banner-detik

industry news

Heboh Pengakuan Makeup Bekas Dijual di ULTA

seo-img-article

Kebayang liquid lipstick yang kamu beli ternyata bekas pakai? Bisa jadi ini yang terjadi pada kasus makeup bekas dijual di ULTA.

Yang suka belanja online atau pre order makeup dari AS pasti nggak asing dengan ULTA, toko produk kecantikan yang menjual baik produk-produk brand drugstore maupun high end. Beberapa hari lalu, muncul berita mengejutkan dari mantan beauty assistant ULTA yang mengaku bahwa selama ini, ULTA sering menjual makeup bekas pakai costumer.

Tweet berikut ditulis oleh akun @fatinamxo, yang buka kartu soal pengalamannya saat bekerja di ULTA Janesville, Wisconsin.

ulta-makeup-bekas-1

Berdasarkan tweets lanjutan dari Fatina, yang juga dilengkapi foto, beberapa praktik yang sering diperintahkan oleh para store manager ULTA adalah menjual kembali foundation bekas pakai, eye shadow palette yang sudah dicolek, sampai lip palette dan liquid lipstick (!) bekas. Cotton bud sampai hairdryer adalah beberapa alat yang sering digunakan agar makeup-makeup tadi tampak baru lagi.

“Para manager akan marah kalau sampai ada barang di tempat sampah yang masih terlihat pantas dijual.” tulis Fatina. Yang mengejutkan, tweet Fatina mendapat banyak balasan dari karyawan ULTA di kota lain yang membenarkan “kebijakan” tersebut.

FYI, ULTA memang terkenal sebagai salah satu chain store Amerika dengan return policy yang paling memuaskan. Pembeli yang nggak puas dengan produk yang mereka beli, bisa mengembalikan produk tersebut dan uang kembali 100%, selama barang dikembalikan dengan struk, kemasan lengkap (jika ada box dan sebagainya), dalam jangka waktu maksimal 60 hari sejak pembelian.

ulta-makeup-bekas-2

Sumber

Berbagai tweet tanggapan pun muncul dari masyarakat yang membaca tweet Fatina, dan langsung me-mention akun Twitter ULTA dengan ancaman boikot sampai tuntutan hukum. Di tanggal 14 Januari kemarin, PEOPLE dan Teen Vogue, dua media yang pertama mengangkat kasus ini, menerima tanggapan berikut dari pihak ULTA:

“The health and safety of our guests is a top priority for Ulta Beauty and we take these matters very seriously.  Ulta Beauty’s practices do not allow the resale of any items that have been opened and/or used. The actions described appear to be inconsistent with our practices and we are currently looking into this matter.”

Saya pribadi punya pengalaman membeli makeup langsung dari ULTA, bertahun-tahun lalu, saat pacar saya (sekarang suami) masih tinggal di Amerika dan ULTA jadi salah satu tempat dia membeli barang-barang makeup titipan saya. Seingat saya, ada produk gel eyeliner yang dijual hanya dengan segel selotip, sehingga praktik seperti ini menurut saya ya mungkin banget terjadi.

For once, I’m glad Indonesia doesn’t have such kind return policy, if this news were true :’(

Bagaimana tanggapan kamu?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment