banner-detik

beautypedia

Beautypedia: Squalane Oil, Penyelamat Kulit Sensi dan Kombinasi

seo-img-article

Kulit sensitif bisa terjadi karena dua hal. Faktor genetik, atau sensitif karena kebiasaan. Biarpun begitu, keduanya bisa sama-sama mengambil manfaat dari squalane oil, terutama untuk kulit yang juga kering!

Kulit kering bisa berarti dua hal: kekurangan air ataupun minyak. Kalau kekurangan air, biasanya skincare yang diperlukan pun adalah skincare yang kaya akan kandungan air seperti hyaluronic acid, aloe vera, ataupun cucumber misalnya. Sedangkan kulit kita juga butuh minyak (ingat, yang buruk adalah sebum berlebihan, bukan sebum dalam kondisi normal), dan salah satu bahan skincare yang bisa menyuplai kelembapan dan cenderung aman untuk semua jenis kulit adalah squalane oil.

squalane oil

Untuk ukuran pelembap, squalane oil masuk ke kategori emollient. Karena itu, ia bisa digunakan untuk mengatasi kulit cracking atau mengelupas jika dikombinasikan dengan hydrating products sebelumnya. Jika kulit memiliki jumlah squalane seimbang untuk melembapkan, bersamaan antioksidan dan moisture barrier yang kuat, maka kulit akan menjadi sangat kuat. Apalagi kemampuan squalane untuk melembapkan sekaligus soothing dan melawan bakteri membuat bahan ini merupakan pelembap multi-fungsi yang baik digunakan untuk kulit berjerawat sekalipun. Plus, squalane oil juga nggak memiliki warna ataupun bau sama sekali.

Lihat juga: Apa Bedanya “Moisturizing” dan “Hydrating”?

Karena squalane oil sudah diproduksi secara alami pada kulit kita, resiko iritasi atau reaksi negatif dari squalane oil menjadi sangat rendah. Kemampuannya untuk “meniru” minyak alami kulit membuat ingredient ini cukup aman karena kulit secara otomatis nggak menganggap ingredient ini sebagai bahan asing yang harus diwaspadai. Tapi, seperti semua bahan skincare pada umumnya, tentu kembali lagi ke sensitivitas kulit masing-masing.

Di internet sendiri, review squalane oil masih sangat beragam. Ada ahli yang mengatakan bahwa squalane masih aman digunakan untuk kulit berminyak, tetapi ada juga yang merekomendasikan untuk dijauhi seutuhnya. Produk squalane oil yang paling populer di FD sendiri adalah The Ordinary 100% Plant Derived Squalane Oil dan review-nya juga bermacam-macam. So far, review terbaik squalane oil masih dialami oleh pemilik kulit kering dan kombinasi.

Mau coba squalane oil?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment