2 Rekomendasi Foundation Semi-Matte untuk Kulit Kering

Dua drugstore foundation ini punya formula yang nyaris sama. Kamu lebih cocok yang mana?

Di antara beberapa foundation saya, saya mendapati kalau ada dua foundation yang rasanya punya formula produk yang mirip. Foundation tersebut adalah Ultima II Wonderwear Stay Last Liquid Makeup dan Wet N Wild Photo Focus Foundation. Dua-duanya sama-sama foundation drugstore, tekstur dan kekentalannya nyaris sama, feel saat dibaurkan ke kulit wajah juga sama, dan sama-sama punya semi-matte finish.

Baca juga: Budget Beauty: Drugstore Foundation Untuk Kulit Kering

wnw vs ultima (2)

Kedua foundation ini merupakan foundation ter-matte yang bisa ditoleransi oleh kulit kering saya. Saya lebih suka foundation dengan dewy finish, tapi dua foundation ini boleh lah sesekali saya pakai. Kalau ada foundation yang punya finish lebih matte dari dua foundation ini, saya rasa sih saya nggak bakalan suka.

Kalau dipakai secara terpisah, saya merasa dua foundation ini formulanya sama. Yang paling terasa bedanya hanya shade atau pilihan warnanya. Ultima II punya neutral undertone, sedangkan Wet N Wild punya pilihan undertone yang lebih beragam, jadi saya bisa memilih yang warm undertone.

wnw vs ultima (1)

Kiri: Ultima II Stay Last Liquid Makeup shade Buff
Kanan: Wet N Wild Photo Focus Foundation shade Golden Beige

Saya nggak menemukan shade yang benar-benar pas untuk kulit saya pada kedua foundation ini. Jadi untuk Ultima II, saya mencampurkan shade Ocher dan Buff. Sedangkan untuk Wet N Wild, saya mencampurkan shade Soft Beige dan Golden Beige. Campuran Wet N Wild warnanya sangat pas untuk kulit saya. Sedangkan Ultima II, walau sudah saya coba dengan perbagai perbandingan, nggak bisa benar-benar masuk ke kulit saya. Itu karena kulit saya memang punya warm undertone, sedangkan Ultima II punya neutral to cool undertone.

Selain pilihan shade-nya, aroma dua foundation ini juga berbeda. Saya nyaris nggak mencium aroma apapun pada foundation Ultima II. Namun pada foundation Wet N Wild, ada aroma kimia yang mungkin bagi sebagian orang terasa mengganggu. Saya sendiri nggak terlalu terganggu dengan aromanya sih.

Baca juga: Review Foundation Wet N Wild Photo Focus yang Lagi Hip

wnw vs ultima (5)

Kalau dijajarkan, sekilas kemasannya hampir mirip. Bentuknya kotak dan terbuat dari kaca. Hanya saja saya jauh lebih suka kemasan Ultima II, karena pada botolnya dilengkapi dengan pump, sehingga memudahkan saya untuk menuang produk tanpa berantakan. Sedangkan kemasan Wet N Wild dilengkapi dengan spatula yang menempel pada bagian tutupnya. Selain kurang higienis, kemasan Wet N Wild ini juga nggak praktis sama sekali, karena saya tetap harus menuangkan produk ke mixing palette terlebih dahulu untuk dicampur.

Tekstur dan kekentalan kedua foundation ini sama. Sama-sama kental, namun masih mudah dibaurkan. Finish-nya juga sama-sama semi matte. Ketika menggunakan foundation ini, saya nggak perlu menggunakan setting powder lagi, karena rasanya wajah saya sudah cukup matte.

Karena saya merasa kedua foundation ini mirip, saya penasaran untuk membandingkan keduanya, dan memakai secara bersamaan.

wnw vs ultima

Saya menggunakan Wet N Wild Photo Focus Foundation pada sisi kiri, dan Ultima II Ultima II Wonderwear Stay Last Liquid Makeup pada sisi kanan. Keduanya saya aplikasikan dengan menggunakan Real Techniques Miracle Complexion Sponge lembap.

Saat pertama kali diaplikasikan, terlihat jelas bahwa Wet N Wild warnanya lebih masuk dengan kulit saya. Sementara area yang saya pakaikan Ultima II, tampak kurang kuning. Kalau diperhatikan dengan lebih seksama, Ultima II memiliki finish yang sedikit lebih matte dari Wet N Wild. Di kulit kering saya, Ultima II ini mempertegas garis halus di bawah mata dan smile lines. Wet N Wild terlihat sedikit lebih dewy dan halus di kulit saya.

Setelah lima jam pemakaian, saya merasa bagian wajah yang saya pakaikan Wet N Wild sedikit menggelap, namun yang saya pakaikan Ultima II masih cerah dan tampak seperti baru diaplikasikan. Bagian wajah saya yang memakai Ultima II juga nggak berminyak sama sekali, sementara area yang pakai Wet N Wild sudah sedikit lebih berminyak.

Secara keseluruhan, kedua foundation ini mirip, namun punya perbedaan tipis. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Untuk ketahanan dan finish-nya, kalau tipe kulitmu berminyak, saya yakin kamu akan lebih memilih Ultima II Wonderwear Stay Last Liquid Makeup yang lebih matte, tahan lama, dan nggak oxidise. Tapi kalau jenis kulitmu kering seperti saya, Wet N Wild Photo Focus Foundation akan terlihat lebih natural dan nggak mempertegas garis-garis halus pada wajah.