banner-detik

uncategorized

Penyebab Timbulnya Whiteheads

seo-img-article

Apa sih yang menjadi penyebab timbulnya whiteheads? Kali ini saya akan membahas penyebab dan cara mengatasi whiteheads yang membandel.

Jadi apa sih whitehead itu?

Whitehead adalah pori-pori wajah yang tersumbat karena sel kulit mati dan juga minyak berlebih pada wajah. Kalau penumpukan ini didiamkan dalam jangka waktu yang lama maka akibatnya mucul mata putih yang akhirnya disebut sebagai Whitehead. Kalau ini didiamkan saja dan nggak langsung diobati nanti ujung-ujungnya akan meradang dan menjadi jerawat.

Biasaya whitehead itu munculnya pada area T-zone atau hidung pada remaja. Sedangkan untuk yang sudah berumur di atas 20 tahun, whitehead bisa muncul di area rahang, pipi, dan juga dahi. Pokoknya area di mana produksi minyak berlebih, sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat.

Baca Juga: Rekomendasi Produk CoSRX untuk Kulit Berminyak

Penyebab Timbulnya Whiteheads

Lalu gimana cara mengatasi whitehead?

Sebenarnya whitehead itu masuk dalam kateori jerawat. Tapi masih kategori yang mild, jadi cara mengatasinya juga nggak sulit seperti cystic acne atau hormonal acne. Yang pertama harus kamu lakukan adalah dengan mengontrol jumlah produksi minyak berlebih pada wajah dan eksfoliasi rutin. Untuk hal ini, kamu bisa menggunakan skincare yang mengandung AHA, BHA, Benzoyl peroxide atau seperti Salicylic Acid. Tapi, jangan sampai kulit kamu terlalu kering soalnya kalau kulit terlalu kering juga bisa memicu timbulnya whitehead, dan serangkaian permasalahan kulit lainnya.

Baca Juga: Azelaic Acid Alternatif AHA dan BHA untuk Jerawat

Walaupun mudah mengatasi permasalah whitehead, tapi proses penyembuhannya nggak bisa kilat. Butuh proses setidaknya empat minggu untuk whitehead ini beneran hilang dari wajah. Tapi kalau sudah berbulan-bulan nggak hilang juga, baiknya kamu langsung ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Kalau dulu saya sih, pas ke dokter langsung dipencet whitehead-nya supaya nggak meradang jadi jerawat.

Cara menceggah timbulnya whitehead
Hal pertama adalah dengan rajin membersihkan wajah dan eksfoliasi kulit. Ekfoliasinya kamu bisa menggunakan exfoliating toner atau dengan scrub wajah untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Nah, buat kamu yang menggunakan makeup jangan lupa melakukan double cleansing. Bisa juga dengan kamu mencari produk makeup yang non-comedogenic, yang lebih aman dipakai untuk orang-orang yang memiliki kulit acne prone. 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment