NOT A MEMBER?

Set up a profile right now. It's free and takes 30 seconds of your time. We look forward having you as part of our Female Daily Forum community.

REGISTER NOW!

SIGN IN

Forgot Password?

Social Groups Contest Events

Reply
 
Thread Tools
May 23, 2012, 02:59 PM   #1
Mrs. Adi
Moderator
Topaz
 
Mrs. Adi's Avatar
 
Join Date: Apr 24, 2009
Location: jakarta, indonesia
Posts: 3,871
@anindyaadi
Default Berpuasa Saat Menyusui

gak terasa sebentar lagi masuk bulan Ramadhan ya ibu2.. kurang lebih 2 bulan lagi.. yuk sharing disini tips2 atau pengalaman puasa saat menyusui..

aku udah dua kali menyusui di bulan puasa.. pertama waktu nara umur 6 bulan, pas mulai mpasi pas masuk puasa.. Alhamdulillah puasanya lancar, menyusui juga g ada hambatan apa2, mungkin karena udah mulai mpasi jadi terbantu sama mpasinya.. bolong puasa cuma pas lagi haid aja.. cuma ya itu karena naranya juga masih getol nyusu juga jadi tiap buka sama sahur emaknya makannya gragas + minum berember2 #lebaymodeon
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
.. lemes sih pas awal2 puasa aja cuma masih bisa di tolerir, cuma asupan sayur+ buah aku tambahin..
puasa yang kedua kemaren pas nara usia 18 mos.. pengalaman dari yang pertama, yang kedua Alhamdulillah juga lancar.. asi juga Alhamdulillah masih ada.. yang bikin capek karena si anak udah petakilan
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
..

MD juga pernah bahas di artikel
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
dan
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
..

ditunggu sharing2nya ya ibu2
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
__________________
FD rules
To view links or images in signatures your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
Mrs. Adi is offline   Quote
May 23, 2012, 07:10 PM   #2
yza86
Quartz
 
yza86's Avatar
 
Join Date: Aug 3, 2010
Location: Jakarta
Posts: 412
Default Re: Berpuasa Saat Menyusui

mrs adi klo aku siy yg anak pertama kmaren ga puasa secara masih asi eksklusif. aku ga tega aja ama babyku klo asinya berkurang, secara waktu si kakak aku asipnya ngepas bgt, perah hari ini utk besok. .klo puasa takut si kakak ga mimik :-(
mendingan aku yg repot ganti sekalian diet, hahaha :-D
tapi anak kedua ini asix jg, blm tau deh mau puasa apa ga, secara stok asip jg udah melimpah bgt jadi insya Allah ga usah takut kurang.. :-)
yza86 is offline   Quote
May 23, 2012, 07:19 PM   #3
Mrs. Adi
Moderator
Topaz
 
Mrs. Adi's Avatar
 
Join Date: Apr 24, 2009
Location: jakarta, indonesia
Posts: 3,871
@anindyaadi
Default Re: Berpuasa Saat Menyusui

Yza86, iya bu katanya klo masih dibawah 6 bulan jangan dipaksa full klo mempengaruhi asinya.. Klo aku krn kemaren udah masuk mpasi Dan asi cukup jd puasa..
Mrs. Adi is offline   Quote
May 23, 2012, 08:08 PM   #4
lilalila
Gold
 
Join Date: Mar 24, 2012
Posts: 59
Default Re: Berpuasa Saat Menyusui

Hai moms, aku blm pernah nih puasa selama msh menyusui.klo diitung2, udah 3taun ga ikut puasa. Yg pertama krn lg hamil, yg kedua pas anakku yg pertama msh asix, yg ketiga pas br lahiran ank kedua, dan msh asix jg.

Jd emg InsyaAllah bulan puasa taun ini br mau nyoba puasa lg.krn anakku udah 11bulan skg, jd udh byk makan pastinya. Khawatir jg sih takut produksi asi berkurang. Krn skg aja udh ga sebanyak dulu kan krn anakku jg udah makan. Sharing dong moms yg pengalaman menyusui dan puasa, tipsnya apa spy ga lemes dan produksi asi ga kering. Thx.
lilalila is offline   Quote
May 23, 2012, 08:23 PM   #5
Mrs. Adi
Moderator
Topaz
 
Mrs. Adi's Avatar
 
Join Date: Apr 24, 2009
Location: jakarta, indonesia
Posts: 3,871
@anindyaadi
Default Re: Berpuasa Saat Menyusui

Lilalila klo aku banyakin minum, minimal 3L sehari, jus buah sm sayur2an.. Dan yg paling penting bismillah pede asinya cukup
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
Mrs. Adi is offline   Quote
May 23, 2012, 08:38 PM   #6
yza86
Quartz
 
yza86's Avatar
 
Join Date: Aug 3, 2010
Location: Jakarta
Posts: 412
Default Re: Berpuasa Saat Menyusui

mrs adi 3L neik??weits..banyak bgt ya.. :-D iya niy aku persis bgt kayak lilalila 3taun ramadhan berlalu bgitu saja.selang seling hamil nyusuin hamil lagi, hehehe..

