banner-detik

acne blemishes

4 Kisah Sukses Sembuh Jerawat Tanpa Obat

seo-img-article

Empat kisah sukses ini membuktikan bahwa nggak ada kasus jerawat yang sama dan tiap orang punya cara berbeda-beda untuk sembuh.

Bagi beberapa orang, berobat ke dokter kulit adalah jalan keluar yang paling efektif untuk mengobati jerawat mereka. Meskipun nggak semua, tetapi beberapa pasien jerawat banyak yang diresepkan obat-obatan seperti antibiotik untuk mengurangi bakteri jerawat ataupun obat jerawat yang terkenal super ampuh tapi cukup ”keras” yaitu accutane.

Nah, mengonsumsi obat-obatan untuk jerawat ini bukan tanpa efek samping, bahkan di beberapa kasus juga masalah jerawatnya hanya terselesaikan secara temporary. Karena itu banyak orang yang memutuskan untuk mencoba jalan lain untuk mengobati jerawatnya. Ada yang mengubah gaya hidup seutuhnya dan ada juga yang merumuskan skincare routine sendiri.

Berikut beberapa contoh kisah mengatasi jerawat tanpa obat keras yang menginspirasi saya.

1. Kali Kushner – Vegan Lifestyle

Lewat akun Instagramnya di @myfacestoryblogger asal Amerika Serikat ini rutin sharing soal cystic acne-nya yang kembali parah semenjak lepas dari accutane. Kali memutuskan untuk menyembuhkan jerawatnya dari dalam, pertama-tama dengan stop mengonsumsi dairy, kafein, dan menjalani plant-based diet. Selain mengeliminasi segala makanan yang berasal dari hewan, Kali juga rutin meminum kombucha (fermentasi teh), dan hanya memakai skincare yang berbahan dasar 100% natural ingredients.

Screen Shot 2017-09-27 at 8.30.38 PM

Kalau kamu merasa pola makan Kali terlalu ekstrim untuk diikuti, coba ikuti dulu tips utamanya yaitu pelan-pelan stop mengonsumsi produk dairy. Seperti yang dikatakan Kali di sini, “If you struggle with cystic acne cut dairy out from your diet TODAY. In a short three months after cutting dairy, my cystic acne reduced by 95% and stayed clear up until this day.”

Lihat juga: Ini Alasan Kulit Berjerawat Harus Kurangi Makan Dessert

2. Jaya Araceli Fugen – 10 Step Korean Skincare

maxresdefaultSource

Sama-sama pejuang cystic acne seperti Kali Kushner, Youtuber asal Manila Jaya Araceli Fugen bisa sembuh dari jerawat karena konsisten menjalankan 10 Step Korean Skincare Routine selama lima bulan. Rincian step beserta produk yang dipakai di skincare routine Jaya terdiri dari: Oil cleanser – water-based cleanser – exfoliator – toner – essence – serum – sheet mask – eye cream – moisturizer – SPF. Produk yang jadi andalan Jaya adalah dua produk dengan lendir siput dari COSRX karena kemampuannya yang bisa memperbaiki tekstur kulit dan juga anti-inflammatory.

Lihat juga: Mulus Karena 10 Step Korean Skincare

3. Liah Yoo – Antioksidan & Oil

liah yoo1My favorite Youtuber! Liah yang punya kulit oily dan acne-prone skin selalu mengingatkan subscribers-nya untuk memperlakukan kulit dengan TLC alias tender loving care. Tips utama dari Liah adalah menyuplai antioksidan sebagai “makanan” kulit dan jangan ragu untuk mencoba face oil, baik untuk spot treatment maupun menyamarkan bekas jerawatnya. Seperti yang dikatakan facialist dari The Body Shop, natural oil memiliki fungsi wound-healing yang sangat baik untuk memperbaiki kulit rusak, dan cara inipun dipilih Liah sebagai gentle approach melawan jerawat. Face oil anti jerawat andalannya? Tamanu oil!

Lihat juga: Cara Orang Korea Atasi Jerawat

4. Brina – Minimal Skincare Routine

brina 1Yes, our ex-intern is included in this hall of fame! Brina pernah menulis rinci soal perjuangannya melawan jerawat dari masa puber hingga akhirnya bisa mengatasi jerawat dengan skincare routine yang disusunnya sendiri. Long story short, Brina berhasil mengontrol jerawatnya dengan minimal skincare routine yang terdiri kurang dari tiga produk dan menghindari skincare dengan bahan aktif tinggi. Mukanya juga semakin mulus setelah memakai The Ordinary Retinol 1%.

Buat yang mau tahu produk apa aja yang dipakai Brina, silakan langsung cek artikelnya: “Ini Cara Saya Bebas dari Jerawat Setelah 9 Tahun”. It’s very inspiring! 🙂

Pernah berhasil mengatasi jerawat tanpa ke dokter juga? Share pengalaman kamu di comments, ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment