banner-detik

beautiful people

Jadi Public Relation Cowok di Clinic, Tangani Banyak Artis

seo-img-article

Ternyata, dunia kecantikan tidak hanya menarik bagi kaum wanita. Saya mengenal sosok pria yang satu ini, sudah lama berkecimpung di beauty clinic. Yuk, kenalan dengan Ronald Setiawan, PR Manager dari Clinique Suisse, Jakarta.

Saya sudah mengenal sosok Ronald Setiawan, Msi ini cukup lama. Dan menurut saya, rintisan kariernya cukup konsisten untuk terus berkecimpung di beauty clinic. Pria muda kelahiran Jakarta, 9 Juli 1988 ini, ternyata punya banyak talenta. Selain jadi  PR & Marketing Manager dari Clinique Suisse, ia juga jadi MC and Penyanyi Rohani.

Ronald PR Clinique Suisse

Ronald sendiri memiliki latar belakang pendidikan yaitu menyelesaikan program S1 Mass Communication STIKOM The London School of Public Relations Jakarta (lulus 2010) dan meraih gelar S2 Marketing Communication STIKOM The London School of Public Relations Jakarta (lulus 2011). Karena ia selalu terlihat ramah, suka guyon nggak heran beberapa teman lalu memanggilnya sebagai Unyu. Dan nama ini pun jadi nama populernya.

Sebelum bekerja sebagai PR di Clinique Suisse, Ronald Unyu pernah kerja dimana saja? 

“Pertama kali saya berkarier di bidang asuransi, lalu pindah ke perbankan. Setelahnya, saya mencoba dunia baru di bidang beauty clinic yaitu di Dermaster dan Crystal Clinic. Dan berlanjut pindah ke Clinique Suisse pada pertengahan 2017 lalu. Dan sekarang saya pun menjadi PR & Marketing Manager di sini.”

Kenapa tertarik untuk bekerja di beauty clinic atau health clinic and wellness semacam ini? 

“Awalnya karena kejenuhan saya di bidang asuransi dan perbankan. Lalu melalui sebuah rekomendasi dari seorang teman yang adalah seorang dokter aesthetic untuk bekerja di bidang beauty dan akhirnya sampai saat ini menjadi sangat enjoy bekerja di bidang ini.”

Ronald PR Clinique Suisse 2

Apa sih serunya atau manfaat yg kamu rasakan bekerja sebagai Public Relations di beauty clinic ? Kamu nggak takut mesti bersaing dengan PR cewek? 

“Serunya antara lain bisa memiliki networking yang luas dan bergengsi contohnya dengan bekerja di bidang ini saya dapat menjalin hubungan dengan artis-artis terkemuka, orang-orang penting dan para sosialita di Jakarta pada umumnya. Selain itu dapat mengaplikasikan ilmu komunikasi yang sudah saya pelajari di bangku perkuliahan waktu lalu dan jam kerja yang fleksibel.”

“Saya nggak merasa takut bersaing dengan PR cewek, karena setiap orang  punya keunikan dan kelebihan masing-masing. Kalau buat saya sangat menyenangkan dan tidak terlalu sulit untuk menjalin dan menjaga komunikasi dengan klien-klien kami yang rata-rata justru adalah perempuan.”

Dibandingkan beauty clinic atau health & wellness clinic lainnya, apa sih kelebihan Clinique Suisse ini? 

“Clinique Suisse berlokasi di pusat kota di gedung perkantoran (Wisma Keiai Jalan Jendral Sudirman Jakarta) strategis dan bergengsi.

Dari menu treatment yang dihadirkan, Clinique Suisse adalah ONE stop Health  and Beauty Clinic yang selalu menghadirkan perawatan yang up  to date dan terlengkap dengan hasil maksimal. Mulai dari Anti Aging, Aesthetic, Health and Surgery treatment.

Untuk anti aging treatment kami bekerjasama dengan La Clinic Singapore. Kemudian Clinique Suisse adalah satu-satunya clinic Hydrocolon (Cuci Usus) dan Coffee Enema (Cuci hati) terbaik di Jakarta. Kini, kami juga jadi klinik pertama di Indonesia yang menghadirkan Blan633 from Korea yaitu White Tanning Studio.”

Clinique Suisse 1

Bisa ceritakan kesibukan kamu sehari-hari di tempat kerja?

