ruang dokter.. dari bukaan 1 sampe si bayi lahir cuma butuh 45 menit sajaa, tp ktanya sakitnya kaya mau matii...

semoga cerita ini ada manfaatnya yah buat ibu2... katanya sih dokter yoso 2 taun lalu masih praktek tp mungkin udah tua bangeet...
eva_lasamahu is offline   Quote
Nov 13, 2013, 03:38 PM   #13
norinafiziady
Silver
 
Join Date: Nov 13, 2013
Posts: 4
Default Re: Incompetence Cervix (mulut rahim terbuka)

hiii..mo ikutan berbagi juga, mudah2n bmanfaat.
** juga ddiagnosa servik incompeten stlh keguguran 2x pada usia 22&20w.
pada kehamilan yang k3 ini mulut rahim q di ikat pasa usia 10wk tanpa d bius (sakit pas d jahit aja) setelahnya nggak ada masalah 1ja kmdn boleh pulang. berbeda dg mba acied_ove yang diizinin kerja lagi, q d suruh bedres ma dokter ampe nglahirin nanti. sekarang kehamilanku sudah 27wk mudah2 n ga ada masalah sampe waktuny sc nanti.
dari awal kehamilan ** slalu ngeflek tp stlh d periksa flek tsb d sebabin ma keputihan yg tlalu banyak, pa lagi stlh d iket. kata dokter sih akibat tubuh nggak terima ada benda asing (benang buat jahitnya itu lho)..kontrol k dokter juga ga kya orang hamil umumnya..bisa tiap minggu, tergantung keluhan..
tuk masalah komtraksi, dari menjelang ikat rahim dah mulai minum obat kontraksi (duvadilan) tp d hentikan stlh ga ada keluhan.tapi ampe sekarang masih d bekelin buat jaga2.
Nggak maksud promosi cuma buat referensi, ** kontrol ke dr binsar d hermina. Buat **, dokternya baek , ga pelit ngasih penjelasan.
Mudah2n bermanfaat

Last edited by norinafiziady; Nov 13, 2013 at 03:40 PM.
norinafiziady is offline   Quote
Nov 17, 2013, 04:35 AM   #14
acied_ove
Gold
 
acied_ove's Avatar
 
Join Date: Aug 3, 2011
Location: Jakarta, Indonesia
Posts: 45
@acied_ove
Default Re: Incompetence Cervix (mulut rahim terbuka)

Halo eva_lasamahu...
Thanks banget atas sharingnya!! Bener2 salut sama perjuangan Ibu mertua kamu ya.. Tapi semua indah pada waktunya.. God is good!! Senang mendengar pengalaman di kehamilan ketiga ibu mertua kamu ga musti bedrest. Berarti ga melulu IC itu ujung2 nya musti bedrest ya??? Dr.Yoso aku dengar memang ahli dlm kehamilan beresiko, mgkn bisa jadi referensi obgyn aku ke depannya.

Hai norinafiziady...
Makasih udah sharing tentang masalah kamu. Aku doakan supaya semua lancar sampai melahirkan nanti. Kalau bisa terus update perkembangan nya ya... Thanks juga atas referensi dokter binsar, mgkn bisa jadi referensi aku dan teman2 yg melihat forum ini..
acied_ove is offline   Quote
Nov 20, 2013, 05:54 PM   #15
fairies80
Silver
 
Join Date: Nov 20, 2013
Posts: 3
Default Re: Incompetence Cervix (mulut rahim terbuka)

Haloo... salam kenal.
Saya mau coba berbagi juga. Th 2008 kehamilan pertama saya, saat itu kondisi saya bekerja sehingga sering flek dan saat itu berkonsultasi dengan dokter Yoso karena dekat dgn tmpat kerja. Memasukin usia 16w, pecah ketuban dan baby nya meninggal di dalam.
3 bulan kemudian saya hamil lg. Memasukin usia kandungan 16w, saya mengalami kontraksi dan waktu ke RS sudah pembukaan lengkap. Saat itu saya memang berganti dokter kandungan yg dekat dengan rumah tinggal.

Setahun kemudian, saya mencoba kembali dan setelah USG 4D diusia kandungan 14w, dokter mengatakan saya Incompetence Cervix, karena sudah terlihat jalur lahirnya terbuka beberapa centi. Besoknya saya langsung menjalani operasi ikat mulut rahim. Semuanya berjalan dengan lancar hingga usia 24w. Saya tidak full bed rest, tetapi saya benar2 berhenti kerja saja. Satu yg sangat saya sesalkan, menjelang akhir tahun saya pergi keluar makan karena saya anggap kondisi kandungan kuat setelah diikat. Tetapi 2 hari kemudian, saya mengalami kontraksi dan pada saat malam tahun baru harus dilarikan ke RS karena pendarahan hebat. Ternyata sudah pembukaan lengkap. Dan baby boy saya dilahirkan, tetapi hanya bertahan 3 jam saja karena kondisi yg belum sempurna. Saya benar-benar sangat menyesali kebodahan saya.

Setahun kemudian saya mencoba kembali, kehamilan yg ke-4. Saya minta ikat kandungan di usia 10w, dan saya bener2 full bed rest di rumah. Tetapi anehnya di usia 16w, kantong ketuban saya keluar melewati jahitan cerclage... lagi-lagi baby boy saya harus dilahirkan.
Perasaaan saya bener2 down. 16w menjadi momok yg menakutkan buat saya. Dokter kandungan saya saat itu tidak bisa menjelaskan karena pada saat di cek kondisi darah saya bagus dan tidak ada virus or bakteri dan hanya menyarankan untuk menunda kehamilan sementara waktu.

Sekarang saya mencoba untuk konsultasi dengan dokter-dokter lain. Tetapi semua dokter mengatakan, bahwa saya harus mencoba lagi. Apakah ada referensi untuk dokter yg terbiasa operasi cerclage (selain dokter Yoso) ? Tolong infonya yah. Trims
fairies80 is offline   Quote
Reply Incompetence Cervix (mulut rahim terbuka) #femaledaily Share this thread to Twitter Share this thread to Facebook

colspan="2">Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump