Perkembangan Brand Lokal 2017

Tahun ini menjadi tahunnya brand lokal Indonesia, baik yang mass ataupun indie brand. Yuk, kita lihat gimana sih perkembangan brand lokal setahun kemarin.

Dua tahun belakangan ini, brand kosmetik lokal semakin naik kepopulerannya. Kalau dulu pilihannya ibarat hanya lima brand makeup, sekarang sudah ada lebih dari 20 brand lokal yang bermunculan. Walaupun sekarang masih fokus di tren liquid lipstick, tapi setidaknya pilihan kita untuk belanja produk lokal sudah semakin banyak.

Baca Juga: Kenapa Brand Lokal di Nomer Duakan

Studio-Tropik-3

Karena brand lokal semakin banyak peminatnya, untuk membelinya pun jauh lebih mudah dibandingkan tahun- tahun sebelumnya. Dulu kan kalau mau beli produk lokal tergolong sulit, karena nggak tersedia di mall- mall besar, dan jarang pula brand lokal yang punya website resmi untuk belanja online. Cuman semenjak  adanya berbagai brand lokal baru yang lebih kekinian, sekarang mau beli apa pun jauh lebih mudah. Pertama, banyak banget brand lokal yang sudah tersedia di mall besar yang ada di Jakarta. Online seller pun sekarang sudah mulai ikutan jualan produk lokal di website mereka. Bahkan sampai ada toko makeup khusus yang menjual produk lokal di Pacific Place, yaitu Lunadorii.

Selain dari kemasan dan kemudahan untuk dibeli, brand lokal pun sudah berkembang banget dari segi formulanya. Contohnya berbagai liquid lipstick yang nyaman dan ringan ketika digunakan. Kualitasnya banyak yang nggak kalah sama brand makeup dari Amerika.

List Makeup Dupes- female daily 2

Nah, yang kurang dari brand lokal Indonesia di mata saya adalahragam produk. Maksudnya, setiap ada brand lokal yang baru muncul, pasti lagi- lagi mengeluarkan produk lipstick. Sebenarnya nggak masalah sih, karena memang lipstick adalah produk makeup yang paling sering dibeli oleh perempuan. Cuman kadang, ngerasa bosen dan pingin banget ada brand lokal yang merilis produk- produk complexion atau produk mata yang lebih beranekaragam.

BLP Eyebrow Definer dan Studio Tropik Priming Water, adalah dua produk lokal yang mnurut saya paling stand out di 2017. Kalau menurut kamu gimana? Apa sih highlight makeup lokal sepanjang 2017?