FD Experiment: Pakai Obat Bisul untuk Jerawat!

Ada aja temuan unik netizen untuk mengobati jerawat, salah satunya pakai obat bisul untuk jerawat. Gimana hasilnya?

Entah kenapa, bulan lalu tiba-tiba nongol cystic acne di pipi kiri saya. Jarang banget saya kena jerawat yang tipenya “dalam” kayak gini, bahkan saat menstruasi pun. Wajar dong kalau saya panik, dan langsung cus ke ahli yang paling saya percaya dalam keadaan darurat: netizen dan mesin pencarian Google.

Saya bukannya nggak percaya dengan tips-tips yang udah ditulis FD untuk menangani cystic acne. Well, bahan spot treatment salicylic acid/ benzoyl peroxide nggak cocok di saya. Dikompres pakai SK-II FTE yang suka saya lakukan, kali ini nggak berhasil. Akhirnya, saya tertarik nyoba cara “gila” yang dilakukan beberapa blogger lokal, yaitu pakai spot treatment pakai obat bisul untuk jerawat!

WhatsApp Image 2017-10-12 at 13.37.27 (1)

Obat bisul yang digunakan adalah Ichtyol, yang gampang ditemui di apotik dengan harga sepuluh ribu perak. Salep padat berwarna cokelat-hitam ini punya kandungan bahan aktif Ichtammolum, semacam kandungan garam, yang berfungsi sebagai anti-bakteri. Percaya atau nggak, seperti jerawat, bisul juga hasil dari peradangan yang disebabkan oleh bakteri. Beberapa dokter kulit yang praktik di rumah sakit atau klinik juga suka meresepkan air infus NaCl, yang basically kandungannya garam, untuk mengompres jerawat.

So, saya pun mengikuti aturan pakainya layaknya lagi ngobatin bisul; dioles tipis-tipis di area jerawat, dua sampai tiga kali sehari. Kalau saya sih cuma dua kali aja.

obat-bisul-jerawat-2

Gimana hasilnya?

Review orang-orang yang sudah mencoba sih, memang mengaku efeknya nggak instan, tapi ampuh. Di saya, setelah satu hari pemakaian, jerawat saya langsung nggak nyut-nyutan lagi. Baru setelah hari kedua, jerawat “matang” dan langsung keluar tuh, ujung putihnya. Jadi, jangan mengharapkan jerawat kamu kempes, ya, karena justru cara kerja Ichtyol adalah mengeluarkan isi jerawat.

Obat bisul untuk jerawat ini juga nggak membantu untuk urusan bekas jerawat, so don’t expect too much :D Yang saya suka, selain nggak terasa harsh di kulit, harganya yang murah-meriah juga nggak bikin mikir dua kali untuk dicoba. Hanya memang menurut saya, ini cocok buat kamu saat butuh pertolongan darurat untuk jerawat besar. Kalau jerawat kamu cycstic, penuh satu muka, dan udah bulanan atau bahkan tahunan nggak hilang-hilang, mending langsung konsultasi ke dokter ya.

Baca juga: Kisah Sukses Sembuh Jerawat Tanpa Obat

Tertarik nyobain eksperimen ini?