NOT A MEMBER?

Set up a profile right now. It's free and takes 30 seconds of your time. We look forward having you as part of our Female Daily Forum community.

REGISTER NOW!

SIGN IN

Forgot Password?

Social Groups Contest Events

Reply
 
Thread Tools
Nov 21, 2011, 12:56 PM   #46
ashalina
 
ashalina's Avatar
 
Join Date: Dec 18, 2010
Location: Jakarta, Indonesia
Posts: 22
@mama hanny
Smile Re: Anak Angkat

bodyshop lover, memang kalo dlm islam, anak perempuan yg nikahin bapak kandung nya. Tapi kalo kayak anak gw, bapak kandung nya gak ketauan rimbanya, krn wkt lahir pun, bpk nya udah kabur (kata si ibu kandung). Keluarga gw pun mengharuskan anak gw tau asal usul nya, krn dlm agama gw (islam) harus jelas nasab nya, dan kita berdosa kalo ngumpetin itu. walau di akte gw akuin anak kandung krn hanya utk legalitas surat menyurat aja.
muti & twinklebaby, thank u ya...gw pun bbrp taun yang lalu masih menolak utk angkat anak krn banyak cerita yg menyeramkan soal anak angkat. gak tau kenapa, (krn makin tua kali ya), gw pengen banget ngerasain jadi ibu utk sekali seumur hdp gw gmana rasanya ganti popok, mandiin anak, dan....gmana rasanya di panggil "mama" ma seorang anak. Dan, alhamdulillah, sekarang anak gw udah bisa manggil "mama...mama" ke gw,, wuih...senaaang banget hati gw. Mudah2an ya dia jadi anak yg baik.
amyiljas, iya juga sih, ada sodara gw bilang kudu tau bibit,bebet,bobot nya... Cuma.., menurut gw nih, mana ada sih orang dr keluarga yg bibit,bebet,bobot nya jelas dan bagus mau ngasih anak nya ke orang lain. Emang agak ngeri juga ya, kalo pas gede nya nanti ternyata wataknya gak baik turunan dr ortu kandung nya. Mudah2an gw gak salah asuh ya....hehehehe
Baca cerita2 diatas syerem juga ya... Gw pribadi, gak punya banyak harta, gw bikin asuransi jiwa murni yg kalo andai gw kenapa2, anak gw bisa hidup bbrp taun dari uang asuransi gw itu.
Mau tanya dong...kalo soal rumah gmana ya? Lebih baik dibalik nama ke nama anak gw,, ataw bikin surat wasiat/ surat hibah ya, yg isinya kalo gw meninggal, rumah akan jatuh ke nama anak gw itu, krn gw gak punya anak kandung. Kalo tabungan, bisa lah ya dibukain tabungan atas nama anak itu sendiri. Mau dong masukan nya...thank u ya temans...

Last edited by ashalina; Nov 21, 2011 at 01:09 PM.
ashalina is offline   Quote
Nov 21, 2011, 02:36 PM   #47
katwin
MarketPlaza Certified Seller
Topaz
 
katwin's Avatar
 
Join Date: May 3, 2011
Location: Singapore
Posts: 2,709
Default Re: Anak Angkat

twinklebaby,
klo denger cerita kamu jadi ga pengen angkat anak (emang ga ada rencana angkat sih), tp mksdnya jadi males gitu adopsi2 anak.
katwin is online now   Quote
Nov 21, 2011, 03:19 PM   #48
Masrevi
Quartz
 
Masrevi's Avatar
 
Join Date: Oct 3, 2011
Location: Denpasar
Posts: 493
@Masrevi
Default Re: Anak Angkat

twinklebaby iiihh gemes deh baca ceritamu. tp pada akhirnya kan kebenaran selalu yg jadi pemenangnya, tinggal tunggu timingnya aja tuh ntar lama2 tante n om kamu yg baik itu jg bakalan tau. kasian bgt yaa mereka pdhl dah baik bgt kyk gtu tp kog balesannya ga setimpal
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
Masrevi is offline   Quote
Nov 21, 2011, 03:58 PM   #49
sugarenspice
Moderator
Sapphire
 
sugarenspice's Avatar
 
Join Date: Jun 13, 2008
Location: batavia
Posts: 5,312
Default Re: Anak Angkat

All, kalau dibaca di awal thread ini dibuat ashalina - dia tujuannya pengen sharing, mungkin ada yg punya anak angkat juga atau dia sendiri juga anak angkat. Jadi mungkin sharingnya bisa ditekankan ke hal-hal yang positif ya.. malah lebih bagus kalo ada yang bisa kasih masukan mengenai legalitas, cara2 adopsi anak, dll. saya kira akan jauh lebih berguna buat yang lain.
__________________

To view links or images in signatures your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
: English books, Indonesian novels, etc.

To view links or images in signatures your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
(Burberry, Heroine Make, Majolica Majorca, etc.)

To view links or images in signatures your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.


To view links or images in signatures your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
sugarenspice is offline   Quote
Nov 21, 2011, 04:30 PM   #50
kirana21
Mommies Daily Crew
Sapphire
 
kirana21's Avatar
 
Join Date: Mar 21, 2008
Location: Jakarta, Surabaya
Posts: 7,345
@@kirana21
Default Re: Anak Angkat

ashalina, memang ga akan ada anak kandung/angkat lain kah? Apa ngga disantein dulu, kdg begitu si anak gede dikit jd pengen ade. Entah itu akhirnya sukses punya anak kandung ato ngangkat lg. Banyak crita seneng jg kok soal ini.

Atoo..ga ada sodara tua yg bs dipercaya jd wali?
kirana21 is offline   Quote
Nov 21, 2011, 06:45 PM   #51
twinklebaby
Emerald
 
twinklebaby's Avatar
 
Join Date: Oct 13, 2011
Location: jakarta
Posts: 795
Default Re: Anak Angkat

ashalina iya gw ngerti gmn rasanya, krn skrg stlh punya anak gw br ngerti gmn besarnya kebahagiaan mjd seorang mama apalagi udah bs manggil ya? wah bikin hati anget bgt, anak gw belom bs ngmg tp suka ga sengaja blg mama. itu aja gw udah terharu biru
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
gw br dr tret sblh ttg single mother, trus meluncur kesini jd masih kebawa cengengnya hehe. moga anak lo bener2 tumbuh jd anak yg baik berbakti dan sayang sm orgtuanya ya, skrg lo yg ngurusin dan membesarkan, nanti kl udah gede gantian dia yg jagain mommynya
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.


katwin ga semua ttg adopsi anak segitu nyereminnya lho, mgkn cerita di sekeliling gw aja yg krg bagus hehehe

dulu gw pernah pergi nyumbang ke panti asuhan dan klo gw ngeliat byk anak2 yg masih balita. sedih bgt liatnya, aplg pas ada anak cantikk bgt. gw tanya ke susternya ktnya ini hasil dr psk org uzbekistan. gw ksana umurnya 9bulan, lucu bgt udah bs ngoceh2. walo ngerasa kasian tp jujur gw sendiri blm punya keberanian utk adopsi.

klo untuk case dlm keluarga gw, betul kata masrevi gw yakin tinggal tunggu waktunya aja, semua itu akan kebongkar dan om tante gw matanya terbuka.
hehehe maap bu mods, cuma sekedar berbagi cerita aja, good and bad sidenya. dr gw kebanyakan negatifnya yah
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.

kl pendapat gw pribadi, kayanya awalnya positif tp mulai susahnya klo mrk udah mulai gede dan bisa berpikir kritis (ciri2 fisik dsb). ada sih temen yg awalnya adopsi (konon katanya bs mancing dpt anak) dan bbrp taun kmudian beneran punya anak sendiri, tp gw ngga tau scr mendalam. cmn yg gw tau, hubby sm kluarganya jd ga syg anak pertamanya itu yg anak angkat, jd tmen gw ini suka sedih sendiri.
twinklebaby is offline   Quote
Nov 21, 2011, 08:00 PM   #52
nyiur
Emerald
 
nyiur's Avatar
 
Join Date: Oct 14, 2010
Location: sini, situ, sono
Posts: 947
Default Re: Anak Angkat

twinklebaby waduh, sampe nganga juga baca ceritanya. kasian om sama tantemu ya..semoga kebenaran diperlihatkan dalam jangka waktu yang tiada lama lagi.

ikut nimbrung cerita yaa..aku punya temen yang ngambil anak orang, tapi dia gak diadopsi, jadi ceritanya dipungut anak tanpa surat resmi. awalnya temenku tuh kasian banget ngeliat keluarga tetangga kampungnya kok anak banyak masih hamil mulu padahal miskin, akhirnya temenku yang rencana mancing anak(kan ada tuh kepercayaan klo pengen punya anak disuruh deket2 ama anak n ngurusin anak sapa kek), nah..pas lairan temen gue yang ngebiayain lairannya etc, sampe aqiqah etc, tapi kok lama2 ini keluarga ngerongrong banget ya, miskin tapi culas, lama2 minta uang buat ini itu. lama2 temenku ini bingung. mauanya apaaaa? maksud temenku, tetep kelak bakal dikasih tau kok, garis nasabnya, tapi jangan dikit2 beli sabun, bbeli ini itu minta temenku, preman banget emak, bapak n neneknya tuh jabang bayi!
nyiur is offline   Quote
Nov 22, 2011, 03:17 AM   #53
muti
Beryl
 
Join Date: Jan 20, 2009
Location: Bandung
Posts: 1,584
Default Re: Anak Angkat

ashalina kalau setau gw dalam hukum islam(yang mana pengetahuannya terbatas cyinn), anak angkat bisa terima hibah warisan, tapi ada max jumlahnya, misal 1/3 atau 1/6 dari total warisan (kayanya gw pernah baca, tapi lupa lagi). kalau lo gak punya anak kandung, maka saudara kandung lo yang dapet bagian (cmiiw). kalau gak salah sih gitu ya...coba deh konsultasi ama yang lebih tau.
muti is online now   Quote
Nov 22, 2011, 06:00 AM   #54
amyiljas
Beryl
 
amyiljas's Avatar
 
Join Date: May 23, 2011
Location: 1060
Posts: 1,574
Default Re: Anak Angkat

twinkle Iya, dilema bgt kalo masalah adopsi anak. Gue juga udh amit2 sm anak angkatnya tante gue ini. Pas nih anak SMA, udh dijelasin sm tante gue kalo dia anak angkat, trus bukannya tau diri malah jadi tengil kebangetan.
Gue gk ngerti deh anak angkat tuh ahrusnya makasih dong dpt kehidupan lebih baik, bukannya jadi malah penyebab kerusuhan keluarga..
amyiljas is offline   Quote
Nov 22, 2011, 02:18 PM   #55
floo17
Quartz
 
Join Date: Sep 12, 2010
Location: jakarta-klaten-pekalongan
Posts: 348
Default Re: Anak Angkat

Ashalina...yang masalah bibit bebet bobot. IMO kalo kita ngambilnya dari bayi, hal-hal kayak gitu ga ada pengaruhnya. i mean baby tu kayak kertas putih..akan jadi apa dia ya tergantung lingkungan "ngasih warna" apa ke dia. Jadi ga usah takut kalo menurutmu apa yg kamu berikan udah yang paling baik.

Masalah warisan, tabungan dll..IMO kayak gimana wajarnya orang tua ke anak kandung aja. dia kan masih amat kecil, belumlah saatnya diberi macam-macam.. kalau udah sekolah mungkin bisa diberi asuransi pendidikan dll..
untuk atas nama rumah, warisan..itu urusan nanti..saat dia dewasa, udah bisa memutuskan baik buruk..
saat dia memang sudah memerlukan, kalau sekarang kan masih tinggal sama mamanya, dan dia memang belum perlu semua itu.
floo17 is online now   Quote
Nov 23, 2011, 03:15 AM   #56
amyiljas
Beryl
 
amyiljas's Avatar
 
Join Date: May 23, 2011
Location: 1060
Posts: 1,574
Default Re: Anak Angkat

muti sorry baru baca, kyknya overlap deh balesan gue sm post dari lo. Ini anak angkat tante gue jg udh bikin gue sesek napas sekeluarga. Karna tante gue beneran jadi melarat, sempet om (abangnya tante dan nyokap) gue ngasih tau bahwa seumuran mereka (50an lebih) udh bukan jamannya lagi ngeluarin buat anak, udh saatnya si anak ngasih buat ortunya.
Pas lulus SMA, kita udh ngasih saran A B C untuk si anak ini, tp tante gue mau aja dibegoin buat masukin ke kuliah mahal.
Smpe nyokap gue bilang "Berlebihan deh sayangnya ngelebihin anak kandung!"

Ashalina Itu jg PR gue sekeluarga hahaha.. Secara tante gue dulunya termasuk sukses, dan hidup ternyata emang gampang dibalik aja kyk ngebalik telapak tangan sm Allah SWT. Kyknya sih harta properti dia atas nama anak angkatnya, gk mungkin tante gue ngehibahin ke emak gue kalo ngeliat kelakuannya skrg. Well gk peduli jg siih gue sm hartanya dia.

Kalo adat, karna gue Sumatra Barat, yg dapet cuma anak perempuan (cowo cuma dapet max. 1/4), lgpula dua anak angkat tante gue gk termasuk ke dalam warisan karna mereka bukan blood line.. Kalo warisan yg lain ya tergantung lo dear, mau ngasih ke keluarga apa ke anak angkat lo. Saran gue sih kalo tabungan aja bisa dikasih, kalo harta / investasi gitu sih pake surat hibah aja. Surat wasiat menurut gue juga cukup kyk misalnya lo kenapa2 trus rumah jadi atas nama nyokap lo (misalnya) itu tinggal di sah-in notaris aja.

Atau kalo lo mau ngasih sesuatu, bisa aja tunggu smpe si anak umur 16 thn (misalnya) trus harta lo dititip notaris atau pake surat tertulis lagi bahwa smpe si anak umur tertentu, hartanya dititip ke ortu lo.. Gitu..

---------- Post added at 08:15 PM ---------- Previous post was at 08:12 PM ----------

Floo Kalo lo blom ngalamin emang susah untuk nilai, dear.. Gk bisa dijadiin patokan jg sih bibit bebet bobot nentuin si anak gedenya gmn. Tapiii.. Ibu hamil aja disuruh mikir yg baik2, makan yg baik, perilaku yg baik biar bayinya ntr juga baik. Kalo bayi itu pure beneran kertas putih, ya ngapain kita pas hamil suruh inget yg happy2 dan baik2 aja secara jg gk akan ngaruh kok?

Btw dan gue nilai bahwa apa yg udh dilakuin tante gue ke anak angkatnya sih gk ada cela sm sekali kok untuk si anak jadi brengsek kyk skrg. Pendidikan formal dan agama yg diajarin tante gue baik kok, tante dan alm om gue juga bukan yg kasar keras main tangan. Tp apa yg kejadian? Nih anak pernah diamuk alm om gue karna nyuri uang berkali kali..

Last edited by amyiljas; Nov 23, 2011 at 03:19 AM.
amyiljas is offline   Quote
Nov 23, 2011, 08:17 AM   #57
Icha_echa
Quartz
 
Join Date: Sep 19, 2011
Posts: 408
Default Re: Anak Angkat

Hmmm agak sulit jg ngomongin bibit bebet bobot
Anak kandung yg dididik baik2 pun kadang ada yg memberontak, misalnya: pake narkoba, nyuri2 duit ortu, free sex, dll.
Tapi kalo itu anak kandung, orang tua dan keluarganya ga mikir macem2 soal bibitnya krn mereka tahu bagaimanapun ada darah mereka yg mengalir di tubuh si anak.

Tapi giliran anak angkat yg gedenya jadi aneh2, langsung deh si orang tua dan keluarganya mikir... Ini bukan turunan kita nih, pasti bandel or aneh2 gt karena turunan ortu kandungnya krn keturunan keluarga kita mah baik2 aja, ga ada yg begini, dst, dsb. Ortu angkat jg sungkan2 kl mau marahin anak angkat, takut anaknya berontak, takut anaknya cari ortu kandung, dll. Tp kalo anak kandung, misalnya marah mau disabet pake sapu juga hayu aja, si ortu ga ada beban apa2. Jd di bawah alam sadar, perlakuan thdp anak kandung ga sama ama anak angkat.

Betul engga sih? Its just my own theory ya.... Based on pengalaman pny 1 sepupu angkat diantara 10 sepupu
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
Icha_echa is offline   Quote
Nov 23, 2011, 09:46 AM   #58
floo17
Quartz
 
Join Date: Sep 12, 2010
Location: jakarta-klaten-pekalongan
Posts: 348
Default Re: Anak Angkat

Amyiljas.. Kalo di keluarga kandung gw emang ga ada ngangkat anak. tapi tante gw ada, 2 orang malah.
plus tetangga yang nangis2 yang gw ceritain di atas.
trus gw setuju pendapat icha_echa, kalo anak kandung yang ga bener ga bakal kan di bahas si 3B itu.

yah..mungkin gw kebanyakan nonton the nanny aja kali ya, soalnya kadang karena anak angkat, si orang tua jadi terlalu sayang. berlebihan malah. dan secara ga sadar itu malah memanjakan dan merusak mental anak.

atau dia merasa marah saat tau dia bukan anak kandung. dan sayangnya ga semua orang bisa dewasa dan bersyukur dgn kondisinya, tapi malah berbuat hal2 yang ga seharusnya dia lakuin.

yah gatau juga ding. aku kan ga ngalamin sendiri juga.

wah..sory mod sugarenspice, gw malah ikutan posting gini, hopefully Ashalina ga jd bingung.

floo17 is online now   Quote
Nov 23, 2011, 10:05 AM   #59
ashalina
 
ashalina's Avatar
 
Join Date: Dec 18, 2010
Location: Jakarta, Indonesia
Posts: 22
@mama hanny
Default Re: Anak Angkat

amyiljas, floo17, icha-echa.., thank u ya, semua cerita nya sangat berarti buat gw, jadi bahan masukan buat gw. Emang bener kok, ada anak2 angkat yg baik budi, tapi gak sedikit juga yg gedenya jahat. Gw cuma bisa berdoa mudah2an anak gw jadi anak yg sholeha, amin...
twinklebaby, amin...amin,..makasih doa nya ya...
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
ashalina is offline   Quote
Nov 23, 2011, 07:33 PM   #60
amyiljas
Beryl
 
amyiljas's Avatar
 
Join Date: May 23, 2011
Location: 1060
Posts: 1,574
Default Re: Anak Angkat

ho oh.. Kita jadi malah debat ngelantur
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
Sorry yeee..
Tp kalo gue sih mendingan liat 3B itu, bukan dalam arti misalnya ada keluarga gue mau angkat anak, nah gue mau anak yg min. bapaknya pegawai, trus guru ngaji, org sesuku dg gue, dll.. Gk begitu.
Tp at least gue mesti tau dulu latar belakang ortunya gmn, soalnya anak angkat tante gue beneran blur gitu gimana ortunya, rumahnya, dsb. Jadi pure ditawarin aja gitu dari org, trus sm tante gue langsung diiyain.
Even tante gue gk tau apakah (misalnya) tuh anak korban dari bencana alam, atau dari keluarga gk mampu, anak dari TKW atau apaan gk ada informasinya. Cuma tau sukunya anu, dan dikasih foto emak bapaknya selembar, udh aja gitu kyk di film2.

Btw kalo anak kandung ngeberontak dan perilaku gk bener, di keluarga gue juga disidang sih ini kenapa bisa gitu dsb.. Jadi gk ada pilih kasih, justru si anak angkat yg keenakan karna tante gue kelewatan sayangnya.

Ashalina Semoga anak lo gedenya berbakti ya
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
Jangan smpe kyk cerita buruk pengalaman yg nulis disini. Insya Allah. Amiin.
amyiljas is offline   Quote
Reply Anak Angkat #femaledaily Share this thread to Twitter Share this thread to Facebook

colspan="2">Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump