Beautypedia: Peeling Gel Si Eksfoliator Kontroversial

Secara teori, peeling gel memang nggak masuk ke dalam kategori chemical exfoliator maupun physical exfoliator. Apakah benar efektif mengangkat sel kulit mati?

Udah beberapa tahun ini saya pakai peeling gel, alias aqua peeler, sebagai salah satu skincare eksfoliasi saya. Bisa dibilang aqua peel ini cukup kontroversial, karena banyak yang merasakan manfaatnya, namun banyak juga yang meragukan. Secara teori, peeling gel memang nggak masuk ke dalam kategori chemical exfoliator maupun physical exfoliator, kecuali beberapa produk peeling gel yang mengandung enzim buah-buahan.

So how does it exfoliate?

peeling-gel-cure-review-indonesia-1

Beberapa produk peeling gel yang populer adalah Cure Natural Aqua Gel, The Body Shop Liquid Peel, dan Bio-Essence Exfoliating Gel. Cara pakainya adalah digosok pada kulit bersih dalam keadaan kering. Nah, dalam proses ini, biasanya akan muncul “bola-bola” kecil mirip daki pada kulit, yang dipercaya sebagai sel kulit mati yang terangkat.

Sebagai pemakai Cure Natural Aqua Gel yang bahkan sudah repurchase, saya percaya bahwa kulit mati saya memang terangkat. Setidaknya, sedikit sel kulit mati, sebum dan kotoran. Sehabis pemakaian, kulit saya noticeably terlihat lebih cerah, kesat, dan sejujurnya sedikitt perih di sudut-sudut bibir. Bahkan nih, dalam beberapa kesempatan, beruntusan random di kulit saya hilang setelah eksfoliasi dengan Cure Natural Aqua Gel. Gimana saya bisa yakin dengen efek eksfoliasi peeling gel? Saya pernah iseng-iseng mencoba produk ini di punggung tangan saya, dan hasilnya, nggak ada bola-bola mirip daki yang muncul.

peeling-gel-cure-review-indonesia-2

Managing Editor Mommies Daily, Fia, yang merupakan pemakai The Body Shop Liquid Peel, juga memberi testimoni kulitnya terasa lebih bersih, dan bola-bola mirip daki yang muncul semakin sedikit seiring pemakaian. Maybe it’s because her dead skin cells are getting less and less thanks to the peeling gel?

Testimoni bagus lainnya juga bisa kamu baca di review Bio-Essence Exfoliating Gel berikut.

Bagaimanapun juga, keraguan terhadap efektivitas peeling gel memang wajar. Membaca daftar komposisi berbagai produk peeling gel, rasanya lebih dominan kandungan conditioner dan pelembap. Satu teori tentang asal bola-bola daki yang muncul dari Cure Natural Aqua Gel adalah hasil kontak kulit dengan bahan alkyl acrylate crosspolymer. Untuk produk lainnya, saya nggak menemukan kandungan ini. So again, this product is such a mystery!

Menurut saya, efektif atau nggaknya peeling gel dalam mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit dengan mendalam, harus dibuktikan sendiri. Klise sih, tapi yang namanya skincare pasti cocok-cocokkan, jadi nggak bisa hanya bergantung dengan teori. Ya contohnya, saya sendiri, cocok banget pakai peeling gel dan face scrub, saat setiap toner AHA atau BHA yang saya coba hanya bisa membuat purging tanpa perbaikan. Peeling gel yang saya pakai pun  cocok dengan kondisi kulit saya yang sensitif, karena nggak mengandung parfum, mineral oil maupun bahan iritan lain, sehingga bisa jadi alasan hasil positif pemakaian peeling gel  di kulit saya.

Tertarik mencoba peeling gel?