Manfaat Kimchi untuk Kulit

Makanan pedas bisa memicu jerawat, tapi sebaliknya, makanan asam-pedas yang satu ini bisa bikin kulit kita makin bagus!

Penggemar makanan Korea pasti udah nggak asing lagi sama Kimchi, yup, we’re talking about the spicy fermented cabbage yang jadi salah satu side dish tradisional wajib di negeri ginseng ini. Biasanya Kimchi dibuat dari sayur kol atau sawi putih dengan tambahan sayuran lain seperti lobak, wortel atau timun. Sayuran-sayuran ini diberi bumbu lalu difermentasi selama 2-3 hari pada temperatur ruangan.

Di Korea sana biasanya orang-orang menyajikan Kimchi sebagai side dish untuk hampir semua makanan. They eat Kimchi (a lot!) on daily basis dan that’s why katanya Kimchi jadi salah satu rahasia dibalik kulit glowing perempuan-perempuan Korea. Mantan menteri pertanian Korea Selatan, Kim Sung-Hoon bahkan merekomendasikan untuk mengonsumsi Kimchi kalau kita mau awet muda dan punya kulit yang cantik. Kok bisa?

slide_5

(source)

Kandungan Probiotik

Seperti makanan atau minuman yang difermentasi lainnya, Kimchi mengandung probiotik atau bakteri baik yakni lactobacillus serta lactic acid yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menekan pertumbuhan bakteri yang merugikan. Lactic acid dalam Kimchi bisa berfungsi sebagai anti-inflammatory dan mengurangi reaksi alergi, jadi Kimchi bagus juga lho untuk yang punya riwayat dermatitis atopik yang biasanya kulitnya terasa gatal dan perih akibat terlalu kering.

Sumber Vitamin dan Mineral

Kimchi juga dikenal rendah kalori namun bernutrisi tinggi karena mengandung vitamin A, B1, B2, dan vitamin C. Vitamin A selain baik untuk mata juga berfungsi sebagai antioksidan. Sementara, vitamin C dan beta-carotene dalam Kimchi bisa memperbaiki elastisitas kulit kita, sehingga membantu menunda penuaan kulit. Selain itu, kombinasi vitamin C, serta vitamin B1 dan B2 bisa membuat kulit lebih cerah.

Selenium

Selenium yang ada dalam kandungan bawang putih yang digunakan sebagai bumbu Kimchi sangat baik untuk menjadikan kulit dan rambut kita lebih sehat. Jika kita mengonsumsi dalam jangka panjang, Kimchi bisa membantu mencegah munculnya kerutan di kulit. Selain itu selenium juga menjadikan kerja vitamin C lebih efektif di tubuh kita.

Kalau dilihat dari kandungannya, Kimchi memang punya banyak manfaat bagi tubuh yang bisa berpengaruh juga ke kesehatan kulit. Jadi, nggak salah kalau Kimchi disebut sebagai beauty food yang bisa bikin kulit lebih radiant dan awet muda. Bahkan Kimchi dinobatkan sebagai satu dari 5 makanan paling sehat di dunia karena selain mempengaruhi kesehatan kulit Kimchi juga baik untuk sistem pencernaan, meningkatkan sistem imun tubuh, hingga menjaga kadar kolesterol. Ada yang suka simpan stock Kimchi di kulkas?