eh tapi ada loh temen kantorku yg masih asix tapi puasa, n dia bilang asinya tetep keluar banyak..mungkin ga siy asinya tetep produksi tapi nilai gizinya berkurang atw ga ada? secara org puasa kan ga masuk makanan apa2 gitu 12jam lebih..
yza86 is offline   Quote
May 23, 2012, 09:06 PM   #7
Mrs. Adi
Moderator
Topaz
 
Mrs. Adi's Avatar
 
Join Date: Apr 24, 2009
Location: jakarta, indonesia
Posts: 3,871
@anindyaadi
Default Re: Berpuasa Saat Menyusui

Yza86, klo kandungan gizinya setau aku g Akan berkurang nilainya tapi klo kuantitasnya bisa banget berkurang.. Yg pengaruh ibunya, biasanya jd lebih lemes dr Pada puasa g menyusui.. Makanya sebaiknya asupan cairan sm sayur, buah diperbanyak bu..
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
sehari2 aku emang minimal 3L bu klo minum..

*celingak celinguk nyariin mak kirana21* maaakkkkk main2 kesini donk!
Mrs. Adi is offline   Quote
May 31, 2012, 08:29 PM   #8
ummu najmi
Emerald
 
ummu najmi's Avatar
 
Join Date: Sep 27, 2011
Location: dekat soeta, sanaan dikiiiit
Posts: 747
Default Re: Berpuasa Saat Menyusui

betul mrs. Adi, di aku puasa sambil menyusui itu emang jauuuuh lebih lemas daripada kalo ga sambil nyusuin. Aku 2x ngalamin, keduanya tetap puasa, tapi ga bisa full, adalah bolong2nya soalnya ga kuaaat
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.


Yang jelas emang asupan makanan sama cairan diperbanyak yah. Kalo aku dulu, makan lengkap abis sholat magrib, trus makan lengkap lagi jam 10an, trus makan sahur. Minum susu juga 500 ml, disela2 makan buah, sambil usahain banyak minum air putih, menghindari es.

Tapi teteup aja udah makan segitu banyak, kadang masih lemeees banget sampe terpaksa ga puasa. Mungkin tergantung kondisi fisik busuinya juga yah..
ummu najmi is online now   Quote
May 31, 2012, 11:44 PM   #9
Mrs. Adi
Moderator
Topaz
 
Mrs. Adi's Avatar
 
Join Date: Apr 24, 2009
Location: jakarta, indonesia
Posts: 3,871
@anindyaadi
Default Re: Berpuasa Saat Menyusui

Ummu najmi hooray Ada yg makannya sama banyak kayak aku pas puasa!! *high five* tapi aku minus susu soalnya g terlalu suka susu
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
.. Iya makan banyak pun suka tetep lemes ya.. Oh iya aku juga doppingnya makan kurma sama sari kurma banyak2.. Bantu memperlancar asi juga di aku..

Tapi klo memang udah g kuat lemes jgn dipaksa, klo Dari yg pernah aku baca buat bumil Dan busui yg g kuat puasa diperbolehkan membatalkan puasa ya, cmiiw..

Last edited by Mrs. Adi; May 31, 2012 at 11:47 PM.
Mrs. Adi is offline   Quote
Jun 1, 2012, 11:13 AM   #10
Dwis
Emerald
 
Dwis's Avatar
 
Join Date: Jun 26, 2009
Location: jakarta, indonesia
Posts: 932
@ayasdwi
Default Re: Berpuasa Saat Menyusui

Wah senang ada thread ini. Waktu anak pertama, ga puasa krn pas anak baru 3 bln (pas awal masuk kantor lagi). Lagian asi gw beneran sedikittt (anak gw campur sufor). Taun depannya baru gw puasa krn udah setaon lebih kan, tetep mompa dan nyusuin tapi ga khawatir karena makan udah yg utama.

Nah anak kedua nih nanti pas bln puasa anak gw baru 7bln. Emang sih udah mpasi, tapi kan usia segitu susu masih yg utama sampai setaun. Jd diniatkan puasa sih, smoga lancaaar.. Nah masalahnya asinya, gw selalu ngeboost minum air anget klo asinya sedikit, yg mana pasti ga bisa minum donk hehehe.. Dan gw lbih mikir kualitas asinya nih, bakal jadi encer gt ga yaa?
Dwis is offline   Quote
Jun 1, 2012, 03:10 PM   #11
deeth
Emerald
 
deeth's Avatar
 
Join Date: Jan 24, 2008
Location: East Borneo
Posts: 692
@deethaja
Default Re: Berpuasa Saat Menyusui

hore ada thread iniii!! iya nih, gw juga bimbang mau puasa apa nggak. pas puasa nanti sih Rasya pas banget 6 bulan, mulai MPASI. mungkin bisa diimbangin dengan makan ya, tapi kan baru mulai, dan Rasya masih ASI aja, nggak pake tambahan sufor. lha kalo gw skip sarapan aja lemesnya setengah mampus *lebay* apalagi habis nyusuin, butuh banget yang namanya air segalon!
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.


