Tips Makeup Andalan & Produk NYX Favorit MUA Roshar

Makeup artist senior Roshar khusus terbang ke Jakarta untuk mengisi acara makeup workshop bersama NYX Cosmetics.

Berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat, Roshar yang spesialisasinya adalah editorial dan character makeup ini ternyata lebih sering traveling dibanding menetap di LA. “Enam bulan dalam setahun, biasanya saya bekerja keliling Asia.” katanya saat saya temui di Hotel JS Luwansa hari Senin (11/9) kemarin, “Besok, saya sudah berangkat lagi ke Taiwan!” katanya.

Sebelum makeup workshop dimulai, saya sempat ngobrol-ngobrol singkat dengan Roshar seputar kariernya sebagai MUA dan pandangannya terhadap industri kecantikan saat ini. Berikut obrolan saya!

NYX_2426Dari mana Roshar biasanya mengambil inspirasi?

“Setiap mengerjakan makeup untuk editorial photoshoot, saya selalu mengambil ide dari wardrobe yang dikenakan dan model atau selebriti yang memakainya. Setelah itu, saya mempelajari fitur wajah mereka dan mencoba mengaplikasikan gaya makeup yang bisa menampilkan keunikan wajah mereka masing-masing. Nggak cuma dari fitur wajah, kadang saya juga mengambil inspirasi dari personality mereka dan bagaimana mereka membawa diri.”

Suka melihat tren yang ada di social media juga?

“Social media memang menyenangkan, terutama untuk yang suka mencari inspirasi untuk makeup sehari-hari dan atau sesekali recreate makeup look orang lain sebagai hobi. Kiblat saya sendiri lebih ke dunia fashion dan apa yang sedang jadi tren di sana, tapi pada akhirnya saya tetap harus bisa mengkomunikasikan tren tersebut lewat social media. Jadi inspirasi saya seimbang, nggak cuma dari satu sisi saja.”

Menurut Roshar, makeup yang perfect itu seperti apa?

“Yang membuat orang bertanya-tanya dan terdiam selama sepuluh detik :D For me, beauty is something that creates mystery. Orang jadi penasaran dengan proses di baliknya. Nggak harus memenuhi standar cantik konvensional, tapi setidaknya membuat orang berpikir bagaimana caranya untuk bisa mencapai hasil seperti itu!”

Ada nggak makeup look yang ingin dibuat tapi belum kesampaian?

“Saya selalu berusaha open dan mencoba hal-hal baru. Itulah tantangan pekerjaan saya, eksperimen di sana-sini tapi tetap menghasilkan karya yang bagus. Berhubung saya juga selalu bekerja dengan tim yang berbeda, setiap harinya. Lagipula, biasanya saya nggak pernah tahu bahwa saya mau membuat sebuah look baru sebelum akhirnya mencoba sendiri.

Saya selalu memberi saran bagi semua orang untuk menemukan sendiri style dan cara mereka ber-makeup. Jangan bergantung pada apa yang orang lain sudah banyak lakukan. Banyaklah bereksperimen, karena tren itu kan awalnya dari eksperimen, jadi siapa tahu justru kamu bisa menciptakan tren baru.”

Momen paling diingat sepanjang karier menjadi MUA?

“Semua momen spesial buat saya. Saya sangat beruntung bisa bekerja dan bertemu dengan berbagai macam orang, mulai dari kru sampai selebriti. Momen paling spesial menurut saya adalah setiap selesai job, saat semua tim berpelukan dan saling ingat nama masing-masing orang. Those moments were always memorable.

Produk NYX terfavorit saat ini?

NYX Total Control Drop Foundation! Formulanya buildable banget, bisa nutup dengan sempurna tanpa membuat kulit terlihat tebal. Bahkan kadang saya nggak butuh concealer lagi, cuma timpa aja foundation ini di area-area yang butuh coverage lebih. Saya juga suka Duo Chromatic Illuminating Powder karena multi-fungsi banget, dipakai sebagai highlighter bisa, eyeshadow bisa, bahkan kadang suka saya “congkel” sedikit dan dicampur ke lip gloss bening untuk jadi warna lipstik metalik!”

Menurut Ochell yang sempat ikut kelas makeup-nya, ada dua tips makeup andalan Roshar: pertama, selalu buka mata saat lagi memakai winged liner supaya garis awalnya benar-benar lurus dan jangan gunakan foundation sampai ke kelopak mata karena pigmen yang bertemu pigmen akan mengubah warna eyeshadow.

Noted, Roshar!