banner-detik

makeup

Makeup Wisuda Sendiri, Why Not?

seo-img-article

Ada yang lagi mempersiapkan wisuda? Berikut beberapa tips dan rekomendasi produk agar kamu bisa makeup wisuda sendiri.

Selamat buat kamu yang sudah selesai dengan urusan skripsi dan yang sebentar lagi mau wisuda! Gimana rasanya sudah selesai dengan kuliah? Pasti excited ya, karena sebentar lagi masuk dunia kerja dan mulai belajar hal-hal baru lagi. Pastinya wisuda menjadi momen yang paling kalian tunggu, karena ini momen kamu merayakan jenjang pendidikan tertinggi setelah SMA.

Nah, gimana persiapan kamu untuk hari H nanti? Kebaya pastinya sudah jadi dong? Kalau makeup gimana? Sendiri, atau booking MUA? Kalau belum booking MUA, kenapa nggak makeup sendiri? Selain lebih praktis, kamu juga bisa menekan budget tuh untuk perayaan wisuda kamu.  So, buat kamu yang pingin nyoba makeup sendiri, nih saya kasih list produk makeup yang harus kamu punya.

Matte-Foundie-1-Product-Shot

Untuk makeup secara keseluruhan sih kamu perlu punya sekitar sebelas produk makeup. Banyak? Ya lumayan, tapi kan memang makeup yang mau dibuat sedikit glamor terlihat berbeda. Item makeup yang kamu perlukan adalah primer, foundation, concealer, blush on, bedak, highlighter, eyeshadow mascara, eyeliner, bulu mata dan lipstik. Sebenarnya nggak perlu sebelas produk juga sih, karena ini bisa dikondisikan dengan keperluan kamu juga. Misalnya, kalau memang kulit kamu nggak banyak acne scar, kamu bisa skip menggunakan concealer. Sedangkan highlighter bisa kamu ambil warna champagne dari eyeshadow palette.

Lalu gimana caranya untuk dapetin makeup wisuda yang flawless?

Foundation
Saat memilih foundation kamu harus tahu dulu jenis kulit dan warna kulit kamu. Kalau sampai salah satu salah, dijamin makeup kamu bakalan kelihatan berantakan dan foundation akan mudah cracking atau lumer. Kalau kulit kering, bisa pilih foundation yang ngasih efek glowing atau dewy. Sedangkan kalau berminyak, cari foundation matte atau oil free.

Rekomendasi Produk : Maybelline Fit Me Matte Poreless, L’Oreal Infalible Pro Matte Foundation atau Wet n Wild Photo Focus.

Powder
Hampir sama dengan foundation tapi ini ditambah dengan hasil akhir yang ingin dicapai. Kalau mau yang lebih kontrol minyak dan memberikan coverage, pilihannya jatuh ke compact powder. Sedangkan hasil natural, pakainya loose powder.

Rekomendasi Produk: Coty Airspun Translucent Loose Powder Extra Coverage, dan  The Body Shop All-in-One Face Base.

Eyeshadow
Untuk ini kamu bisa sesuaikan dengan tema makeup yang mau kamu buat. Kalau mau yang smokey eyes, kamu bisa memilih eyeshadow dengan warna cokelat tua dan dicampur dengan warna hitam. Kalau mau warna yang soft, bisa menggunakan warna cokelat tua dan dicampur dengan warna pink atau warna champagne. Saat menggunakan eyeshadow, jangan lupa campurkan hasil akhir eyeshadow yang matte dan shimmer, supaya mata terlihat lebih berdimensi.

Rekomendasi Produk: ULTIMA II Wonderwear Eye-Posh Color Quad dan Sleek i-Devine Shadow Palette.

Eyeliner dan Mascara
Untuk kedua item ini, carilah produk yang waterproof dan smudgeproof. Biasanya saat wisuda pasti ada momen-momen haru yang bikin kamu menitikkan air mata. So untuk menghindari mata panda, pilih mascara dan eyeliner yang waterproof.

Rekomendasi Produk: Maybelline Magnum Barbie dan Silky Girl Matte Liquid Liner

Bulu Mata
Untuk bulu mata pilih yang bahannya bukan terbuat dari plastik, supaya hasil keseluruhan makeup kamu nggak terlalu kaku. Pemilihan modelnya bisa disesuaikan dengan bentuk mata kamu. Kalau matanya sipit pilih bulu mata yang volume panjangnya berada ditengah.

Rekomendasi Produk: Silver Lash Swan Fake Lash, Lavie Lashes, dan Miniso Fake Lash.

Lipstick
Kalau item yang satu ini rasanya nggak perlu direkomendasikan ya? Pasti kalian punya warna dan brand favorit masing-masing. Intinya sih, kalau mau terlihat fresh, young but ready to conquer the world, pilih warna-warna lipstick yang cokelat, nude, coral or red strawberry.

Untuk tutorial makeup sendiri, kamu bisa lihat dibeberapa video Female Daily, contohnya Natural and Soft Makeup Look by Kiara Leswara. Atau suka yang lebih bold? Kamu bisa lihat step-step tutorial Party Makeup dengan Makeup Halal yang dibawakan oleh Netta. Atau pingin tampil dengan warna eyeshadow burgundy, bisa melihat tutorial yang pernah saya buat yaitu Burgundy Eye Makeup Look.

Selamat mencoba :D.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment