NOT A MEMBER?

Set up a profile right now. It's free and takes 30 seconds of your time. We look forward having you as part of our Female Daily Forum community.

REGISTER NOW!

SIGN IN

Forgot Password?

Social Groups Contest Events

Reply
 
Thread Tools
Apr 20, 2008, 10:17 AM   #1
KandangSapiBuntal
 
KandangSapiBuntal's Avatar
 
Join Date: May 28, 2007
Location: Jakarta, Indonesia
Posts: 409
@KSBkuDotCom
Unhappy Pembengkakan Kelenjar Limfa

Bhoo..minta pendapat and info yawh, gue bingung enaknya nanya dimana..Jadi pikir2 buka diskusi di FD dulu..

Ceritanya..

Dalam 3-4 hari belakangan, gue ngrasa ada benjolan di leher sebelah kiri aga ke belakang. Gue pikir otot melungker, mengingat gue emang gampang pegel di daerah leher dan pundak. Gue urut2 ndiri pelan2 kok ga ngaruh, biasana kalo otot stidakna dia jadi lemes dikit. Gue bilang nYokap, dia aga2 panik and pushy nyuruh ke dokter.

Besokannya gue ketemu teMen, gue bilang ttg benjolan ini. Dia bilang, itu kelenjar..dia pernah kaya gitu juga and dibiarin juga lama2 hilang. Denger itu gue tenang, soalna gue ga ada keluhan lain juga. Cuman ini benjolan kalo diteken sakitnya kaya bekas memar diteken aja. Tapi hari itu juga gue putuskan periksa di RSPI.

Di dokter internis, dia bilang emang itu kelenjar tapi penyebabnya apa ngga bisa ketahuan. Gue diminta cek darah and rontgen paru2. Dari hasil keduanya bagus semua, kecuali di salah satu bagian tes darah ada yang angkanya tinggi and kata dokter menandakan ada infeksi kronis *disini gue mikir kok bahasanya terkesan udah gawat gitu* And dsuruh dibiopsi aka dibedah. Gue dirujuk ke dokter bedah.

Di dokter bedah, dengan santainya si dokter megang benjolan gue sekilas and bilang, 'yaudah, diambil aja!' Gue bengong, orang gue ke dokter bedah berharap ada penjelasan lebih detail tapi kok malah langsung endingnya doank musti dibiopsi. Dokter bedahnya bilang kita ga bisa tahu penyebabnya apa kalau jaringanna belum diambil and dibawa ke lab untuk diperiksa. Dari sana setelah tahu penyebabnya baru diambil tindakan penyembuhan.

Nah, disini gue makin mikir..masa sih ngga ketahuan penyebabnya selain langsung diambil jaringannya *bedah di leher gitu lhoo..buset deh.. >.<*, apa ngga ada alat lain yang lebih cenggi gitu yang bisa ngdeteksi, misalnya diUSG kek, apa kek..Soalna dari dokter internis juga dia ngarahin gue untuk biopsi, ngga ngasi jalan siapa tahu ada pemeriksaan lain yang musti dijalanin.

Gue mo cari 2nd, 3rd, 4th opinion juga aga2 bingung mo kemana soalna belum ada yang ngalamin kasus serupa di kuarga gue. Mungkin ada temen2 yang tahu info2 seputar ini? Tolong dshare yah..Senen besok gue mo konsul ke RS PELNI, and dari dokter situ baru mikir lagi mo kMana..

Gue aga dilema sih, mo dibiarin dulu ntar malah bener harus ditindak serius..mo langsung ngikut dibiopsi, ntar malah ada jalan laen yang lebih sederhana.. >.<

Regards,
Okky.
__________________
Enjoying life!
KandangSapiBuntal is offline   Quote
Apr 20, 2008, 10:59 AM   #2
simply_mee
Beryl
 
simply_mee's Avatar
 
Join Date: Oct 24, 2007
Location: Kota Pahlawan
Posts: 1,099
@indiradewi
Default Re: Pembengkakan Kelenjar Limfa

booo.... serem banged Ky. itu benjolannya pindah2 ga?? kalo dipegang, geser kiri depan belakang gitu ga?

soalnya aku juga ada, tp di leher sebelah kanan. dan aku biarin aja. aku takut kalo musti ke dokter
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.


lagian kadang suka ilang sendiri, tp muncul juga sih kadang2. naaa, masalahnya pas muncul gitu, badanku langsung panas... ga banged sih, cuman demam ajah palingan.

*aku ngga mbantu ya??*
__________________

To view links or images in signatures your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
simply_mee is offline   Quote
Apr 20, 2008, 02:59 PM   #3
maplecyrup
 
maplecyrup's Avatar
 
Join Date: Sep 9, 2007
Location: stinky tofu paradise
Posts: 306
Default Re: Pembengkakan Kelenjar Limfa

sekadar sharing aja yah, kelenjar limpa gua juga lumayan sering bengkak kok. kadang ada kadang ilang gitu sih. kalo lagi benjol memang sakit banget kalo diteken, ga diteken pun ada perasaan ga enak.

biasanya kelenjar limpa gua itu di belakang telinga dan yang paling sering di belakang telinga kiri (letaknya di balik daun telinga), tapi pernah juga pas gua mau cacar, dia timbul di tengkuk gua, agak naik sedikit (daerah yang banyak anak rambutnya itu loh), gede n sakit banget.

dolo pertama2 timbul benjolan ini gua biarin aja, karena dia bisa ilang dengan sendirinya, tp kok lama2 makin ga enak, akirnya gua liat sinshe, dia pegang n dia bilang ooo ini pembengkakan kelenjar limpa, trus dikasi obat2an cina, dan setelah minum sembuh.

tapi ga lama sering muncul lg, gua nanya ke dokter kali ini, dia blg ini limpa juga, tapi dia ga blg berbahaya, dia pegang2 leher gua di bagian lain, ga ada benjolan n gada yang sakit. ya udah akirnya gua tenang2 aja dong. toh biasa jg ilang dengan sendirinya.

trus trakhir kali gua mau kena cacar, limpa gua bengkak lg, cuma kali ini tempatnya beda dari biasanya, letaknya di tengkuk, seperti yg uda gua sebutin di atas. trus lebih besar n lebih sakit. nah waktu itu gua belum tau kalo gua cacar, baru ga enak badan doang dan bintik2nya blum keluar.

dokter itu nanya gua, kalo2 gua ada flu ato sakit apa. gua bilang ga ada, trus dia binun dong, lalu dia jelasin kalo pembengkakan kelenjar limpa itu adalah salah satu bentuk dari pertahanan tubuh terhadap penyakit. jadi kalo pertahanan tubuh lo mulai lemah, kelenjar ini akan membesar, seperti layaknya amandel jg bgitu.

trus dia bilang lg kalo misal dalam seminggu-2 minggu ga ilang2 gua harus priksa ke RS. ternyata besokannya gua uda mulai cacar, dan setelah beberapa hari, kelenjarnya mulai kempes.

jadi mungkin aja kondisi badan lo yang sekarang ga gitu fit, makanya kelenjar lo bs membengkak.

kalo gua sendiri ga begitu percaya sama dokter indo yah, mereka sedikit2 kan operasi, angkat! biar duitnya banyak...kadang aja ibu hamil bisa lahirin normal disuruh caesar. ada baiknya lo minta 2nd opinion dolo, kan kalo bisa disembuhin, lebih baik disembuhin daripada dioperasi, regardless of sekecil apapun jenis operasi itu.

jangan terlalu kuatir yah kandangsapibuntal, smoga everything goes well for you
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
__________________
"I should've never let you, let me go..."=Rufus Humphrey=
maplecyrup is offline   Quote
Apr 20, 2008, 03:09 PM   #4
tikamicizia04
Emerald
 
tikamicizia04's Avatar
 
Join Date: Oct 6, 2007
Location: Indonesia
Posts: 562
Default Re: Pembengkakan Kelenjar Limfa

gw juga pernah kyk gitu, emang serem si, cuman kt tante gw yg dokter dibiarin aja jangan dipegang2 nanti malah makin memicu. itu kyknya muncul klo sistem imun kita lg bekerja bgt de *misalnya lg sakit, infeksi, gt2.. klo gw alhamdulillah udah ilang kok.. cuman temen gw juga ada yg g ilang2 ga tau knapa akhirnya ke pengobatan alternatif bisa ilang *abisnya waktu itu udah berobat k dokter g sembuh2..
tikamicizia04 is offline   Quote
Apr 20, 2008, 03:21 PM   #5
KandangSapiBuntal
 
KandangSapiBuntal's Avatar
 
Join Date: May 28, 2007
Location: Jakarta, Indonesia
Posts: 409
@KSBkuDotCom
Default Re: Pembengkakan Kelenjar Limfa

Quote:
booo.... serem banged Ky. itu benjolannya pindah2 ga?? kalo dipegang, geser kiri depan belakang gitu ga?
lagian kadang suka ilang sendiri, tp muncul juga sih kadang2. naaa, masalahnya pas muncul gitu, badanku langsung panas... ga banged sih, cuman demam ajah palingan.
Ga geser, bhooo..di situ2 aja, kata dokter internis, ada dua benjolan..yang satu besar, yang ini kerasa banget..yang satu kecil kaya kacang katanya, tapi yang ini gue ga berhasil raba2..Nahh, temen gue ada yang bilang katanya kalo bener pembengkakan kelenjar limfa suka demam2 meriang gitu..sdgkan gue sehat walafiat pecicilan sana/i..gue kan jadi ragu bener ga nih diagnosanya..

Gue emang kalo napa2 larinya ke RSPI, tapi udah ada beberapa kasus kalo kadang RSPI suka salah diagnosa..
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
__________________
Enjoying life!
KandangSapiBuntal is offline   Quote
Apr 20, 2008, 03:26 PM   #6
KandangSapiBuntal
 
KandangSapiBuntal's Avatar
 
Join Date: May 28, 2007
Location: Jakarta, Indonesia
Posts: 409
@KSBkuDotCom
Default Re: Pembengkakan Kelenjar Limfa

Quote:
jadi mungkin aja kondisi badan lo yang sekarang ga gitu fit, makanya kelenjar lo bs membengkak.
Nahhh...Nahhh...pendapat kaya gini nih yang bikin gue jadi makin mikirrr..itu dokter beneran pa kaga..Btw, kira2 nih..pas lo ngrasa dia membengkak and trus ilang berapa lama ya? Soalna nyokap gue nyap2, musti diurus secepatna..cek ini, cek itu..sapa tahu gue bisa minta dia juga calm down and lihat perkembangan beberapa hari ini.. >.<
__________________
Enjoying life!

Last edited by KandangSapiBuntal; Apr 20, 2008 at 03:29 PM.
KandangSapiBuntal is offline   Quote
Apr 20, 2008, 03:27 PM   #7
KandangSapiBuntal
 
KandangSapiBuntal's Avatar
 
Join Date: May 28, 2007
Location: Jakarta, Indonesia
Posts: 409
@KSBkuDotCom
Default Re: Pembengkakan Kelenjar Limfa