pertimbangannya sama kayak Dwis. mungkin coba puasa kali ya, tapi ya semampunya. semoga lancarrrr.....
__________________
happy mother=happy baby!
To view links or images in signatures your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
deeth is offline   Quote
Jun 1, 2012, 03:53 PM   #12
ummu najmi
Emerald
 
ummu najmi's Avatar
 
Join Date: Sep 27, 2011
Location: dekat soeta, sanaan dikiiiit
Posts: 747
Default Re: Berpuasa Saat Menyusui

horraay toss mrs adi
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
makan banyak sampe2 kadang merasa badan kayak tong deh semuaaa dimasukin
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.


Setau aku juga begitu koq, kalo emang ga kuat busui boleh ga puasa. Tinggal mikirin mengqadhanya nih di bulan2 lain. Ramadhan tahun ini insya allah puasa, baby jg udah 14bln skrg. Seharusnya makin gampang yah secara udah makan nasi tuh doski, walaupun teteuup rakus banget mimik asinya.

Buat busui yg pengen puasa, hayoo semangat yah, pokoknya usaha dulu, insya allah kalo sehat ga masalah koq
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
ummu najmi is online now   Quote
Jun 1, 2012, 04:00 PM   #13
sallynatanegara
Topaz
 
sallynatanegara's Avatar
 
Join Date: Jul 20, 2010
Location: Bandung, Indonesia
Posts: 3,492
@sallynatanegara
Default Re: Berpuasa Saat Menyusui

Sama kaya deeth, kalo skip sarapan aja kayaknya mau pingsaaan.. Pas hamil kemaren (udah 9bulan, h-1 lebaran melahirkan) batalnya karena 1. Udh flek 2. Udh di RS 3. Masih di RS 4. Baru ngelahirin setelah 3 hari tepaaaaar.. Jd bolong 4hr.. Suami udah nyuruh2 bayar puasa tapi masih belum yakin ni.. Karena lemesnya itu loh, pusiiiing
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
padahal dulu kalo ga makan seharian juga kuat.. Tapi ini mengkuatkan diri kalo pas Ramadhan kuduuu puasa amiiin..
sallynatanegara is offline   Quote
Jun 1, 2012, 04:24 PM   #14
mazyn sweet
 
mazyn sweet's Avatar
 
Join Date: Apr 11, 2012
Posts: 138
Default Re: Berpuasa Saat Menyusui

ikut share ya,aku udah 2 kali menyusui di bulan puasa,pertama wkt anakku mazyn 7 bulan,aku puasa full kecuali wkt haid,alhamdulillah selama puasa lancar,ga lemes dan ASIku jg lumayan cukup untuk bekal seharian. selama menyusui aku selalu rajin makan bubur kacang hijau yg ditambah gula merah kalo di sunda gula kawung namanya,dan ketika bulan ramadhan tiba aku selalu menambahkan menu bubur kacang hijau di wkt sahur dan buka puasa,alhamdulillah berkat bubur kacang hijau ASIku selalu melimpah meskipun sdg puasa... puasa yg kedua ketika anakku yg kedua lahir,karena melahirkannya di bulan rewah(bulan sebelum ramadhan)maka sebulan penuh aku gak puasa krn dalam masa nifas,pdhl aku kepingin bgt puasa krn aku gak mau punya hutang banyak(qadla)yg mana ngerjainnya susah tp alhamdulillah semua puasa qadla aku bayar dengan dicicil.....(ky kreditan aja hehehe) duh banyak bgt ngetiknya...maaf klo berantakan,baru belajar soalnya hihihi

Last edited by mazyn sweet; Jun 1, 2012 at 04:28 PM.
mazyn sweet is offline   Quote
Jun 1, 2012, 05:19 PM   #15
Dwis
Emerald
 
Dwis's Avatar
 
Join Date: Jun 26, 2009
Location: jakarta, indonesia
Posts: 932
@ayasdwi
Default Re: Berpuasa Saat Menyusui

Hiksss mazyn sweet mengingatkanku pada hutang2 puasa yg blm dibayar
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.


Iya nih, asi gw bukan yg melimpah gimana2. Dan asi gw sangat2 bergantung sama apa yg gw makan dan minum. Lg sibuk trus kurang minum aja berasa bgt asi jd kurang, atau makannya agak ga bener asi jd encer
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.

Semoga tips2 disini bisa bikin gw me-mantain asupan gw jadi gw pindah disaat sahur dan berbuka
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.

Last edited by Dwis; Jun 1, 2012 at 05:20 PM. Reason: typo
Dwis is offline   Quote
Reply Berpuasa Saat Menyusui #femaledaily Share this thread to Twitter Share this thread to Facebook

colspan="2">Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump