Beauty Talk: Alice Norin

Simak obrolan saya dengan Alice Norin, mulai dari soal ketergantungan obat dokter, skincare layering, sampai tips jerawat.

Waktu masih sekolah, saya ingat sering nonton Alice Norin memerankan tokoh antagonis di beberapa sinetron. Siapa sangka bertahun-tahun kemudian saya bisa ketemu Alice di acara Luna Maya x Lavie Lash dan duduk bareng ngobrolin makeup dan skincare! Fun fact, meskipun sekarang bisa leluasa mix and match skincare, tapi ternyata Alice pernah melewati fase-fase paling menyebalkan di dunia perawatan kulit: ketergantungan obat dokter!

“Dulu aku nggak bisa banget gonta-ganti skincare kayak sekarang, karena kulitku super sensitif dan gampang iritasi kalau pakai skincare non-dokter. Selain sensitif, kulit aku juga jenisnya oily – kombinasi, dan kadang acne-prone juga.” ujar Alice.

Setelah memasuki usia kehamilan, Alice baru sadar bahwa tipe kulitnya berubah, dari yang tadinya oily – kombinasi lalu sekarang menjadi kombinasi menuju kering.

“Aku bahkan nggak tahu kalau jenis kulit kita bisa berubah!” tambah Alice, “Tapi kondisi kulitku jadi berubah banget semenjak aku stop over-washing. Aku nonton orang di Youtube yang bilang kalau kita jangan sering-sering cuci muka, and I did it. Aku cuci muka cuma malam hari aja, dan hasilnya kulitku jadi nggak sesensitif dulu. Aku jadi bisa coba-coba skincare lain. Jerawat juga jadi jauh berkurang!”

Lihat juga: Cuci Muka Pagi, Perlukah Pakai Cleanser?

Screen Shot 2017-12-03 at 10.11.07 PMinstagram.com/alicenorin

Meskipun pernah merasakan ketergantungan obat dokter, Alice nggak kapok untuk balik lagi ke dokter kulit untuk melakukan beberapa treatment. Peeling, facial, radiofrequency, dan laser adalah beberapa treatment yang rutin ia lakukan dua bulan sekali di Bamed Skincare.

“Senengnya adalah, dokterku di Bamed itu seru banget. Dia ngebolehin aku untuk mix skincare yang dia kasih dan apa yang aku punya di rumah. Biasanya dia akan tanya aku punya pelembap apa, dan kalau memang bisa dipakai barengan sama krim-kriman yang dikasih, aku boleh pakai. It’s a perfect match!

Bicara soal skincare mix and match , Alice mengaku lagi seru-serunya bereksperimen dengan skincare. Perawatan kulitnya bisa dibilang selalu berubah-ubah, sesuai dengan kondisi kulit yang dialami setiap harinya. Saat ditanya tentang produk favorit, jawaban Alice adalah…Screen Shot 2017-12-03 at 10.11.02 PM

“I looove Tatcha!

You guessed that right, she’s hooked on Tatcha Dewy Skin Face Mist. Gara-gara Jeffree Star, katanya :D

Face mist Tatcha itu edan banget,” lanjut Alice, “It’s like putting a moisturizer on your face, while the texture is more of a liquid serum. Kulit kayak jadi rata gitu, aku nggak ngerti kenapa! Nggak lengket dan bener-bener lembap. Aku udah coba face mist lain, kayak Glossier dan Pixi, tapi dua-duanya bikin mukaku agak merah dan perih jadi ujung-ujungnya balik ke Tatcha lagi.”

Produk holy grail Alice lainnya? Leahlani Champagne Serum yang menurut Alice, efeknya lebih nendang kalau dicampur dengan Mermaid Mask-nya. Laneige Water Sleeping Mask juga jadi andalan Alice saat kulitnya mulai terlihat kusam.

“Oh, aku juga pernah nyobain COSRX. Produk favoritku Ultimate Moisturizing Honey Overnight Mask, yang menurutku bisa jadi dupe-nya Laneige Water Sleeping Mask, hahaha.” tambah Alice.

Nggak cuma skincare aja yang melewati beberapa fase, untuk makeup pun Alice pernah mengalami masa-masa insecure dimana ia merasa nggak pede dengan freckles-nya. Kalau saat remaja dulu cuek, justru insecurity tersebut datang bertahun-tahun setelahnya.

“Dulu aku pernah jleb banget baca comment orang di Instagram aku, dia nulis: “Ya ampun, padahal artis, tinggal di kota, masa nggak ada duit sih untuk ngilangin bintik-bintik di muka.” Duh… Mau ngejelasin juga percuma, nggak akan masuk juga karena banyak orang yang nganggep definisi cantik di Asia, terutama Indonesia adalah kulit yang mulus plek-plekan, without any freckles or pigmentation.”

Sekarang, Alice mengaku sudah lebih cuek urusan makeup. Kalau dulu sering pakai foundation tebal, sekarang Alice hanya memakai sunscreen dan concealer aja untuk sehari-hari.

“Concealer andalan aku Maybelline Instant Age Rewind. Malah kadang suka aku pake ke seluruh muka. Aku nggak bisa deh tuh, pakai concealer tebel-tebel kayak orang-orang di Youtube. Pasti sejam aja udah langsung pecah. Nah Maybelline ini bisa awet, nggak cracking, tapi coverage-nya juga bagus.”

So, finding the perfect skincare routine and minimal makeup is Alice Norin’s beauty secret. Go check out Alice’s Youtube channel, where she does tutorials, daily vlog, and product reviews!