banner-detik

essence

Kulit Berminyak, Butuh Pakai Essence?

seo-img-article

Essence adalah salah satu produk terpenting yang ada di rangkaian skincare K-Beauty. Tapi, apakah semua jenis kulit butuh pakai essence?

Pada dasarnya, essence dibutuhkan untuk menambahkan hidrasi. Kalau kamu sudah ngikutin K-Beauty dari dulu, pasti kamu paham banget dengan obsesi orang Korea untuk mempunya kulit yang lembap, kenyal, bahkan terlihat basah. Hidrasi adalah konsep utama K-Beauty routine, karena itu nggak heran bahwa mereka butuh menumpuk beberapa produk untuk mendapatkan kelembapan kulit yang maksimal.

Kembali ke pertanyaan awal, butuhkah kulit berminyak memakai essence? Seperti yang sudah pernah dibahas soal skincare layering, menumpuk skincare untuk menambah hidrasi hanyalah diperlukan kalau kulit kita memang membutuhkannya. Lho, kalau kulit berminyak bukannya udah cukup lembap? Ngapain ditambah hidrasi lagi?

VAN_8511Kulit berminyak boleh mempertimbangkan menambah essence ke dalam skincare routine saat kulit sedang mengalami kondisi khusus seperti dehidrasi atau over-exfoliated. Kalau sebelumnya kamu merasa skincare yang dipakai sudah cukup melembapkan, tentu nggak urgent menambah essence lagi yang takutnya malah memicu kulit menjadi terlalu lembap sehingga mengundang bruntusan. Beda cerita dengan kulit dehidrasi atau over-exfoliated, yang memang butuh extra hydration dan moisture untuk mengembalikan moisture barrier kembali stabil.

Selain menambah hidrasi, essence juga sering digunakan untuk memperbaiki tekstur kulit. COSRX Snail Essence atau Benton Snail Bee Essence misalnya, yang mengandung dua bahan populer di skincare Korea yaitu snail mucin dan bee propolis. Dua bahan ini cukup banyak ditemukan di dalam produk essence dan terbukti ampuh untuk meratakan tekstur kulit (dengan bantuan acid juga tentunya) sekaligus menjaga kelembapannya.

Lalu, essence yang seperti apa yang cocok dipakai di kulit berminyak? Di kulit berminyak, tekstur menjadi salah satu poin utama yang harus diperhatikan. The lighter, the better! Contoh essence yang cair dan ringan di kulit adalah Wardah White Secret Essence, liquid seperti Garnier Sakura White, atau spray seperti Votre Peau Sake Brightening Essence. Hati-hati menggunakan essence yang terlalu lengket untuk menghindari pori-pori tersumbat dan juga jerawat. Pemakaiannya juga diutamakan di malam hari supaya kulit nggak terasa terlalu berminyak saat sedang beraktivitas.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment