3 Perawatan Facial Paling Aneh tapi Manjur

Facial kotoran burung? Menggunakan api di wajah? Walaupun terdengar aneh, ternyata ketiga perawatan facial ini mempunyai banyak pelanggan setia!

Kalau dulu facial lumpur dan facial lendir siput saja sudah membuat orang heran, ternyata kini bermunculan berbagai macam perawatan wajah yang bisa dibilang lebih tidak masuk akal karena menggunakan bahan dan cara yang aneh-aneh. Penasaran? Here are some of the crazy things women have done for beauty:

Facial Kotoran Burung

Juga dikenal sebagai “The Geisha Facial”, facial kotoran burung seharga USD$180 ini mempunyai banyak penggemar di Shizuka New York Spa. Teknik yang unik ini berasal dari zaman Jepang kuno, dimana para Geisha dan aktor teater Kabuki menggunakan kotoran burung untuk mendetoksifikasi dan menenangkan kulit karena terlalu sering memakai riasan berbasis timah yang keras.

Kotoran burung yang digunakan bukan kotoran sembarangan ya biggrin, melainkan kotoran dari burung Nightingale yang khusus dikumpulkan di pulau Kyushu di Jepang. Setelah dikeringkan dan disanitasi di bawah lampu UV, kotoran burung Nightingale dicampur dengan dedak padi lalu digunakan sebagai masker wajah. Bahan unik ini dipercaya dapat mengekfoliasi kulit supaya wajah terlihat glowing dan mulus.

Baca juga: Semua Tentang Eksfoliasi Kulit yang Perlu Kamu Tahu

shizuka bird poop facialFoto: Shizuka New York

Fire Facial

Menggunakan api untuk facial sempat menjadi tren di Cina. Perawatan facial yang juga dipanggil Huǒ Liáo ini melibatkan penutupan wajah dengan sebuah kain yang telah direndam dalam larutan alkohol khusus. Kemudian, kain itu dibakar dan sebelum menyentuh kulit, api kemudian dipadamkan dengan bantuan kain lainnya.

Jenis facial ini tidak hanya dilakukan pada wajah, tetapi juga bisa dilakukan pada punggung, tangan, kaki, leher, perut dan bagian badan lainnya. Meskipun belum ada penelitian yang menjelaskan keefektifan facial api, masyarakan Cina percaya bahwa api dapat mengencangkan kulit dan mengobati berbagai penyakit, dari flu sampai obesitasi. Karena hanya bisa dilakukan terapis terlatih, please don’t try this at home! razz

fire facial apiFoto: Dailymail.co.uk

Snake Venom Facial

Snake Venom Facial seharga USD$450 ini pertama kali diperkenalkan Sonya Dakar Spa yang berlokasi di Beverly Hills. Bahan utama yang digunakan dalam terapi ini adalah SYN-AKE, bisa ular versi sintetis yang dapat mereplikasi efek “botox” ke kulit. SYN-AKE dapat “melumpuhkan” otot di wajah untuk sementara supaya keriput dan kerutan di wajah tidak terlihat, dan kulit terlihat lebih kecang.

Efeknya memang lebih pendek daripada suntikan botoks, tetapi banyak yang menyukainya karena perawatan ini lebih tidak menyakitkan dan tidak memerlukan suntikan jarum. Beberapa selebriti yang sudah pernah mencoba menggunakan SYN-AKE dalam skincare mereka adalah Gwyneth Paltrow, Kate Moss dan Victoria Beckham.

Beranikah kamu mencoba salah satu facial yang aneh ini?