Guide Memilih Acid Sesuai Umur

Jenis acid itu banyak banget, mana sih jenis acid yang cocok digunakan untuk kulit 20 hingga 40 tahun?

Beberapa tahun belakangan ini acid menjadi kandungan skincare yang paling populer. Acid sendiri, memiliki fungsi untuk menangani permasalahan kulit seperti, dark spot, jerawat, garis halus, kulit kusam dan masih banyak lagi. Jenisnya pun nggak hanya satu, tapi ada lebih dari lima jenis acid yang sering digunakan dalam produk skincare. Yang paling sering digunakan adalah salicylic, retinoid, hyaluronic, dan glycolic acid. Setiap acid pun memiliki fungsi dan efek yang berbeda. Lalu gimana sih menentukan acid yang tepat digunakan di umur 20 hingga 40 tahun? Berikut guide memilih acid sesuai umur.

salicylic-acid-untuk-Kulit-Acne-Prone-3

 

Acid untuk Remaja
Biasanya di umur 17 hingga awal 20-an, produksi minyak di wajah lagi poll banget. Produksi minyak berlebih ini yang kadang menyumbat pori-pori wajah, dan berujung dengan timbulnya jerawat. Nah, untuk mengatasi permasalahan jerawat ini, penggunaan acid yang tepat adalah salicylic acid atau BHA. Jenis acid ini bisa  larut dalam minyak dan lemak, jadi bisa membersihkan hingga ke dalam penyumbatan pori-pori, dan mengikis sel kulit mati. Kedua kandungan ini juga mengeksfoliasi kulit, namun masih dalam kadar yang mild jadi aman digunakan untuk pemilik kulit sensitif.

Baca Juga: Acid untuk Kulit Lebih Cerah

retinol-skincare-fungsi

Acid untuk 30 dan 40-an
Biasanya permasalahan yang dialami di umur 30 tahun adalah hyperpigmentation, fine lines dan dullness. Jadi untuk mengatasi permasalahan ini, acid yang tepat digunakan adalah retinoic acid atau glycolic acid. Retinoic acid atau Vitamin A, berfungsi untuk meningkatkan proses regenerasi sel kulit, dan mendorong proses pembetukan kolagen terbaru. Retinoic acid sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu, retinol yang biasanya kita temui di produk over the counter, dan tretinoin yang biasanya didapatkan dari resep dokter. Glycolic acid sendiri biasanya terdapat dalam bentuk toner sampai cream yang fungsinya untuk mengangkat sel-sel kulit mati, namun sifatnya lebih melembapkan.

Nah, sebaiknya kamu udah mulai menggunakan kandungan retinol sebelum usia 40, karena kandungan asam ini sampai sekarang dikenal sebagai pencegah kerut yang telah terbukti ampuh. So jangan sampai menunggu usia 40, ya!

Baca Juga: FD Little Notes: Semua Tentang Pelembap

3-Serum-Hyaluronic-Acid-untuk-Menjaga-Kelembapan-dan-Kekenyalan-Kulit-4-side

Ada satu lagi kandungan yang bisa dipakai semua usia yaitu hyaluronic acid. Walau namanya acid, HA ini berbeda dari yang lain karena dia sebenarnya adalah sejenis gula yang terdapat di antara sel kulit kita, yang menjaganya tetap kenyal dan elastis. Memakai produk dengan HA bisa membantu kulit menahan kelembapan dengan lebih baik.