Brand History: Ristra

Jauh sebelum boomingnya trend skincare dan beauty di Indonesia, Ristra lahir sebagai salah satu  pelopor lebih dari 30 tahun yang lalu!

Masih ingat brand Ristra? Saya pribadi nggak mungkin lupa dengan brand lokal satu ini. Alasan pertama, koleksi skincare dan makeup Ristra mama jadi salah satu highlight masa kecil saya. Mama saya itu pemakai setia produk Ristra dari zaman sekolah, dimulai dari produk skincare-nya. Tambah dewasa sampai akhirnya menikah, mama saya setia banget dengan produk Ristra, dan mulai pakai makeup-nya juga. Jadi saya inget banget deh, memori kemasan ijo-ijo skincare Ristra di kamar mandi, sampai botol foundation Ristra yang dari kaca dan jar bedak Ristra Platinum di vanity mama yang suka saya mainin hehehe… Sampai dengan usia 60 tahun kulit mama saya masih terlihat sehat dan bercahaya, saya yakin banget nggak lepas dari konsistensi mama saya memakai produk skincare kesayangannya yang tidak berubah dari dulu Ristra.

 ristra-review

Fast forward years later, “beauty tale” mama saya ini jadi bahan feature yang saya tulis untuk ngelamar ke Female Daily. And, obviously, I got the job! :D Sharing cerita sama salah satu mantan anak FD beberapa waktu lalu, dia malah pakai skincare Ristra karena “turunan” mamanya, dan pasti selalu balik ke Ristra setelah coba-coba produk skincare trending lain, karena memang wajahnya cocok banget sama Ristra.

Belum familiar dengan brand Ristra? Jauh sebelum booming-nya trend skincare dan beauty di Indonesia, Ristra lahir lebih dari 30 tahun yang lalu, dengan pendiri Dr. Retno.I.S. Tranggono, SpKK, yang juga pernah menjadi dosen di Universitas Indonesia. Pada masa itu, beliau udah punya teori bahwa lingkungan, faktor bawaan manusia, dan pemakaian kosmetik, jadi tiga hal yang harus diperhatikan kalau mau punya kulit sehat. Jadilah Dr. Retno melahirkan brand cosmetodermatology pertama di Indonesia, yang sekarang kita kenal dengan Ristra. Bahkan sekarang juga ada House of Ristra, di mana orang bisa belanja produk lengkap Ristra sekaligus treatment.

Kalau mau coba skincare Ristra, bisa mulai dari mana? Ristra punya produk skincare basic yang udah mencakup produk untuk double cleansing (Ristra Extremely Gentle Cleansing Milk dan Med Soap with pH-Balanced), toner (Ristra Toning Lotion), exfoliator (Ristra Scrub Cream) dan non-comedogenic sunscreen (Ristra Suncare Cream). Ada juga line khusus acne dan anti-aging yang bisa kamu coba, kalo kamu punya spesifik dua skin concern tersebut. Klaim-nya adalah, produk-produk ini didesain agar sesuai dengan pH kulit (pH balanced) dan juga iklim Indonesia, sehingga kulit kita mendapatkan perwatan yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan, which is key for a healthy skin.

Sering banget nih, pembaca FD atau yang nonton kami di YouTube, mulai protes kalau kita rekomen produk skincare luar yang agak effort dicarinya. Ristra ini bisa kamu coba eksplor rangkaiannya, karena selain mudah ditemukan di toko – toko kosmetik terkemuka, harganya juga nggak terlalu mahal.

Produk Ristra apa yang pernah kamu coba?