Pesan 3 MUA Senior Indonesia untuk MUA Pemula

 Nggak mungkin bicara tentang dunia kecantikan dan makeup artist di Indonesia tanpa menyebut nama Irwan Riady, Adi Adrian, dan Marlene Hariman. Buku Face On Point jadi kolaborasi lintas generasi pertama untuk 3 MUA senior ini.

Bertempat di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, hari Senin (9/10) lalu, acara launching buku Face On Point dihadiri oleh ketiga sosok influential ini. Dengan menggunakan koleksi IKAT Indonesia by Didiet Maulana, masing-masing MUA menceritakan tentang perjalanan mereka yang memulai karier yang awalnya hanya dari mulut ke mulut sampai akhirnya bisa sesukses sekarang.

Sebagai yang paling senior, Irwan Riady bercerita tentang bagaimana di tahun 70-80-an, makeup sama sekali belum booming seperti sekarang. Orang-orang masih lebih tertarik ke industri rambut dan pada saat itu semua profesi makeup artist konotasinya lebih untuk “buka salon”.

“Dulu itu karya makeup artist belum dihargai kayak sekarang. Apalagi dulu produk makeup juga belum sebanyak sekarang, warna-warna eyeshadow masih hijau lah, biru lah. Jumlah makeup artist juga masih sedikit banget.” ujar Irwan. Dengan banyaknya jumlah makeup artist pemula yang muncul sekarang ini, buku Face On Point diharapkan bisa menjadi panduan dan referensi makeup artist pemula.

Lihat juga: Kutipan Bermakna dari 4 Makeup Artist Kelas Dunia

TigaMakeupArtist

IMG_9986Menurut Adi Adrian, Face On Point menampilkan karakteristik dari masing-masing MUA. Nggak hanya menampilkan makeup pengantin untuk berbagai macam adat di Indonesia, tetapi juga makeup non-pengantin seperti makeup untuk party ataupun sehari-hari. Proses pembuatan buku Face On Point yang sudah berjalan dari akhir tahun 2016 lalu ini juga turut melibatkan beberapa selebriti “jagoan” para MUA ini sebagai model seperti Andien, Raisa, dan Nagita Slavina.

Tiga MUA senior ini juga sharing soal bagaimana internet dan media sosial sangat membantu profesi makeup artist. Biarpun begitu, masing-masing punya nasihat tersendiri tentang tips sukses MUA, di luar dari popularitas Instagram, photo filter, dan juga jumlah followers. Take notes, ladies!

Lihat juga: Brush Favorit 5 Makeup Artist Jakarta

“Yang terpenting kejujuran. Jangan sampai hasil karya kamu cuma bagus dilihat di foto, tapi aslinya beda. Harus selalu belajar dan tingkatkan skill. Instagram dan teknologi itu memang bisa membantu, tapi ujung-ujungnya tetap seleksi alam, kok.” – Irwan Riady

“Jadi MUA itu yang terpenting bisa pegang janji. Kalau ada satu klien yang nggak seneng sama hasil karya kita, artinya ya akan ada 100 orang lain yang akan tahu. Apalagi kalau kliennya pengantin, hari spesialnya itu kan cuma sekali seumur hidup, jadi setiap ada job, apapun itu kita harus selalu profesional.” – Adi Adrian

“Harus bisa jaga komitmen dan attitude.” – Marlene Hariman

Face On Point sudah bisa didapatkan di Gramedia dengan harga Rp350.000.