Beautypedia: Zinc untuk Jerawat

Selain AHA, BHA. Salicylic Acid, Benzoyl Peroxide, ternyata Zinc bisa juga membantu meredakan permasalahan jerawat.

AHA, BHA, Salicylic Acid dan Benzoyl Peroxide adalah kandungan skincare yang paling terkenal untuk meredakan dan mencegah jerawat. Tapi ternyata ada satu kandungan atau zat yang bisa menjadi satu kunci jawaban untuk permasalahan jerawat, yang nggak kalah ampuh dari bahan-bahan di atas. Yes, namanya adalah zinc atau seng. Kira-kira apa sih Zinc itu? Lalu skincare apa saja yang mengandung Zinc? Daripada tambah penasaran, langsung aja saya jelasin satu persatu mengenai kandungan ini.

Zinc atau seng adalah mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan replika sel. Selain itu, zinc juga berperan untuk kekebalan tubuh, mematikan virus atau bakteri jahat yang ada di dalam tubuh dan menyeimbangkan hormon. Sebenarnnya secara alami di dalam tubuh kita sudah ada kandungan zinc ini, tapi sayangnya jumlah zinc harus di maintain setiap harinya agar bekerja dengan baik.

zinc-jerawat

Lalu apa sih yang bikin zinc ampuh atau lebih baik untuk mengatasi jerawat?
Sebenarnya bukan lebih ampuh atau lebih baik, tapi lebih kepada wajib dicoba, apalagi kalau kamu punya permasalahan jerawat hormonal. Biasanya yang mengalami jerawat hormonal, adalah orang-orang yang kekurangan asupan zinc di dalam tubuhnya. Makanya di beberapa kasus jerawat, setelah mengkonsumsi atau menggunakan skincare yang ada zinc, kulit langsung terlihat perubahannya.

Apa saja tanda-tanda kekurangan zinc?
Bisa jadi kamu kekurangan zinc kalau mengalami kulit kering, sering sakit, cepat lelah, rambut rontok, jerawat dan bintik putih pada kuku.

Jadi, kandungan zinc hanya berfungsi untuk jerawat hormonal?
Nggak juga. Zinc sendiri memiliki banyak fungsi yang bisa menenangkan dan mencegah jerawat untuk timbul lagi. Zinc bekerja untuk menyeimbangkan hormon, mematikan bakteri yang di mana ini adalah salah satu sumber utama jerawat muncul, dan sebagai anti inflamasi dan menangkal radikal bebas. So technically, zinc bisa menjadi opsi tambahan kamu untuk melawan jerawat.

p_550x550-side

Dari research yang saya temukan sebenarnya zinc akan lebih efektif kerjanya kalau dikonsumsi. Dan untuk mendapatkan asupan zinc tergolong mudah, karena bisa kamu dapatkan di daging merah, kacang, kefir, jamur dan juga ayam. Nggak hanya dari makanan, untuk membantu meredakan peradangan dan kemerahan pada jerawat atau luka kamu juga bisa menggunakan zinc secara topikal yang berbentuk cream atau pun face mist.