Quote:
gw juga pernah kyk gitu, emang serem si, cuman kt tante gw yg dokter dibiarin aja jangan dipegang2 nanti malah makin memicu. itu kyknya muncul klo sistem imun kita lg bekerja bgt de *misalnya lg sakit, infeksi, gt2.. klo gw alhamdulillah udah ilang kok.. cuman temen gw juga ada yg g ilang2 ga tau knapa akhirnya ke pengobatan alternatif bisa ilang *abisnya waktu itu udah berobat k dokter g sembuh2..
pengobatan alternatifnya dmana, bho? jadi yaa..kata si dokter itu, penyebabnya mgkn ada infeksi, ntah dmana tapinya ga ktahuan..and kalo mo ktahuan disembuhinna gmana musti diambil dulu jaringanna..nah, ini kan namanya loncat kodok, kok ngambil langkahnya kaya majuuuuuu dulu baru mundur ke belakang nyari penyebabnya..
__________________
Enjoying life!
KandangSapiBuntal is offline   Quote
Apr 20, 2008, 03:30 PM   #8
maplecyrup
 
maplecyrup's Avatar
 
Join Date: Sep 9, 2007
Location: stinky tofu paradise
Posts: 306
Default Re: Pembengkakan Kelenjar Limfa

gua punya yah? bs lama terkadang, mgkn sampe sebulan, tapi gua biarin, toh gua pikir tar jg ilang sendiri. ga harus demam ato meriang, panas dalem juga bs nyebabin ini kok (at least di gua sih ya)
__________________
"I should've never let you, let me go..."=Rufus Humphrey=
maplecyrup is offline   Quote
Apr 20, 2008, 03:47 PM   #9
tikamicizia04
Emerald
 
tikamicizia04's Avatar
 
Join Date: Oct 6, 2007
Location: Indonesia
Posts: 562
Default Re: Pembengkakan Kelenjar Limfa

di cengkareng klo g salah, manjur jg tu ada yg kena tumor2 gt di rahimnya bisa ilang juga *klo kyk gini percaya g percaya yaa... klo gw dulu ga gt keras dan bisa gerak2 gt.. gw lumayan lama juga tu ilangnya.. eh g ada bungajeruk yah? dia kan dokter tuu.. *berharap konsultasi gratis,,

Last edited by tikamicizia04; Apr 20, 2008 at 11:46 PM.
tikamicizia04 is offline   Quote
Apr 20, 2008, 10:39 PM   #10
simply_mee
Beryl
 
simply_mee's Avatar
 
Join Date: Oct 24, 2007
Location: Kota Pahlawan
Posts: 1,099
@indiradewi
Default Re: Pembengkakan Kelenjar Limfa

Quote:
Btw, kira2 nih..pas lo ngrasa dia membengkak and trus ilang berapa lama ya?
dua mingguan lah..... masi normal ngga tu??
__________________

To view links or images in signatures your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
simply_mee is offline   Quote
Apr 20, 2008, 11:46 PM   #11
maplecyrup
 
maplecyrup's Avatar
 
Join Date: Sep 9, 2007
Location: stinky tofu paradise
Posts: 306
Default Re: Pembengkakan Kelenjar Limfa

Quote:

Di dokter internis, dia bilang emang itu kelenjar tapi penyebabnya apa ngga bisa ketahuan. Gue diminta cek darah and rontgen paru2. Dari hasil keduanya bagus semua, kecuali di salah satu bagian tes darah ada yang angkanya tinggi and kata dokter menandakan ada infeksi kronis *disini gue mikir kok bahasanya terkesan udah gawat gitu* And dsuruh dibiopsi aka dibedah. Gue dirujuk ke dokter bedah.
sel darah putih bukan yang meningkat jumlahnya? soalnya kalo tubuh kt lg kena infeksi mmg sel darah putih bisa meningkat jumlahnya. gua dolo jg pernah demam tinggi naek turun ga keruan, uda tes darah berkali2, tes urine n sampe uji bakteri tetep ga ketauan sakit apa...

tapi katanya peningkatan sel darah putih saat tubuh ada infeksi itu normal
__________________
"I should've never let you, let me go..."=Rufus Humphrey=
maplecyrup is offline   Quote
Apr 20, 2008, 11:49 PM   #12
sucha
Emerald
 
sucha's Avatar
 
Join Date: Feb 7, 2008
Location: Jakarta
Posts: 658
Default Re: Pembengkakan Kelenjar Limfa

Ky, gw pgn share aja yah..
Gw pernah ngalamin kya lo dan temen2 yg laen juga..
waktu itu beberapa kali di leher gw ada kelejar yg bengkak.
Itu jg nemu nya ga sengaja, lg bersih2 leher, tiba2 ada yg sakit2 gaenak gitu, gw kira jerawat, tp kok gede.. pas gw penyet2, kok kya urat2 gitu ya?
yaudah gw tanya nyokap "mah ini apa sih?"
kata nyokap gw "ooh.. dulu juga pernah tuh, tp lama2 ilang.."
akirnya gw ga kawatir donk.. gw diemin aja ternyata bener ilang.
tadinya gw sempet takut.

Untuk kedua kalinya gw dapet benjilan lagi di belakang daun telinga kiri.
gw pikir "yahhhh.. ni benjolan kambuh lg! knp ye?" akirnya gw diemin, ampe lupa, trus ilang..

Ketiga kalinya, benjol lagi!! gw ke dokter deh.. Klinik doang sih, tp katanya itu emang pembengkakak kelenjar.., pas gw lagi ga fit.
Ade gw juga pernah, tp ilang sendiri..

Alhamdulillah, udah ga pernah lagi.,

Nahh., gw ga tau deh tuh dokter knp nyaranin bedah..
Apa mungkin berdasarkan data yang dia liat dari hasil cek darah lo, tu dokter menyarankan di bedah??
Atau karna kondisi lo lagi ga fit, dan katanya juga ada sesuatu yg kliatannya kronis, mungkin dengan di bedah dan dipelajarin kelenjarnya, bisa tau lo sakit apa.
Entahlah juga sih., tp slama ini gw diemin aja tuh klo ada benjolan ( huhuhu tkt kedokter! ).

Biasanya 2 minggu an ilang..
sucha is offline   Quote
Apr 21, 2008, 12:31 AM   #13
nooxie
Gold
 
nooxie's Avatar
 
Join Date: Jan 24, 2008
Location: Jakarta
Posts: 85
@nooxie
Default Re: Pembengkakan Kelenjar Limfa

kandangsapibuntal, menurut gue si kalo mesti ambil tindakan serius gitu, tanya ke dokter yang bener2 lo percaya aja, misalnya sodara/kenalan deket yang kebetulan dokter
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
. kalo nanya ke any dokter si emang agak2 meragukan ya *no offense ni buat yang dokter
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
* cuma takut aja sekarang kan suka ada yang salah diagnosa & yang seremnya itu kalo emang dia malpraktek.. huhu maaf ya kurang membantu..
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
. cepet sembuh yaa..
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
nooxie is offline   Quote
Apr 21, 2008, 01:48 AM   #14
bungajeruk
Topaz
 
bungajeruk's Avatar
 
Join Date: Dec 18, 2007
Location: Beautiful dreams
Posts: 2,783
Default Re: Pembengkakan Kelenjar Limfa

Halo KandangSapiBuntal (bused dah namanya panjang amat..)
Waduh..cerita ttg adanya massa lagi nih ya..
Kalo ada massa (benjolan), ada beberapa yang penting yaitu : 1) lokasi massa, 2) deskripsi massa (ukuran, konsistensi (keras, kenyal, seperti berisi air), permukaan (rata, benjol2), warnanya (sama dgn warna kulit sekitarnya atau tidak), batas massa (berbatas tegas atau batas sulit ditentukan), perlekatannya dgn jaringan sekitar (immobile/tidak bergerak/lengket, atau dpt digerakkan dr jaringan dibawah/sekitarnya) dan nyeri tekan (nyeri atau tidak), 3) progress/perkembangan benjolan (dari kecil sampai segede ini berlangsung berapa lama).

Kalau dari cerita kamu, kamu perempuan, usia dewasa muda (ya gak? Nebak nih
To view links or images in this forum your post count must be 5 or greater. You currently have 0 posts.
), keluhan utama benjolan 3-4 hari, lokasi di belakang leher, sedikit nyeri tekan, dan benjolan tidak bergeser, dan tanpa keluhan lainnya (ga da sakit pilek,demam atau yg lain kan?)…sebenernya kurang lengkap yah, kalo aku mesti komentar. Maunya sih aku liat dan pegang hihi..tapi secara itu tidak dimungkinkan…maka bisa gak kamu deskripsikan massa kamu lebih lanjut ?

Kalo menurut aku sih tindakan kamu sudah tepat, yakni pergi ke dokter. Benjolan, APAPUN ITU, DI MANAPUN ITU, sebaiknya kita konsultasikan ke dokter. Kenapa ? Karena benjolan itu bisa merupakan tanda apa saja, mulai dari yang tidak mengancam nyawa (infeksi, pembesaran kelenjar getah bening (KGB), hernia (usus turun), dll) sampai yang mengancam nyawa (kanker, invaginasi usus pada anak, dll).

Baiklah, kita mulai dari dokter internis. Setelah memeriksa, diagnosa sementara beliau adalah pembengkakan kelenjar getah bening (KGB), dan hal ini masuk akal, mengingat lokasi (di daerah leher sangat banyak kelenjar getah bening), dan mungkin pemeriksaan fisik yang beliau lakukan (aku bilang MUNGKIN karena aku gak ikutan periksa kan?). Lalu dia mengusulkan untuk dilakukan pemeriksaan darah dan rontgen paru2. Okay, stop sampai disitu.
__________________
"Clouds come floating into my life, no longer to carry rain or usher storm, but to add color to my sunset sky" - Rabindranath Tagore
bungajeruk is offline   Quote
Apr 21, 2008, 01:49 AM   #15
bungajeruk
Topaz
 
bungajeruk's Avatar
 
Join Date: Dec 18, 2007
Location: Beautiful dreams
Posts: 2,783
Default Re: Pembengkakan Kelenjar Limfa

Sekarang kita bahas Kelenjar Getah Bening alias KGB duluw yah..KGB (seperti yg sudah disebutkan) adalah salah satu barier pertahanan tubuh kita. KGB itu ada banyak di tubuh kita, dan mereka juga punya pembuluh, namanya pembuluh limfe (bukan limpa ya, itu lain lagi), yang menghubungkan KGB yang satu dgn yang lainnya. KGB ini adalah tempat penyaringan dan pemusnahan kuman. Jadi misalnya kita ada infeksi di kulit dekat telinga, maka kuman dari tempat infeksi tadi DIALIRKAN oleh pembuluh limfe ke KGB TERDEKAT di sekitarnya. Bisa di belakang telinga, depan telinga, dll. Setelah sampai di KGB, kuman tersebut akan dimusnahkan oleh sel darah putih, atau nama medisnya leukosit dan limfosit.

Kalau kumannya dikit, bisa dimusnahkan tanpa banyak cincong (gak ada gejala), tapi kalo kumannya banyak dan butuh banyak usaha untuk memusnahkannya, KGB tersebut MeMBENGKAK, karena utk membasmi kuman bandel tersebut akan diproduksi leukosit dan limfosit yang lebih banyak lagi. Selain bengkak, dapat juga terlihat MERAH (peningkatan aliran pembuluh darah ke arah peradangan, hal ini normal, karena pembuluh darah mengalirkan leukosit dan limfosit juga), dan NYERI saat DITEKAN (karena ada peradangan, kalo ditekan yah pasti nyeri).
__________________
"Clouds come floating into my life, no longer to carry rain or usher storm, but to add color to my sunset sky" - Rabindranath Tagore
bungajeruk is offline   Quote
Reply Pembengkakan Kelenjar Limfa #femaledaily Share this thread to Twitter Share this thread to Facebook

colspan="2">Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump