Pencernaan Sehat = Skincare yang Nggak Terduga

Sudah banyak studi yang membuktikan bahwa sistem pencernaan yang terganggu ternyata jadi pemicu berbagai masalah kulit, salah satunya jerawat.

Skincare Youtuber yang lagi hits, Liah Yoo, pernah mengatakan bahwa ketika ada orang yang mengeluh soal masalah kulit ke dirinya, produk skincare adalah hal paling terakhir yang ia tanyakan. Faktor-faktor seperti pola makan, lifestyle, level stress, dan waktu tidur adalah hal-hal yang sebenarnya sangat berhubungan dengan kondisi kulit, tapi sering terabaikan.

Masalah kulit seperti facial redness atau cystic acne berkepanjangan bisa di-trigger oleh saluran cerna yang nggak bekerja maksimal. Berhubung kulit adalah organ terbesar di tubuh kita, adanya masalah internal dari dalam tubuh bisa terlihat dari kulit.

Lihat juga: Makanan Pedas Bikin Jerawat? Ini Kata Dokter

Screen Shot 2017-11-10 at 11.35.42 AMSaluran Cerna dan Kulit

Usus kita mencerna berbagai macam makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Di dalam saluran cerna, ada bakteri baik dan bakteri jahat yang bekerja untuk menerima semua nutrisi dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Nah, masalah terjadi ketika bakteri jahat mendominasi bakteri baik dan nggak mengolah asupan vitamin untuk tubuh. Lebih parah lagi, bakteri jahat ini malah bisa memicu inflamasi yang mengundang jenis cystic acne yang radang dan membengkak.

Lihat juga: Masalah Kulit Akibat Ngemil di Malam Hari

Peran Makanan

Beberapa faktor yang bisa meningkatkan jumlah bakteri buruk di tubuh kita adalah terlalu banyak mengonsumsi processed food, kurang tidur, dan level stress yang tinggi. Cara paling gampang untuk memaksimalakan kinerja saluran cerna adalah mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan warna, seperti sayur-sayuran hijau atau berries. Makanan atau minuman yang difermentasi, seperti yogurt, kefir, atau kombucha juga bisa digunakan untuk memperbaiki sistem pencernaan karena mereka memiliki probiotik (bakteri baik) yang bisa melawan jumlah bakteri jahat pada tubuh.

Lihat juga: Alasan Saya Jadi Rajin Minum Teh Hijau

Merasa sudah mengonsumsi makanan-makanan yang menyehatkan saluran cerna? Jangan lupa untuk menyeimbangkan kesehatan psikologis dengan melakukan hal-hal yang kamu suka. Tips mengurangi stress sudah pernah ditulis oleh Affi di artikel ini, jadi kalau kamu butuh sedikit pick-me-up, make sure to check that out.

Happy guts equals happy skin!