Tips Memilih Foundation Saat Belanja Online

Memilih foundation yang cocok dengan warna kulit adalah hal yang cukup tricky, apalagi kalau belanja online. Gimana cara memilih foundation yang tepat tanpa harus mencobanya terlebih dahulu?

Dari brand luar yang menyediakan international shipping, sampai tren jastip di Instagram yang semakin populer, it’s never been easier to shop today. Belanja online bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, tanpa perlu mengantri saat melakukan pembayaran, berdesakan dengan orang lain saat ada diskon besar, atau takut dipelototin BA-nya saat mencoba tester. It’s a really great option untuk orang yang suka mager seperti saya! smile

Baca juga: Rekomendasi Online Shop Terpercaya di Instagram

Namun, banyak pencinta makeup pasti juga tahu kalau foundation adalah salah satu produk kecantikan yang paling repot untuk dibeli, apalagi kalau produk yang kamu taksir hanya tersedia online. Nah, inilah empat tips yang biasa saya ikuti biar foundation yang dibeli online bisa cocok dengan warna kulit:

Ketahui undertone kulitmu

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan banyak orang (termaksud saya) adalah memilih foundation dengan undertone yang salah. Ternyata, nggak cukup hanya mengetahui kalau kulit kamu putih atau sawo matang lho, undertone foundation juga harus diperhatikan baik-baik. Nggak mau kan, foundation terlihat terlalu pink atau orange di kulit?

undertone hourglass foundationBiasanya, detail tentang undertone foundation sudah diberikan di website. All you have to do is look for it!

Seperti yang sudah pernah dibahas di artikel ini, cara termudah mencari tahu undertone kulit adalah dengan melihat warna urat nadi pada pergelangan tangan. Cool undertone memiliki pembuluh nadi yang terlihat kebiruan, warm undertone memiliki urat yang tampak kehijauan, dan neutral undertone memiliki percampuran warna biru dan hijau.

Research!

Kalau saya sendiri, sebelum memutuskan membeli foundation, pasti rajin melihat reviews dari beauty bloggers/ vloggers yang mempunyai warna kulit yang mirip atau bahkan sama dengan saya. Bukan hanya kecocokan warna, beauty reviews juga biasanya membahas tekstur, hasil akhir, seberapa tahan lama foundation yang dicoba, dan banyak aspek lain yang harus dipertimbangkan sebelum membeli suatu produk. Dengan banyaknya beauty bloggers dan vloggers di Indonesia, saya yakin nggak akan susah untuk mencari salah satu yang bisa dijadikan acuan shade kamu! 

heny harunBeauty vlogger Indonesia yang menjadi acuan shade saya adalah Heny Harun!

Pilih warna yang lebih terang

Dilema memilih antara dua warna? Don’t worry, memilih foundation nggak sebingung memilih pasangan hidup kok lol. Kalau kamu nggak bisa memutuskan antara dua warna foundation yang hampir sama, ingat saja kalau foundation yang lebih terang adalah pilihan yang lebih aman. Foundation yang terang lebih gampang diakali, contohnya dengan dicampur bronzer atau bedak supaya warnanya bisa lebih pas di kulit.

Baca juga: Mengakali Foundation Keputihan, dan 3 Beauty Hacks Lain!

Cek kebijakan pengembalian online shop

Walaupun sudah mengikuti semua tips diatas, sometimes life happens, dan foundation yang kamu beli nggak pasti akan selalu cocok di kulit. Tapi, tidak berarti kamu harus membuang-buang uang untuk membeli foundation yang tidak bisa dipakai sama sekali. Cek kembali kebijakan pengembalian toko untuk melihat jika foundation yang salah bisa diganti, ditukar, atau uang dikembalikan. Saya pribadi lebih suka belanja foundation di online store yang memiliki garansi pengembalian, jadi kalau sampai salah memilih warna, masih bisa diganti atau dikembalikan.

Kalau kamu ada tips lain untuk belanja foundation online, share di kolom komen ya! biggrin