NOT A MEMBER?

Set up a profile right now. It's free and takes 30 seconds of your time. We look forward having you as part of our Female Daily Forum community.

REGISTER NOW!

SIGN IN

Forgot Password?

Social Groups Contest Events

Notices

Reply
 
Thread Tools
Mar 2, 2010, 01:56 PM   #1
gerberairis
Beryl
 
gerberairis's Avatar
 
Join Date: Apr 1, 2009
Location: Jakarta, Indonesia
Posts: 1,860
@gerberairis
Default Lamaran

Prosesi sebelum pernikahan kan ada lamaran, bukan suatu kewajiban si ya dan prosesnya juga beda2 gitu..

ada yg bisa share prosesi lamaran nya kah? setau gue dan dari acara lamaran yang gue datengin urutan acarany cuma: perkenalan keluarga -> menanyakan mau menerima lamaran cowonya/tidak -> tuker cincin (ga harus).. rundown acaranya cuma ini aja kan ya sebenernya?

kalo jarak 7 bulan antara lamaran sama nikah kelamaan ga ya? terus apa saat lamaran ini perlu membawa angsul2 gitu ga ya pihak cowonya?

thanks for your help ladies!
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
gerberairis is offline   Quote
Mar 2, 2010, 02:14 PM   #2
violettavanilla
 
violettavanilla's Avatar
 
Join Date: Dec 8, 2009
Location: Jakarta
Posts: 928
Default Re: Lamaran

gerberairis lamaran gw 2 taun sebelom nikah
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.


soalnya gw mau mabur dulu sekolah lagi jadilah gw diiket dulu biar ga nakal
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
waktu lamaran sih gw dikasih kayak seserahan juga, tapi cuma makanan2 & satu set perhiasan (ini dari mertua) + cincin tunangan. gw juga ga ngasih angsul2. seserahan yang benerannya pas malam midodareni, malam sebelum akad nikah gw.

perkenalan keluarga secara resmi pas malem midodareni. waktu lamaran yang dateng ga segabruk waktu midodareni soalnya. istilahnya pas midodareni full bahasa jawa, pas lamaran di mix pake bahasa indonesia hehe. ini bener2 perkenalan sampe sepupu2 bokap nyokap juga dijejer.

alhasil gw selalu pake 2 cincin, cincin tunangan & cincin kawin
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.

Last edited by violettavanilla; Mar 2, 2010 at 02:19 PM.
violettavanilla is offline   Quote
Mar 2, 2010, 02:42 PM   #3
joey
Beryl
 
joey's Avatar
 
Join Date: Jan 18, 2008
Location: Jakarta
Posts: 1,030
Default Re: Lamaran

violetta
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
gw pikir gw udah jauh jarak dari lamaran ke nikah yg nyaris 10bulan.. ternyata ada yg lbh jauh lagii hehehehe

sama kayak gerberairis, prosesi gw cuma perkenalan keluarga, menanyakan lamarannya diterima ato ga, trus tuker cincin & dilanjutkan dengan makan2
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.


gw jg ga pake seserahan apa2, seserahannya pas mapacci aja (midodareni kalo versi jawa nya)
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
__________________
the number one cause of divorce is marriage!
joey is offline   Quote
Mar 2, 2010, 02:42 PM   #4
niamara
Topaz
 
niamara's Avatar
 
Join Date: Dec 3, 2007
Location: J.town
Posts: 4,859
@nanoney
Default Re: Lamaran

akhirnyaaaa ada tretnya
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
gw pengen buka tp takut bisa disatuin sm seserahan.

gw lamaran nanti tgl 4 April, padahal meritnya tgl 2 mei.. lamarannya cuma sbg formalitas si keluarga besar cowok meminang gw dirumah gw. (pdhl sebelumnya uda ada peminangan dr pihak cowok juga
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
). Tapi yg skrg ini skalian nyerahin seserahan.

Nah, kira2 bagi yg udah pernah lamaran itu ada yg punya proses acaranya ga? maksudnya rundownnya..
__________________
FOR SALE MCLAREN QUEST ONLY 2,2 at KIDSMART

niamara is offline   Quote
Mar 2, 2010, 03:55 PM   #5
the_sundays
Platinum
 
the_sundays's Avatar
 
Join Date: Jul 9, 2008
Location: j-town
Posts: 207
@yuliasays
Default Re: Lamaran

Nia, ini gw nyontek dr blognya Anggi ya, scr baru baca2 juga..

1. Penyambutan Keluarga Pihak pria
2. Sambutan dari Wakil Keluarga Pihak pria (Maksud dan Tujuan datang, menanyakan apakah pihak wanita sudah pernah diminta (dilamar) sebelumnya)
3. Jawaban dari Wakil Keluarga Pihak Wanita (yang kemudian ditanyakan langsung ke Wanitanya.. )
4. Pemberian Seserahan kepada Pihak Wanita
5. Tukar Cincin
6. Pemberian Ucapan Selamat
7. Makan
8. Pemberian Seserahan balasan kepada pihak Pria
9. Diskusi mengenai tanggal pernikahan
10. Pihak keluarga pria pamit pulang
Posted via mobile Device
the_sundays is offline   Quote
Mar 2, 2010, 03:59 PM   #6
niamara
Topaz
 
niamara's Avatar
 
Join Date: Dec 3, 2007
Location: J.town
Posts: 4,859
@nanoney
Default Re: Lamaran

sundays, thanks yah.. sangat membantu untuk buat rundown nya.. jd bisa tau apa yg kira2 perlu disiap kan (maksudnya sambutannya
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
) dan bisa diskusi sm keluarga juga siapa yg mau kasih sambutan secara bokap gw ga mungkin bisa pidato didepan org byk
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
__________________
FOR SALE MCLAREN QUEST ONLY 2,2 at KIDSMART

niamara is offline   Quote
Mar 2, 2010, 04:36 PM   #7
gerberairis
Beryl
 
gerberairis's Avatar
 
Join Date: Apr 1, 2009
Location: Jakarta, Indonesia
Posts: 1,860
@gerberairis
Default Re: Lamaran

violettavanilla hahaha iya abis gue nikahnya juga november.. berasa jauh tapi kayanya ada yg lebih lama ga masalah ya hehehe

thanks ladies
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.


nah kalo gue juga cuma bawa makanan2 gitu aja rencananya soalnya seserahan dikasi pas akad nikah.. tadinya mau pas malam ngeyek sereh (kalo di jawa midadoreni) tapi berhubung calon gue org padang sementara prosesi ngeyek sereh ini bahasa sunda semua jadi ditiadakan.. dan nanti lamarannya jadi full bahasa indonesia deh hehehe
gerberairis is offline   Quote
Mar 2, 2010, 04:56 PM   #8
cinderella
Topaz
 
cinderella's Avatar
 
Join Date: Sep 9, 2007
Location: earth
Posts: 3,474
@n/a
Default Re: Lamaran

lamaran gw biasa aja cm perkenalan keluarga doank
tapi cowo gw ga ikut.. cuma keluarga nya aja yg dateng
trs pihak keluarga co bawa kalung utk iket (spy gw ga lari2) hehe trs permen, kue2..
trs nyokap nya tny boleh ga anaknya kawinin gw.. abis itu baru deh dipasang kalung nya
__________________
GOD will make a way
cinderella is online now   Quote
Mar 2, 2010, 05:23 PM   #9
gerberairis
Beryl
 
gerberairis's Avatar
 
Join Date: Apr 1, 2009
Location: Jakarta, Indonesia
Posts: 1,860
@gerberairis
Default Re: Lamaran

oh kalo di gue wakil keluarga mereka nanya ke cewenya mau ga dipinang/dinikahi sama cowonya.. gitu.. sama aja ga sih
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
*lalu mengapa gue post ini ya??? hahahaha ga jelas..
trus kalo di gue juga cowonya ikut..
gerberairis is offline   Quote
Mar 2, 2010, 06:15 PM   #10
violettavanilla
 
violettavanilla's Avatar
 
Join Date: Dec 8, 2009
Location: Jakarta
Posts: 928
Default Re: Lamaran

gerber iyaa gw juga ditanya
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
ini sebenernya bagian dari proses lamaran-nikah yang paling ga gw demen, soalnya gw harus malu2 kucing tapi mau gitu kan jawabnya huhuhu. jadi waktu gw lamaran itu yang ngomong dari pihak keluarga sana itu pakdenya suami gw. nah bertanyalah si pakde ini sama bokap nyokap, apakah anaknya mau dipinang. dengan menyebalkan bokap nyokap menjawab terserah anaknya mau apa ga, jadilah gw harus menjawab pertanyaan si pakde dengan senyum2 dikulum sok manis manja
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
mana nyokap gw udah wanti2 pula kalo ntar ditanya jawabnya harus njawani ya, ga boleh ngasal perilakunya
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.


iiih itu suami gw udah ngakak2 ga keruan liat gw salting ga jelas. gantian banget deh! waktu dia menghadap bokap gw buat ngutarain niatnya mau ngelamar gw, gw yang ngakak2 ngeliat keringetnya sebiji2 jagung di jidat
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.

To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
violettavanilla is offline   Quote
Mar 2, 2010, 08:44 PM   #11
gerberairis
Beryl
 
gerberairis's Avatar
 
Join Date: Apr 1, 2009
Location: Jakarta, Indonesia
Posts: 1,860
@gerberairis
Default Re: Lamaran

Violett, nah itu gue juga bingung musti jawab apa itu nanti
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
masi ada sebulan si mikirinnya jadi gue menyusun strategi.. Strategi biar gue bisa menahan malu pas ditanya gt.. Udah kebayang deh tu makeup gue bakal luntur seluntur2nya secara gue orgnya keringetan banget *mengingatkan diri sendiri harus sweatproof makeupnya*
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
kenapa ya ga orgtuan aja yg jawab.. Kan jadi kita ga usah bingung mau jawab apa hahaha trus ada contoh2 jawab gitu ga ya? Lo jawab kaya gimana dulu say?
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
berbagi ilmu critanya
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.

Posted via mobile Device
gerberairis is offline   Quote
Mar 3, 2010, 12:05 PM   #12
violettavanilla
 
violettavanilla's Avatar
 
Join Date: Dec 8, 2009
Location: Jakarta
Posts: 928
Default Re: Lamaran

hahaha iya gerber latian dulu di depan kaca ya biar bisa senyum2 dikulum gitu
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.


emang mustinya yang jawab orangtua lho. soalnya gw mendengar cerita2 kalo jaman dahulu eyang gw yang jawab pas nyokap dilamar. ih makanya gw gondok banget kenapa pula gw yang ditanya
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.


kalo dulu gw rada dikerjaan sama si pakde itu. ditanya "apakah bersedia dilamar nak anu" yang gw jawab dengan senyum2 tertunduk (maksudnya sok2an manis gadis jawa gitu lhoo) "bersedia". lah ditanya lagi sama si pakde "tresno ga sama mas anu". hiiih rasanya pengen gw jitak deh botaknya si pakde
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.


intinya proses lamaran ini bikin gw berubah kepribadian dari preman abis menjadi gadis jawa nan santun
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.


dan ingat! jawabnya ga boleh keburu napsu biar keliatan agak sedikit jual mahal
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
violettavanilla is offline   Quote
Mar 3, 2010, 12:22 PM   #13
nadalicious
Emerald
 
nadalicious's Avatar
 
Join Date: Jan 14, 2009
Location: middle east jakarta
Posts: 750
Default Re: Lamaran

huahahahaha numpang ketawa aja gapapa ya ga kuat sm postingannya violetta
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
nadalicious is offline   Quote
Mar 3, 2010, 12:32 PM   #14
be.aquamarine
Beryl
 
Join Date: Dec 12, 2009
Location: Tangerang Ujung, Jakarta pun Pinggiran
Posts: 1,145
Default Re: Lamaran

btw nanya donk ...
bedanya thread ini sm seserahan apaan y?
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.

apa seserahan dan lamaran itu emg hrsnya terpisah?
lamaran dolo, br seserahan.

violettavanilla

jadi ngakak pas ngebayanginnya.
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
be.aquamarine is offline   Quote
Mar 3, 2010, 01:05 PM   #15
gerberairis
Beryl
 
gerberairis's Avatar
 
Join Date: Apr 1, 2009
Location: Jakarta, Indonesia
Posts: 1,860
@gerberairis
Default Re: Lamaran

seserahan kan barang yg dikasih..
lamaran itu prosesi.. semacam pertunangan atau ppengikat atau menanyakan atau pengenalan keluarga..

kalo masalah kapan dan urutannya itu si bebas tergantung masing2 keluarga.. bsia disatuin bisa dipisah..

violettavanilla nah itu susah.. pura2 jual mahal sambil senyum2 dikulum.. lah wong udah pengen nikah toh hahahahaha
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
gerberairis is offline   Quote
Reply Lamaran #femaledaily Share this thread to Twitter Share this thread to Facebook

colspan="2">Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump