4 Tantangan untuk Badan Lebih Fit di Tahun Baru

Tahun baru, target baru! Kalau kemarin-kemarin saya nggak terlalu antusias menyambut tahun baru, di penghujung 2017 ini saya lagi berusaha mendorong badan lebih fit dengan jaga makan dan rajin olahraga.

Yes, buat yang nggak biasa olahraga (terakhir olahraga rutin hanya saat ekskul di SMA!) kayak saya, punya resolusi olahraga untuk tahun baru sepertinya benar-benar klise. Biasanya hanya semangat di awal, pada akhirnya akan kendor juga. Well, it’s better late than never, banyak yang bilang bahwa supaya resolusi tahun barunya tercapai, kegiatannya harus mulai dilakukan dari akhir tahun sebelumnya.

Dulu saya cuma “ayo-ayo” aja ketika diajak untuk hidup lebih sehat, tanpa ada plan atau aksi nyata yang membuahkan hasil. Untungnya, tahun 2017 ini saya mencoba beberapa hal yang ternyata efeknya berdampak untuk kesehatan. Buat para pemula-hidup-sehat di luar sana, biar nggak ambisius sendirian, yuk kita fit bareng-bareng, mulai dari menerapkan empat hal berikut ini!

1. Kurangi Makanan “Jahat”

Ada begitu banyak makanan “jahat” di dunia ini, pilih aja mana yang mau kamu kurangi. Personally, saya merasa makin jerawatan kalau kebanyakan makan yang manis-manis, jadi saya memutuskan untuk mengurangi gula. Setelah lumayan sukses mendisiplinkan diri untuk diet gula tiga minggu, akhirnya keterusan sampai sekarang. Selain gula, pelan-pelan juga saya mencoba mengurangi nasi, terutama di siang hari. Berasa banget lho, efeknya ketika kita nggak makan siang dengan nasi. Perut jadi nggak gampang begah ataupun ngantuk. Kalau susah mengurangi gula, tentu ada teman-teman lainnya yang bisa dikurangi: dairy, lemak, MSG, dan masih banyak lagi :D

Baca juga: 4 Fakta Menurunkan Berat Badan dari Ahli Nutrisi

IMG_5696

2. Selipkan “Treat Day”

Salah satu yang bikin saya betah diet gula adalah treat day di ujung minggu yang saya pergunakan sebaik-baiknya. Ketika kita harus menolak tawaran es krim, martabak manis, atau bubble tea dari teman-teman kantor, ingat saja bahwa setelah mengontrol makan 5 hari penuh, saat weekend kita bisa reward diri sendiri dengan makanan apapun yang kita mau! Kalau menurut Victoria’s Secret Angel Josephine Skriver, jangan gunakan kata “cheat day” karena konotasinya negatif dan bisa bikin kita merasa bersalah dan pada akhirnya nggak menikmati makanannya.

Baca juga: Masalah Kulit Akibat Ngemil di Malam Hari

3. Cari Waktu Olahraga

Ini buat saya yang paling susah! Semua alasan bisa digunakan, mulai dari ribet, nggak ada waktu, mahal, dan seterusnya. Kalau mau diturutin, pasti ada aja alasannya. Buat yang memang waktunya sempit, ada banyak banget video-video workout di luar sana yang bisa diikuti. Asalkan bisa commit untuk bangun pagi saat weekend untuk exercise ringan 10 – 15 manit, lama-lama habit-nya pasti bisa terbentuk.

Kalau saya, saya merasa lebih semangat olahraga bareng teman dan ada pelatih yang bisa memandu. Salah satu cara supaya rajin olahraga adalah daftar program membership dan ajak teman lain untuk ikutan. Kalau sudah bayar membership fee, nggak bisa males lagi, kan :D

Baca juga: 5 Gerakan Olahraga untuk Meratakan Perut

4. Stop Termakan Tren

Sama seperti skincare, yang namanya pola diet dan jenis workout pun berbeda-beda efeknya bagi setiap orang. Contoh sederhananya, Kak Affi dan Gyanda sukses turun berat badan dengan diet keto, sementara Ochell juga turun berat badan dengan diet yang lebih santai. Beberapa orang bisa lebih fit dengan nge-gym, tapi sebagian orang merasa cukup sehat hanya dengan jogging keliling komplek.

Karena itu, di tahun 2018 ini, tantang diri kamu untuk mencoba berbagai macam pola diet dan olahraga supaya kamu tahu mana yang cocok. At least nggak seperti coba-coba skincare yang berpotensi bikin breakout, coba-coba pola makan dan olahraga baru nggak akan ada ruginya!

So, siapa yang mau nemenin saya ambisius untuk lebih sehat tahun depan?