Mandelic Acid, AHA untuk Kulit Sensitif

Ingin mencoba eksfoliasi dengan AHA tapi takut iritasi? Cobain deh produk dengan mandelic acid.

Beda dengan jenis-jenis AHA yang lain seperti glycolic acid, lactic acid dan bahkan citric acid, mandelic acid adalah salah satu kandungan skincare yang masih jarang dibahas. Padahal, acid yang satu ini memiliki sejarah yang panjang dalam mengobati infeksi dan sebagai antibiotik.

bitter almond mandelic acidFoto: hermitageoils.com

Penggunaan mandelic acid untuk perawatan kulit pertama kali dipelopori oleh Dr. James Fulton, peneliti yang juga menemukan TretinoinMandelic acid adalah sejenis AHA yang diambil dari ekstrak almond pahit. Karena mempunyai partikel yang besar dan lebih susah menembus ke dalam kulit, mandelic acid dianggap sebagai mild exfoliator, jadi kulit lebih nggak rentan iritasi.

Contohnya nih, salah satu masalah yang sering dialami kulit yang lebih gelap saat menggunakan AHA adalah iritasi yang dapat merangsang sel penghasil pigmen untuk menghasilkan melasma pada kulit. Tapi, efek samping ini nggak ditemukan pada pengguna mandelic acid.

Walaupun lebih gentle di kulit, mandelic acid tetap dapat memberikan manfaat yang sama dengan produk AHA pada umumnya, yaitu mengangkat sel kulit mati, mendorong pertumbuhan sel kulit baru dan meningkatkan produksi kolagen.

Baca juga: Beautypedia: Alpha-Hydroxy Acid (AHA) Ampuh Mengangkat Sel Kulit Mati

Satu hal lain yang menarik tentang mandelic acid adalah: it is oil-soluble (dapat larut dalam minyak). Karakteristik ini biasanya hanya terdapat dalam produk-produk BHA seperti salicylic acid. Karena itu, ditambah lagi fungsi anti-bacterial nya yang dapat membantu mengatasi jerawat, mandelic acid sangat cocok untuk kulit berminyak dan acne-prone.

Kalau kamu adalah beginner dengan AHA, atau pernah mengalami iritasi dengan glycolic acid atau lactic acid, produk dengan mandelic acid bisa jadi alternatif lain untuk dicoba. Tapi, seaman-aman nya mandelic acid, jangan lupa juga untuk memakai sunscreen setiap memakai produk eksfoliasi, dan patch test terlebih dahulu sebelum mencoba produk baru.

mandelic acid productsMandelic acid adalah kandungan yang cukup umum di skincare Taiwan, dan banyak juga yang sudah spekulasi bahwa acid ini akan menjadi the next big thing in skincare. Beberapa produk mandelic acid yang sudah cukup populer adalah Naruko AMPM Brightening Mandelic Acid 5% Serum, Dr.Wu Intensive Renewal Serum with Mandelic Acid 18%, MUAC Mandelic Acid Serum, Vivant Skincare 8% Mandelic Acid 3-in-1 Serum, dan produk baru Wishtrend, Mandelic Acid 5% Skin Prep Water.

Apakah kamu sudah pernah mencoba salah satu produk dengan mandelic acid ini? Gimana pengalamanmu?