Memberi Uang Tip Saat Nyalon, Seberapa Penting?

Masih ada yang nggak terbiasa ngasih uang tip saat nyalon? Atau mungkin masih bingung berapa jumlah yang kita kasih?

Walau kesannya sepele, tapi uang tip sebenarnya lebih dari sekadar tanda terima kasih saat kita selesai nyalon, atau treatment. Wajar banget sih kalau ada yang lupa, tapi kita harus ingat bahwa yang kita terima itu jasa, lho, dan orang yang menangani kita baru aja menggunakan skill-nya untuk memberi kita potongan rambut baru, massage yang bikin kita lebih relaks, atau manicure saat kuku kita udah busuk banget LOL.

Secara internasional, besaran 15%-20% adalah jumlah yang wajar dalam memberikan tip. Tapi jika service yang kamu terima sebenarnya lumayan complicated, dan butuh skill tinggi seperti coloring, atau hair stylist senior berhasil ngebenerin potongan rambut kamu yang gagal, maka lebih baik lagi memberi dalam jumlah lebih. Nah, kebingungan bisa muncul saat kamu sebenarnya nggak puas sama service yang diterima. Harus berapa nih kasih tip-nya?

Rekomendasi Salon untuk Hair Colouring dan Ombree

Jangan sampai nggak memberi sama sekali. Kasih tip minimum untuk jasa yang dia berikan, dan lebih baik lagi kalau kamu nggak berhenti di situ. Beyond tipping, saat kamu nggak puas dengan service yang kamu terima, sampaikan masalahnya ke manajer salon atau siapa pun yang berwenang di situ. Beri input agar keluhan kamu bisa diperbaiki.

Sering saat nyalon, kamu ditangani oleh beberapa orang. Nah, ini juga jangan sampai bingung. Walau trainee di salon hanya menyuci rambut kamu, tetap beri tip minimum, begitu juga saat creambath dan orang yang “megang” rambut kamu saat creambath dan blow ternyata beda. Semakin banyak interaksi / service yang dia berikan, nilainya harus lebih tinggi.

Sadar atau nggak, memberi tip yang “bagus” saat kamu puas dengan hasil nyalon kamu, bisa jadi motivasi si pemberi jasa untuk menjaga kualitas servisnya. Which is imbasnya ke kita juga dong, sebagai klien? Kita jadi langganan, dan si mbak dan mas kualitasnya terjaga. Jadi menurut saya sih, jangan pelit-pelit dalam memberi tip.

Punya pengalaman soal tipping di salon? Share di bawah ya :)