FD Little Notes: Semua Tentang Pelembap Wajah

Bingung dengan jenis-jenis pelembap? Atau lagi nyari rekomendasi pelembap yang cocok untuk kulit kamu? Berikut catatan tentang pelembap paling lengkap!

Masih banyak banget orang yang nggak mau menggunakan pelembap karena terasa lengket, berat dan bikin kulit berminyak. Sayangnya, hal-hal ini terjadi bukan karena salah produknya, tapi karena salah pemilihan jenis pelembap untuk jenis kulit yang dimiliki masing-masing orang. Untuk kulit berminyak jenis pelembap yang bisa digunakan yang bentuknya gel. Untuk kulit kering bisa yang bentuknya cream padat, dan untuk kulit normal bisa menggunakan pelembap seperti essence/ lotion yang tekstunya lebih cair.

Walaupun pelembap bisa menjadi kunci performa kulit yang baik, tapi ada juga beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih pelembap. Untuk kandungan pelembap yang pasti aman dan bisa dinikmati oleh semua jenis kulit adalah hyaluronic acid.

Baca Juga: Pelembap Bikin Kulit Kusam?

Pakai-Pelembap-Bikin

Jenis Pelembap
Pelembap memiliki tiga karakter berbeda dengan fungsi yang berbeda pula. Ketiga karakter ini disebut humektan, emmolient dan occlusive. Humektan berfungsi untuk menarik kandungan air pada wajah agar tidak dehidrasi. Emmolient berfungsi untuk mengisi kekosongan pada sel-sel kulit. Sedangkan occlusive fungsinya untuk mengunci kadar air yang sudah di dalam tubuh supaya tidak menguap, jadi kulit terjaga kelembapannya seharian.

Baca Juga: Beda Moisturizing dan Hydrating

Pelembap untuk Kulit Normal
Bless you! Kulit normal paling mudah untuk dirawat karena level lembap, dan minyak di dalam kulitnya seimbang. Untuk jenisnya sendiri kamu bisa menggunakan essence, emulsion atau lotion untuk menjaga kadar air dan kekenyalan pada kulit.

3 Serum Hyaluronic Acid untuk Kulit Lembap

Hada Labo Gokujyun Premium Hyaluronic Acid Lotion

Pakai-Pelembap-Bikin-2

Pelembap untuk Kulit Berminyak:
Walaupun kulit kamu berminyak, kamu tetap wajib menggunakan pelembap. Justru, dengan menggunakan pelembap setiap hari produksi minyak di wajah kamu bisa lebih terkontrol. Karena kadang, kulit yang memproduksi minyak berlebih bisa jadi tanda kalau kulit kamu dehidrasi, sehingga secara alami tubuh kamu memproduksi minyak berlebih untuk melembapkan kulit. Nah, untuk kamu yang punya kulit berminyak pilihlah pelembap yang teksturnya gel.

Review Pelembap Anti Lengket untuk Kulit Berminyak

Face Oil untuk Kulit Berminyak, Why Not

Kulit Berjerawat Juga Butuh Pelembap

Review Sukin Sensitive Calming Night Cream

Pelembap untuk Kulit Kering 
Untuk kategori kulit kering, jenis pelembap yang digunakan harus yang teksturnya tebal. Apalagi kalau keringnya hingga kulit mengelupas. Bahkan untuk beberapa kasus kulit kering, nggak ada salahnya menggunakan dua jenis pelembap sekaligus untuk extra moisture.

Rekomendasi Lotion NMF dari Dokter Kulit

Hada Labo 3D Gel Penyelamat Kulit Kering dan Sensitif

Buat kamu yang sudah di umur 20 tahun, nggak ada salahnya kalau mulai dari sekarang menggunakan pelembap yang sudah memiliki kandungan anti-aging-nya.