“Kesibukan sehari-hari saya bekerja saat ini antara lain: Mengerjakan PR and Marketing Activities pada umumnya seperti me-manage Sosmed (Website, Email, IG), me-lobby dan meng-entertain pasien-pasien VIP, melakukan kerjasama dengan media dan egency, endorsement beberapa artis-artis terkenal, membuat marketing budget, membuat promotion activities, membuat laporan target pencapaian, dan lain-lain.”

Adakah temuan yang menarik selama bekerja di sini?

“Fakta yang menarik yg aku temukan yaitu antrian pasien-pasien konsul, kontrol maupun tindakan operasi di setiap Kamis. What a hectic day hehe. Rata-rata mereka yang datang dengan keluhan yang sama yaitu tidak suka dengan bentuk tubuh yang kegemukan. Pipi chubby, double chin, lengan paha perut yang besar.”

Hampir dari semua pasien kami memang terlihat ambisius. Mau punya bentuk tubuh yang ideal namun ingin instan, tidak sakit dan tetap aman bagi mereka tentunya. Prosedur kami yakni: Pasien berkonsultasi terlebih dahulu, deal harga lalu wajib melakukan serangkaian tes laboratorium terlebih dahulu seperti cek darah, EKG, dan lain-lain. Nanti hasilnya apabila baik dan aman, maka diperbolehkan untuk tindakan. Sebelum tindakan pasien juga wajib puasa dan minum obat-obatan  sesuai resep dokter kami.

Contoh pasien ambisius pengalaman saya di sini ketika ibu ini ingin sekali tindakan sedot lemak perut,setelah melakukan tes lab hasilnya kurang baik. Tapi tetap ngotot mau tindakan sesuai jadwal yang sudah ditentukan bersama. Di sini saya dan team memberikan pengertian bahwa kami sangat mengutamakan keamanan dan kesehatan pasien. Jadi tidak mau ambil risiko apabila hal buruk terjadi.”

Clinique Suisse 3

Apa yang harus diperhatikan dalam memilih beauty clinic atau health & wellness clinic?

“Sebelumnya bisa searching dahulu, melihat review orang-orang di soc-med, membuka website-nya lalu telpon ke clinic yang hendak kita kunjungi. Kemudian, juga bisa minta rekomendasi dari teman-teman yang sudah berpengalaman dalam melakukan perawatan kecantikan maupun kesehatan. Lalu pertimbangkan juga lokasi klinik. Jauh dekatnya lokasi klinik dari rumah kita juga perlu diperhatikan.”

Bagaimana dengan kompetensi para dokter di Clinique Suisse ini. Apa kelebihannya?

“Para dokter di Clinique Suisse merupakan dokter-dokter yang memang handal serta kompeten di bidangnya dan sering mengikuti berbagai pelatihan maupun seminar baik di dalam maupun luar negeri. Untuk bidang aesthetic kami memiliki tigs dokter spesialis (SpKK), untuk treatment anti aging kami memiliki satu dokter  master anti aging (MD), dan untuk surgery kami memiliki dokter spesialis bedah (SpBP) yang sangat berpengalaman di bidang operasi terutama sedot lemak yaitu dr. L Ariawan. Pasien beliau sudah lebih dari enam ribu orang dan kebanyakan adalah public figure tanah air seperti KD, Ashanty, Olla Ramlan, Inul Daratista, Mona Ratuliu, Ivan Gunawan dan masih banyak lagi.”

Clinique Suisse ini sudah buka dimana saja ya?

“Clinique Suisse sudah berdiri sejak 10 tahun lalu. Sampai saat ini kami hanya ada satu, exclusive di Jakarta. Partner kami ada di Singapore bernama La Clinic di Orchard Road.”

Boleh ceritakan tentang rutinitas perawatan kulit dan juga gaya hidup sehat yg sudah kamu praktikkan selama ini?

“Perawatan kulit ala saya yaitu sebulan sekali melakukan PRP treatment dan Mikrodermabrasi agar kulit wajah selalu terlihat cerah, fresh bebas komedo dan jerawat. Untuk kulit tubuh, saya rajin mengonsumsi vitamin dan obat antioksidan yang sangat baik untuk kulit.

Gaya hidup sehat yang saya sudah terapkan yaitu dengan mengurangi makanan yang berlemak, memperbanyak sayuran dan buah segar, tidak merokok ataupun mengkonsumsi alcohol, serta satu atau dua bulan sekali melakukan detox tubuh seperti hydrocolon (cuci usus) untuk kesehatan tubuh kita.”

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment