Kontroversi Review Negatif Sunday Riley Saturn Mask

 Review Jelek Sunday Riley Saturn Mask menghilang dari Instagram dan web Sephora. Ada apa dengan pencitraan Sunday Riley?

Belum lama ini Sunday Riley merilis Saturn Sulfur Acne Treatment Mask. As someone who’s been struggling with acne for years, saya jadi penasaran dengan masker sulfur ini. Salah satu review  yang bikin saya tergoda untuk beli datang dari Mariah Leonard, one of my trustee beauty Youtubers. Sejak baca review Mariah yang sukses ngobatin jerawat dengan Saturn, saya langsung cari tahu lebih lanjut tentang masker ini.

Di website Sephora US, Sunday Riley Saturn Sulfur Acne Treatment Mask dibanderol $55 untuk 60 ml dan dideskripsikan sebagai “A fast-acting, medicated ten percent sulfur treatment mask that helps fight multiple forms of acne while preventing future breakouts.”  Selain tinggi dengan kandungan sulfur, Saturn juga dilengkapi Niacinamide 4%, Zinc PCA 1%, “highly potent” tea tree oil, bentonite clay, dan Manuka oil. Hampir semua active ingredients yang dipercaya ampuh untuk jerawat ada dalam masker ini. Selain bisa digunakan sebagai wash-off mask, Saturn juga bisa dijadikan overnight treatment untuk jerawat.

Screen Shot 2017-09-20 at 10.46.49 AM

Nggak hanya ingredient list-nya yang “wah”, klaim dari Sunday Riley Saturn juga terkesan too good to be true. Dikutip dari website Sephora US:

“It treats multiple forms of acne, including blocked, congested pores, inflammatory acne, hormonal acne, and acne rosacea. Four percent niacinamide promotes clear skin, while boosting skin’s healthy-looking radiance. Zinc PCA and bentonite clay help to clear impurities, reduce excess oil, and soothe the appearance of surface redness, without over-drying. Highly potent tea tree oil, standardized for high levels of terpinen-4-ol, partnered with manuka oil, purify the skin for a smooth and clear complexion after each use. “

Saya makin tergoda dengan klaimnya untuk treat hormonal acne. Saya baca-baca customer reviews untuk masker ini dan sampai 19 September 2017, di website Sephora ada 72 reviews yang 94% nya memberi rating bintang empat atau lima. Hanya empat reviews yang memberi rating buruk dengan alasan aroma masker ini yang kurang enak. Nggak hanya semakin tertarik dengan 68 review orang yang sukses pakai masker ini, saya juga jadi bertanya-tanya “Masa iya berbagai active ingredients yang potent itu sama sekali nggak ada yang merasakan reaksi negatif?”

Berlanjut cari reviews di YouTube dan blog, ternyata belum banyak yang bahas Sunday Riley Saturn Mask ini. Video dan post yang saya lihat either sponsored atau hanya sekadar first impression. Buat saya first impression untuk produk skincare kurang bisa jadi acuan karena skincare umumnya butuh waktu dan proses untuk terlihat hasilnya, kan? Akhirnya saya cari tahu di sub-forum Reddit Skincare Addiction. Bukan hanya review yang saya temukan, malah orang-orang yang juga bertanya-tanya tentang customer reviews yang hampir sempurna.

Ternyata beberapa Redditor menemukan kalau Sephora menghapus atau nggak menampilkan review-review buruk untuk masker Saturn ini. Beberapa orang yang sudah pakai Saturn mencoba post review dengan rating dua atau tiga, tapi review hilang beberapa saat setelah di-post. Ada Redditor yang berhasil menyimpan screenshot dari beberapa low rated reviews sebelum dihapus Sephora dan ternyata beberapa orang yang pakai masker ini ngalamin chemical burns setelah memakai Saturn sebagai overnight treatment di mana kulitnya jadi memerah, sangat kering, mengelupas, dan terasa panas.

saturnreview

Image: Beauty-Insider via reddit.com

Kenapa Sephora nggak mau menampilkan honest reviews yang sebenarnya justru membantu calon pembeli? Menurut saya meski hanya satu dari 50 orang yang mengalami chemical burns, hal ini tetap bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk calon pembeli. Terlebih chemical burn bukan masalah yang sepele. Redditor dengan username Beauty-Insider juga sudah coba post masalah ini di Instagram dengan men-tag Sephora dan Sunday Riley. Sayangnya, post ini langsung dihapus pihak Instagram.

Nggak hanya lihat dari screenshots itu aja, saya juga memantau sendiri bagian customer reviews dari Saturn di Sephora US. Tanggal 19 September 2017, sekitar jam sepuluh pagi, saya lihat ada satu review dengan rating bintang satu yang baru di-submit. Keluhannya pun sama, customer ini ngalamin chemical burns. Tapi tanggal 22 September, saya cek lagi, tiba-tiba review ini udah hilang.

Lately, honest reviews untuk produk beauty sering dianggap “hate speech” atau penghinaan. Padahal sangat wajar kalau beberapa orang nggak cocok dengan produk beauty, nggak terkecuali produk best seller. Terlebih skincare adalah hal yang personal, kemungkinan reaksinya berbeda di setiap orang ya memang wajar, bukan? Why hide the truth?

Dengan cara meng-handle costumer seperti ini, bukan nggak mungkin Sunday Riley bisa jadi salah satu brand kecantikan kontroversial yang menuai banyak haters.

Mungkin saya akan tetap coba sample size dari Sunday Riley Saturn ini untuk lihat hasilnya di jerawat saya, karena selama ini saya cocok dengan produk Sunday Riley lainnya. Semoga ke depannya honest reviews bisa lebih diapresiasi sebagai bahan referensi dan bukan bentuk penghinaan ya (which sounds very extreme).