3 Tips Pakai Bedak Sebelum Foundation

Sudah tahu hacks memakai bedak sebelum foundation supaya makeup-nya tahan lama? Pasti sudah lah, ya.

Dulu saya sempat ragu mencoba cara ini karena terlalu sering mendengar “larangan” memakai produk krim atau cair di atas bedak. Tapi berhubung waktu itu saya iseng mencoba dalam rangka mau syuting video New Kit On The Block pertama bareng Netta, akhirnya saya coba memakai bedak favorit sepanjang masa, Innisfree No Sebum Mineral Powder sebelum foundation. Nah, karena di kamera hasilnya lumayan oke, akhirnya¬†saya coba berbagai macam do’s and don’ts hack ini, dan berikut tips yang selalu saya ikuti:

Screen Shot 2017-10-09 at 11.16.14 PM

Pastikan Kulit Lembap

Sebelum memakai bedak, pastikan kulit sudah dalam kondisi super lembap. Silakan pakai pelembap kamu sehari-hari, bisa juga tambakan hydrating toner dan essence sebelumnya supaya kulit lebih kenyal. Jangan sampai terlalu “becek” atau lengket, tapi pastikan kulit nggak dalam kondisi kering yang bikin foundation susah diratakan.

Hindari Foundation yang Terlalu Matte

Berhubung bedak yang diaplikasikan di awal sudah membuat lapisan matte tipis di kulit, foundation yang digunakan setelahnya sebisa mungkin jangan bertekstur terlalu padat dan cepat kering di kulit. Dibandingkan menggunakan foundation matte atau semi-matte yang formulanya cukup padat seperti The Body Shop Matte Clay Skin Clearing Foundation atau L’Oreal Infallible Pro-Matte, lebih baik gunakan foundation yang cukup ringan sejenis Maybelline Fit Me Matte & Poreless atau The Ordinary Colours Coverage Foundation.

Jangan Menumpuk Bedak di Jerawat

Setelah selesai memakai foundation, banyak yang memakai setting powder lagi dan ditambahkan di area-area yang membutuhkan. Cuma, berhubung dry patches di sekitar jerawat seringkali lebih terekspos kalau ditumpuk terlalu banyak bedak, saya nggak recommend untuk menumpuk bedak di atasnya, tetapi disemprot ekstra saja dengan setting spray.

Sekarang ini, memakai bedak sebelum foundation hampir jadi kebiasaan saya. Golnya tetap fokus pada tampilan yang lebih smooth dan warna foundation yang nggak memudar, walaupun berminyak sekalipun. So far menurut saya hacks ini cukup ampuh, apalagi untuk foundation yang gampang luntur di beberapa spot bekas jerawat yang justru butuh ketahanan lebih.

Baca juga: 3 Trick Makeup untuk Bekas Jerawat Hitam