banner-detik

sponsored post

Skincare & Haircare Wajib Setelah Workout

seo-img-article

Sehabis workout, apa yang biasanya dirasakan? Berkeringat, lepek, kucel, dan pastinya ingin segera bersih-bersih, dong?

Sudah baca artikel resolusi Fit n Fab saya bulan lalu? Kalau sudah, pastinya ngeh dong ya bahwa semenjak akhir bulan lalu, saya dan anak-anak kantor lainnya rutin olahraga kurang lebih seminggu tiga kali. Jenis olahraga yang dilakukan pun mayoritas berbau cardio dan cukup intens, sehingga tubuh pun lebih banyak mengeluarkan keringat dibandingkan sebelum rajin olahraga dulu.

Nah, berhubung pergantian lifestyle ini cukup signifikan, saya juga merasakan perubahan dari cara kerja tubuh. Kadang pori-pori jadi lebih gampang tersumbat (mungkin karena efek keringat berlebih), wajah gampang memerah, dan kulit kepala juga jadi tambah berminyak. Kalau sudah begini, mau nggak mau saya membuat sedikit adjustment pada perawatan kulit dan juga rambut setiap habis workout.

Sheet Mask!

Saat berolahraga, temperatur tubuh kita meningkat dan peredaran darah pun menjadi lancar. Karena itulah kulit wajah jadi gampang sekali memerah, terutama untuk yang punya kulit sensitif seperti saya. Biasanya, sehabis olahraga saya menggunakan soothing sheet mask (aloe vera dan rice adalah ingredients favorit saya untuk sheet mask) untuk mengurangi kemerahan dan menenangkan kulit. Essence yang dingin dari sheet mask juga bisa memberikan relaxing effect yang nyaman pasca ngos-ngosan!

Exfoliate

Supaya kotoran dan sisa keringat nggak menumpuk lama di atas kulit, penting untuk menggunakan skincare yang sifatnya mengangkat sel kulit mati. Biasanya, saya menggunakan exfoliating toner yang mengandung AHA dan diusapkan ke seluruh wajah sampai leher, plus area-area terselubung seperti tengkuk dan belakang telinga. Area-area yang ngumpet ini justru yang harus diperhatikan karena seringkali kotoran menumpuk di sana dan bisa bikin kulit gatal. Plus, rutin eksfoliasi juga membantu kulit terlihat cerah dan pori-pori lebih bersih.

Refreshing shampoo

Nothing beats the feeling of washing your hair after a good workout. Ketika kelas yang saya ikuti cukup berat dan bikin tubuh banjir keringat, otomatis kotoran di kulit kepala pun jadi lebih banyak. Sisa-sisa shampoo, bercampur dengan debu dan keringat kadang bikin kulit kepala gatal. Karena itu, biasanya saya mencari shampoo yang wanginya fresh dengan efek dingin-dingin di kulit kepala. Kalau bisa membersihkan kulit kepala dengan baik, lebih bagus lagi!

LRG_DSC06884Sekarang ini, shampoo favorit saya yang bisa memberikan efek tersebut adalah Wardah Shampoo varian Anti-Hairfall. Ada ginseng dan rosemary yang bisa membantu menguatkan batang rambut, jadi pas banget untuk tipe rambut saya yang tebal, tapi gampang rontok kalau diikat terlalu kencang. Namanya olahraga, pasti rambut jadi sering dikuncir, kan, jadi memang saya butuh shampoo yang bisa menargetkan masalah kerontokan dan menutrisi kulit kepala secara maksimal.

Ada juga varian lain dari Wardah Shampoo yaitu Anti Dandruff (Tea Tree Oil & Peppermint) dan Nutri Shine (Argan Oil & Grapeseed). Varian Anti-Dandruff, selain efektif mengurangi ketombe, juga segar banget dipakai setiap selesai olahraga karena efek dingin yang menyeluruh. Sedangkan Nutri Shine lebih cocok dipakai ketika rambut lagi kering, sering dicatok, dan mulai terlihat agak kasar. Nutri-Shine juga bagus untuk rambut bercabang!

Berhubung saya #teamkeramassetiaphari, gonta-ganti shampoo memang udah jadi kebiasaan. Asalkan shampoo yang dipakai cocok dengan kondisi rambut pada saat itu, saya sih nggak apa-apa banget gonta-ganti. Yang bikin happy, semua masalah rambut bisa terbantu oleh Wardah Shampoo dengan harga yang affordable (Rp28.000,-) dan produk yang mudah dicari di mana-mana.

Ada yang menyesuaikan skincare dan haircare-nya juga setiap selesai olahraga? Share di comments, ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment