Pakai Blush On Ketebalan? Coba 2 Cara Ini

Spons makeup atau stippling brush bisa jadi penyelamat blush on ketebalan. Ini caranya. 

Saya memang kurang suka blush on dengan pigmentasi tinggi. Karena pemakaiannya harus sangat berhati-hati, light handed dan nggak bisa dilakukan dengan teburu-buru. Nggak kayak blush on yang formulanya sheer, yang menurut saya lebih mudah digunakan dan bisa di-layer bila membutuhkan pigmentasi yang lebih.

Tapi saya punya beberapa blush on yang pigmented. Rata-rata blush on yang pigmented tersebut saya beli karena sudah terlanjur jatuh cinta dengan warnanya yang cantik dan unik. Salah satu blush on pigmented yang warnanya saya suka banget adalah Sleek Powder Blush Flamingo. Warna pink flamingo-nya cantik banget, dan sejauh ini saya belum menemui warna serupa pada blush on dari merek lain. Namun sayangnya, formula blush on ini memang sangat pigmented.

Baca juga: Blush On Pigmented Dari Drugstore

Karena pigmentasinya yang tinggi, saya seringkali mengalami “kecelakaan” saat memakai blush on ini. Terkadang blush on yang saya sapukan terlalu tebal, atau ngeblok di satu area dan susah di baurkan sehingga ada bagian pipi saya yang blush on-nya terlalu tebal. Tapi jangan khawatir, untuk mengoreksinya, nggak perlu hapus semua makeup termasuk primer, foundation, dan bedak yang sudah diaplikasikan di bawahnya kok. Karena ada cara lain yang lebih simpel. Berikut caranya:

pigmented-blush (3)

Langkah pertama yang saya lakukan, biasanya adalah mengambil sponge yang tadi saya gunakan untuk mengaplikasikan foundation. Sponge-nya nggak perlu dibersihkan, biarkan saja tetap ada sisa-sisa foundation yang habis kita pakai tadi. Lalu tekan-tekan sponge, seolah kita sedang membaurkan foundation, pada area blush on yang terlalu tebal. Jangan lupa lakukan cara ini juga di daerah perbatasan warna blush on dengan kulit yang tidak diaplikasikan blush on.

Keberhasilan cara ini bergantung pada tingkat kesalahan yang kita buat. Semakin tebal blush on yang kita aplikasikan, tentu semakin susah dikoreksi dengan cara ini. Tapi bila berhasil, cara ini adalah yang hasilnya paling natural. Karena hasilnya blush on bisa lebih tipis, namun keseluruhan riasan tetap terlihat natural dan nggak kehilangan glow-nya.

pigmented-blush (4)

pigmented-blush (5)

Tapi bila cara pertama nggak berhasil, saya masih punya cara yang kedua. Caranya, saya mengambil bedak dengan powder brush, lalu aplikasikan pada area blush on yang perlu dikoreksi. Baurkan terus sampai blush on yang tadi dipakai memudar dan sesuai dengan yang kita mau. Bila dirasa blush on-nya masih kurang tipis, cara ini boleh diulangi lagi.

Baca juga: Tips Membuat Blush On Lebih Tahan Lama

pigmented-blush (2)

Cara yang kedua ini selalu berhasil di saya. Hasilnya warna blush on yang tadinya terlalu tebal, jadi lebih tipis dan terlihat natural. Tapi cara ini menambah lapisan bedak pada riasan saya, dan membuat wajah saya terlihat lebih matte. Jadi selama masih bisa dikoreksi dengan foundation sponge, saya lebih memilih cara yang pertama.

“Cara” terakhir sebenarnya adalah lebih memilih blush yang pigmentasinya sheer, atau untuk mencegah, pakai stippling brush yang akan mengambil lebih sedikit produk.

Ada yang punya cara lain? Atau kamu malah lebih suka blush on yang pigmented dan warnanya terlihat?