banner-detik

haircare

Tips Rambut Bebas Lepek

seo-img-article

Punya permasalahan rambut lepek? Yuk, coba tiga cara mudah untuk menghindari dan mengatasi rambut yang mudah lepek.

Bad hair day untuk kamu seperti apa sih? Kalau saya, bad hair day adalah rambut lepek atau berminyak. Nah, sebelnya saya ini memiliki kulit kepala yang mudah sekali berminyak, jadi baru keramas pun kadang besok sore rambut sudah mulai kempes. Solusi menggunakan dry shampoo nggak akan works di rambut saya ini, malah yang ada rambut akan terlihat semakin lepek dan berminyak.

Lalu gimana cara saya mengatasi rambut yang mudah lepek ini? Cara ampuhnya adalah dengan menggunakan shampoo anti ketombe yang mengandung SLS. Kenapa? Karena shampoo dengan kandungan SLS ini bisa menekan jumlah produksi minyak pada rambut. Jeleknya kalau menggunakan shampo ini secara rutin bisa bikin batang rambut kering.

Tapi tenang aja, ada tiga cara lain yang bisa kamu coba untuk mengatasi rambut lepek ini:

Tips Rambut Bebas Lepek-2

Baca Juga: Penyebab Rambut Berminyak dan Lepek

Less Conditioner
Boleh aja menggunakan conditioner, tapi kalau bisa hanya diaplikasikan pada pangkal rambut saja. Kalau conditioner diaplikasikan pada akar rambut dan nggak dibilas dengan benar, yang terjadi adalah penumpukan di kulit kepala yang bisa bikin rambut cepat lepek dan bau. Kalau memang butuh rambut memberikan nutrisi lebih pada rambut, coba alternatifnya menggunakan leave on conditioner.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Vitamin untuk Rambut Rusak

Rambut Basah
Ini kebiasaan buruk yang sering saya lakukan kalau sudah terlalu lelah, tidur dengan kondisi rambut basah atau setengah kering. Tidur dengan kondisi ini nggak hanya akan bikin rambut kamu lepek di esok harinya, tapi bisa juga bikin rambut cepat berminyak karena lembap. Jadi dibanding tidur dengan kondisi rambut basah, baiknya kamu keringkan dulu dengan menggunakan hair dryer.

Lemon Juice
Biasanya rambut lepek dialami orang-orang yang memiliki kulit kepala berminyak. Jadi untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit kepala, kamu bisa menggunakan lemon juice sebagai scalp treatment. Lemon juice ini dipakai sebelum keramas, dan hanya diaplikasikan pada kulit kepala 15 menit. Atau kamu bisa mencoba menggunakan cuka apel untuk mengurangi produksi minyak berlebih.

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment