NOT A MEMBER?

Set up a profile right now. It's free and takes 30 seconds of your time. We look forward having you as part of our Female Daily Forum community.

REGISTER NOW!

SIGN IN

Forgot Password?

Social Groups Contest Events

Reply
 
Thread Tools
Jan 24, 2011, 11:06 AM   #1
aoutum
Emerald
 
aoutum's Avatar
 
Join Date: Sep 10, 2008
Location: jakarta
Posts: 543
@Aoutum
Default Obat & kosmetik yg aman untuk ibu menyusui

gals..

udh cari2 tapi nga nemu thread buat ibu menyusui..tapi kalo ternyata udh ada...minta tolong dipindahin yah..
seminggu ini udh berapa kali sakit nih...pas jumat minggu lalu alergi..makanan kali yah...mau minum insidal nga berani karena masih nyusuin..akhirnya ke dokter dikasih metcor8 sama volaris..trus kamis depannya meriang..gw minum panadol..eh sabtu kemarin malah diare...dan susahnya karena menyusui gw nga berani minum obat apa2..gimana dunk gals..hellppp kalo diare obat apa yah yang aman..
aoutum is offline   Quote
Jan 27, 2011, 11:17 AM   #2
colesmom
 
Join Date: Jan 27, 2011
Posts: 5
Default Re: Obat-obatan untuk ibu menyusui

FDers moms,

sama nih kaya aoutum, lagi bingung antara minum obat ato gak ya.
Lagi batuk pilek uda 6 hr lom sembuh2 juga. Aku msh breastfeeding babyku (4 mos), kadang2 pake masker pas nyusuinnya.
Gimana ya moms? Boleh minum obat gak sih, kalo boleh obat apa yg aman utk batpil?
Thx.
colesmom is offline   Quote
Jan 27, 2011, 01:07 PM   #3
rodobodo
Emerald
 
rodobodo's Avatar
 
Join Date: Jun 13, 2009
Location: 69116
Posts: 893
Default Re: Obat-obatan untuk ibu menyusui

sama, aku juga sering kena flu. biasanya pake ctm ato neozep gitu udah bisa sembuh.
obat-obat gitu aman gak yah buat busui?
biasanya kalo masih bisa tahan aku gak minum obat. kalo cuma flu makan n minum yang banyak trus tidur.
rodobodo is offline   Quote
Jan 27, 2011, 02:45 PM   #4
-BunChan-
Gold
 
Join Date: Jan 10, 2010
Location: somewhere over d' rainbow
Posts: 67
@melati_anandia
Default Re: Obat-obatan untuk ibu menyusui

kebetulan bgt ada thread ini, sama ni ama aoutum, gw lg kena diare n demam,tp ga brani minum obat.kalo sanmol untuk ngobatin demam aman ga ya bwt bayinya..

rodobodo, ctm bikin babynya jadi tidur mulu ga?
-BunChan- is offline   Quote
Jan 27, 2011, 04:06 PM   #5
faustomania
Topaz
 
faustomania's Avatar
 
Join Date: Feb 19, 2010
Location: jakarta, indonesia
Posts: 3,340
Default Re: Obat-obatan untuk ibu menyusui

Setau gw, obat flu yg aman panadol ijo, minum kalo udh lewat 3 hari ga sembuh dan udh usaha istirahat, makan kuah2 dll ga membaik, baru minum ini.. Neozep kan forte, sebaiknya dihindari krn dosis rada tinggi tuh setau gw (cmiiw ya yg lebih ngerti)
Kalo sakit kepala dll, panadol biru (just like when we're pregnant) aman.. Skalian buat turun panas
Intinya, flu, batpil gitu kan virus, jd dg istirahat dan makan sehat harusnya dalam 1-2 minggu akan sembuh sendiri. In the meantime, SELALU pake masker saat deket/interaksi dengan si bayi, krn virus flu ini sangat menular..

Nah, kalo diare yg gw ga tau.. Coba makan pisang gt kabarnya menolong.. Tp better check with ur obgyn/dsa deh..
faustomania is offline   Quote
Jan 27, 2011, 04:58 PM   #6
rodobodo
Emerald
 
rodobodo's Avatar
 
Join Date: Jun 13, 2009
Location: 69116
Posts: 893
Default Re: Obat-obatan untuk ibu menyusui

bunchan,
lumayan bikin si baby tidur agak lama
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.


fausto,
oiya baru inget setealh baca postinganmu, kl gak salah kata dokter panadol ijo aman buat busui. waktu itu terpaksa minum (gak nunggu 3-4 hari) soale flu berat seabis caesar. kebayang kan gimana sakitnya kalo bersin2.
rodobodo is offline   Quote
Jan 27, 2011, 10:12 PM   #7
sayariri
Emerald
 
Join Date: Jan 22, 2010
Location: jakarta
Posts: 898
Default Re: Obat-obatan untuk ibu menyusui

Moms, saya sih bukan expert, tapi sependek pengetahuan saya, dari baca2 dan kuliah dulu, sbnrnya cm sedikit obat yang dikontraindikasikan utk busui, di antaranya obat anti kanker, imunosupresan, preparat iodine/iodium, radioactive, narkotik, bbrp gol antibiotik spt klorafenikol (siprofloksasin jg mgkn, saya lupa
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
) Obat2 lain, selama memang benar2 diperlukan oleh ibunya, boleh kok dikonsumsi. apalagi obat yang dijual bebas, asalkan digunakan sesuai indikasi dan dosis, insya Allah aman buat bayinya. Menurut saya, kalo emang moms sekalian merasa memerlukan obat, daripada tersiksa, ya minum aja obatnya, atau kalo mo lebih aman lagi, periksa ke dokter.
Oya, satu tips lg (klo ga salah sy pernah baca di webnya dr.sears), sebaiknya minum obat segera sesudah menyusui, jd meminimalisir dosis obat yang ikut dalam ASI
Eh tapi, cmiiw ya moms
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
sayariri is offline   Quote
Jan 27, 2011, 11:13 PM   #8
pingugirl
 
Join Date: May 23, 2010
Location: uk
Posts: 125
Default Re: Obat-obatan untuk ibu menyusui

Kalo kmrn kmrn lagi sakit sih minum obat, trus lgs istirahat, nggak nyusuin sehari, besok nya baru nyusuin lagi, saolnya takut obatnya ikut ke asi
pingugirl is offline   Quote
Jan 27, 2011, 11:32 PM   #9
faustomania
Topaz
 
faustomania's Avatar
 
Join Date: Feb 19, 2010
Location: jakarta, indonesia
Posts: 3,340
Default Re: Obat-obatan untuk ibu menyusui

Iya, bener sih apa yg sayariri bilang, kalau obat bebas rata2 ga sampe bahaya buat bayi asi. Tapi kalo gw sih kok tetep ngerasa sayang, meski sedikiiit aja dari obat2 itu yg masuk ke asi, rasanya ga rela
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
mending kalau bisa gw tahanin aja sakitnya, atau ya itu cari obat2 yg paling ringan seperti panadol biru dan hijau.. Kayanya ga rela ginjal mrk terkonaminasi obat..
Apalagi di indo kan obat apa aja dijual bebas.. Biar ada tulisannya 'harus dg resep dokter' juga kita bisa aja beli bebas
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.

Lagian gw yakin jg knp dsa/obgyn suruh kita minum obat tertentu instead of obat yg biasa kita minum pasti ada alesannya sih (gw pencandu neozep juga bok! Haha) Cmiiw ya..

Last edited by faustomania; Jan 27, 2011 at 11:35 PM.
faustomania is offline   Quote
Jan 28, 2011, 08:13 AM   #10
herceu
Platinum
 
Join Date: Jan 6, 2010
Location: jakarta
Posts: 187
Default Re: Obat-obatan untuk ibu menyusui

Moms.. Gw sedikit share ya..karena gw dulu sekolah dipharmacy.. Obat2n kayak panadol, biru ato ijo itu aman utk orang yang menyusui, karena tidak ada kandungan yang dikeluarkan( istilahnya ilmiahnya disekresikan) melalui kelenjar air susu.
Sanmol juga aman utk moms maupun bayinya, karena kandungannya kan cuma acetaminophen alias paracetamol.
Yang perlu diperhatikan kalo minum obat ANTIBIOTIK, karena beberapa obat antibiotik si sekresikan melalui kelenjar susu.

Aoutum : to diare yang paling aman minum norit aja, yg obatnya bulet item2 itu hehe..,meskipun 'serem' warnanya tapi ampuh, karena itu kan sifatnya lokal,isinya cuma karbon aja yang nyerap racun saat diare..

Semoga berguna ya..
herceu is offline   Quote
Jan 28, 2011, 10:04 AM   #11
aoutum
Emerald
 
aoutum's Avatar
 
Join Date: Sep 10, 2008
Location: jakarta
Posts: 543
@Aoutum
Default Re: Obat-obatan untuk ibu menyusui

colesmom

gw juga pernah tuh batukpilek pas nyusuin...gw tanya dsa blh nga terus nyusuin..kata dia malah bagus..anak jadi dapet antibodi..dan kayanya bener d..biar gw atau bapaknya batuk pilek..anak gw nga ketepa lho... gw nga minum obat waktu itu..diemin aja mpe ilang sendiri sakitnya..paling cuman minum obat isep buat sakit tenggorokan aja. lemocin..dulu pas hamil..obygn gw kasih ini pas gw sakit..so pasti aman buat ibu nyusuin juga khan..oh yah kayanya dl teman gw pas hamil pernah batuk2 dikasih OBH d ama dokternya

bunchan
kalo demam..gw minum panadol biru..itu aman buat bumil dan menyusui..

sayariri , faustomania
tdnya gw juga mikir aman kali yah obat yang dijual bebas..tapi kok diketerangannya jangan untuk ibu hamil dan menyusui..alhasil ga berani d minum..hahahaha
mungkin produsen obatnya cari aman kali yah..
iya sih..emang lebih aman ke dokter...cumannnnnnnnn sayang bow kalo dikit2 harus konsultasi ke dokter..kemarin aja gara2 sakit2an udh bolak balik dokter 2x

herceu

tq yah...oke next time minum norit aja d..hehehe sekarang kalo sakit jarang minum obat saking takutnya..makanya nga sembuh2..hahaha

Last edited by aoutum; Jan 28, 2011 at 10:13 AM.
aoutum is offline   Quote
Jan 28, 2011, 10:26 AM   #12
faustomania
Topaz
 
faustomania's Avatar
 
Join Date: Feb 19, 2010
Location: jakarta, indonesia
Posts: 3,340
Default Re: Obat-obatan untuk ibu menyusui

aoutum eh kalo gw justru ga brani minum obat bebas kok hahaha salah nangkep jeng
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
mnrt gw, mgkn memang ga sampe bahay, tp gw tetep ga brani, ga rela gt minumnya, makanya gw selalu konsul sama dsa/obgyn sblm minum obat.

Bener, kalo batuk pake OBH.
Kalo gw dsa dan obgyn mau trima konsul lewat telpon dudududu *pelit dan praktis huehehehe*
faustomania is offline   Quote
Jan 28, 2011, 10:40 AM   #13
aoutum
Emerald
 
aoutum's Avatar
 
Join Date: Sep 10, 2008
Location: jakarta
Posts: 543
@Aoutum
Default Re: Obat-obatan untuk ibu menyusui

faustomania

hahaha salah nangkap yah gw.. iya..dl mah gw paling males kedokter..hahaha sekarang rajin bener nehhh...cuman sayang aja kalo dikit2 ke dokter..emakpelit.com
dsa gw juga mau konsul lewat telp..tapi gw suka nga enak ati..hahahha
aoutum is offline   Quote
Jan 28, 2011, 08:56 PM   #14
akiya
 
akiya's Avatar
 
Join Date: Jan 28, 2011
Location: solo indonesia
Posts: 26
@n/a
Default Re: Obat-obatan untuk ibu menyusui

hai semua
baru tau kalo ternyata panadol aman buat ibu menyusui... aku lagi batuk+pilek nih. biasanya aku diemin aja karena emang punya alergi, ntar juga ilang sendiri. tapi kemaren ini kok *maaf ya* ingusku warnanya kuning, kalo alergi kan bening. ternyata kena pilek sampe demam 38,5. karena dah ga tahan aku minum decolgen karena cuma sedia itu di rumah
kira2 aman ga ya?
akiya is offline   Quote
Jan 28, 2011, 09:22 PM   #15
faustomania
Topaz
 
faustomania's Avatar
 
Join Date: Feb 19, 2010
Location: jakarta, indonesia
Posts: 3,340
Default Re: Obat-obatan untuk ibu menyusui

akiya kalo udh terlanjur mah ga ush kepikiran.. Dosis sekali dua kali minum mah kecil bgt.. Skrg pindah aja ke panadol ijo ato biru kalo demam..
Yg penting istirahat cukup dan ga stress, tar asi mampet
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
faustomania is offline   Quote
Reply Obat & kosmetik yg aman untuk ibu menyusui #femaledaily Share this thread to Twitter Share this thread to Facebook

colspan="2">Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump