Boleh Nggak Sih Keramas Setiap Hari?

Banyak perempuan Indonesia yang merasa harus cuci rambut tiap hari. Sebenarnya, keramas setiap hari itu bagus atau nggak sih?

Tinggal di Indonesia (apalagi Jakarta!), rasanya logis untuk punya pikiran bahwa harus keramas setiap hari. Karena panas, kita memang jadi lebih gampang berkeringat, dan rambut jadi cepat lepek. Apalagi kalau kamu termasuk sista-sista pengguna ojek online setiap hari. Rasanya mandi keramas di penghujung hari memang segar banget, tapi keramas setiap hari sebenarnya bagus nggak sih untuk rambut kita?

sisir-tammiaInsting keramas setiap hari kamu nggak salah kok. Keramas kan tujuannya memang membersihkan kulit kepala dari tumpukan kulit mati dan keringat sehari-hari. Dengan rambut yang bersih dan segar, rambut juga tampak rapi, berkilau, dan lebih awet kalau di-styling. Ada alasannya kan, kenapa tiap kamu mau blow rambut di salon, pasti rambutnya dicuci dulu, tanpa ditanya rambutnya lagi kotor atau nggak. Rasanya juga lebih enak kan, ketika rambut bersih sebelum beraktivitas. Penyanyi kondang Anggun adalah salah satu perempuan yang suka keramas setiap hari, lho.

Namun, kebanyakan keramas juga bisa memicu masalah. Keramas setiap hari bisa mengganggu sistem produksi minyak di kepala yang sebenarnya bagus buat kulit kepala dan rambut kamu. Hampir mirip seperti kulit wajah yang keseringan dicuci: terlalu sering rambut kamu dicuci, kulit kepala kamu akan mengirim sinyal kalau kulit kepala kamu kering dan produksi minyak harus ditambah.

Akhirnya, daerah kulit kepala kamu jadi gampang banget berminyak, tapi batang rambutnya kering dan gampang rapuh karena keseringan pakai shampoo. Dari yang saya lihat, setiap teman yang #TeamKeramasTiapHari selalu beralasan kalau rambutnya akan jadi super lepek kalau nggak keramas tiap hari. Padahal, keramas setiap hari dapat merangsang produksi minyak yang berlebih. It’s a vicious circle, indeed, LOL!

Baca juga: Yang Terjadi Saat Saya Jarang Keramas

To be fair, memang ada tipe rambut yang harus dicuci setiap hari. Apa aja? Kalau rambut kamu tipis, atau kalau kamu olahraga setiap hari, atau kamu pakai styling product seperti gel atau wax rambut setiap hari. Kalau tekstur rambut kamu tipis, minyak akan cepat ‘numpuk’ dan memberi ilusi berat terhadap rambut. Penampilan jadi rada kucel, kan?

Sama halnya dengan pengguna gel atau wax di rambut yang biasanya digunakan secara concentrated di dekat kulit kepala. Nggak cuma itu, tanpa keramas, ada kemungkinan residu styling product kamu nempel di bantal dan jadi masalah buat kulit wajah, seperti beruntusan atau timbul jerawat. Kalau kamu olahraga setiap hari, it is best to wash your hair everyday too. Kamu nggak mau menebar bau tidak sedap dari rambut kamu kan? Hehehe.

Selain dari tiga kategori itu, menurut saya aman banget kok untuk pelan-pelan mencoba mengurangi frekuensi keramas. Awalnya memang jadi lepek dan pasti ‘gatel’ pingin keramas lagi, tapi in the long run, rambutnya adaptasi kok. Saya sendiri nggak percaya sama gerakan ‘no-poo’ atau nggak keramas selamanya, karena saya juga nggak bisa disuruh kaya gitu. Tapi, saya juga nggak sering-sering banget kok keramas. Pas tinggal di Jakarta, saya hanya keramas dua kali seminggu dan rambut saya nggak pernah terlihat super lepek dan nggak presentable, walaupun saya pengguna ojek online sejati. Nothing a dry shampoo can’t fix.

Green for Je L’aime Shiny Repair ShampooSayangnya, sejak tinggal di Finlandia, rambut saya cepet banget lepek karena surprisingly, udara di sini lembab bangetWalaupun rambut saya nggak kotor, daerah akar rambut pasti flat dan nggak segar. Biar nggak keseringan keramas, akhirnya saya akali dengan styling, bisa pakai catokan atau di-blow tarik dari akar. Bisa dibilang, saya hanya heat styling rambut saat rambut saya kotor. Walaupun hanya awet satu hari saja, tapi cukup banget untuk ‘nunda’ biar nggak keseringan keramas.

Baca juga: 4 Penyebab Rambut Berminyak dan Lepek

Kalau kamu belum bisa meninggalkan kebiasaan keramas setiap hari, mungkin habit keramasnya yang bisa diubah: pakai shampoo sesuai dengan jenis rambut kamu, kalau bisa yang nggak mengandung sulfat biar nggak kering. Kurangi heat styling untuk menjaga kesehatan rambut, dan selalu pakai heat protectant kalau mau nyatok atau nge-blow. 

Kamu #TeamKeramasTiapHari atau #TeamKeramasNantiNantiAja?