3 Tips Foundation Mudah Menempel di Kulit Berminyak

Selain memilih produk yang cocok, menggunakan metode yang tepat juga bisa membantu foundation tahan lebih lama di kulit berminyak.

Kalau kamu sudah punya foundation yang pas, saatnya bereksperimen dengan berbagai cara yang bisa cocok dengan masalah kulit kamu. Take note bahwa jenis kulit berminyak pun berbeda-beda, ada yang cuma terlihat mengilap saja di beberapa area, ada yang minyaknya gampang dikontrol, ada juga yang sampai bikin makeup luntur dalam waktu dua jam saja.

Berikut adalah tips-tips yang bisa kamu lakukan supaya foundation mudah menempel di kulit berminyak.

Powder Before Foundation

Memakai bedak tabur sebelum foundation adalah hack yang lumayan populer di se-antero internet. Ada banyak teori yang mendukung metode ini, salah satunya adalah bedak tabur akan “mengisi” pori-pori dan tekstur kulit sehingga menjadi permukaan yang rata untuk dipakaikan foundation. Teori kedua, foundation juga jadi lebih mudah diratakan karena nggak gampang bergeser akibat kulit yang terlalu oily, apalagi jika teksturnya cukup cair.

Lihat juga: Asal-Usul Beauty Hack Bedak Sebelum Foundation

Bahan-Dasar-Foundation-3

Setting Spray Before & After Makeup

Menggunakan setting spray (bukan primer spray) sebelum makeup terbukti bisa membuat foundation tahan lebih lama di kulit berminyak.

Lihat juga: Tips Agar Foundation Nempel Pada Area T-Zone

Use Mattifying Moisturizing Primer

Mayoritas dari mattifying primer mengandung bahan silikon. Meskipun bisa mengisi pori-pori dan membantu tampilan kulit terlihat lebih halus, tetapi ada beberapa orang yang sensitif terhadap kandungan ini dan rentan iritasi. Selain itu, di beberapa kasus, mattifying primer dengan bahan dasar silikon hanya bisa menahan minyak beberapa saat setelah aplikasi, namun setelah itu foundation tetap terlihat patchy dan kulit jadi tambah berminyak.

Solusinya? Gunakan moisturizing primer, yang walaupun mungkin terasa “berat” tapi ada sedikit skincare benefit untuk menjaga kelembapan sehingga kulit nggak harus over-compensate dengan memproduksi minyak berlebih setelahnya. Metode ini juga digunakan beauty influencer Harumi Sudrajat di video foundation tips-nya.

Lihat juga: FD Little Notes: Semua Tentang Foundation

Apa trik yang biasa kamu lakukan untuk mengakali foundation di kulit berminyak? Share di bawah, ya!