DIY Skincare Minyak Kelapa Anti Clogging

Takut minyak kelapa sebagai DIY skincare bikin clogging? Coba deh, olah jadi DIY makeup cleansing wipes.

Saya nggak berani pakai VCO di wajah, karena VCO ini terkenal cloging pore dan menyebabkan jerawat. Apalagi setelah membaca pengalaman Ochell menggunakan minyak kelapa sebagai T, saya makin berhati-hati saat menggunakan VCO.

Tapi beberapa waktu yang lalu, ketika searching kegunaan VCO di Youtube, saya banyak menemukan youtuber yang menggunakan VCO sebagai makeup remover. Tapi nggak dipakai langsung seperti cara yang dilakukan Ochell.  Katanya sih, cara ini nggak menyebapkan jerawat. Jadi saya memberanikan diri untuk mencoba.

Karena bulan lalu saya sudah menulis bagaimana cara membuat DIY makeup remover alami berbentuk liquid, maka kali ini saya akan mencoba membuat dalam bentuk makeup cleansing wipes.

diy makeup remover wipes (2)

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

VCO
Saya memakai Be Nevicio, karena produk ini adalah yang paling mudah saya temukan di pasaran. Saya membeli VCO Be Nevicio ini di Carrefour.

Sabun Bayi
Saya menggunakan Johnson’s Top-to-toe Sensitive Touch Baby Wash, yang memang sedang saya pergunakan sehari-hari sebagai sabun mandi. Kebetulan sabun mandi ini juga dikhususkan untuk kulit yang sensitif, jadi saya rasa bahan-bahan yang terkandung di dalamnya lebih mild.

Tea Tree Oil
Ini opsional saja. Saya menambahkan tea tree oil sebagai anti bakteri untuk mencegah jerawat, karena kulit saya memang acne-prone. Tapi bila kulitmu baik-baik saja, saya rasa tea tree oil tidak dibutuhkan.

Kapas
Pilih kapas dengan kualitas yang bagus, yang mudah dipisahkan perhelainya, dan nggak gampang hancur saat terkena air.

Air bersih
Saya menggunakan air Aqua.

Wadah dengan Tutup
Sebenarnya lebih disarankan mason jar atau wadah yang terbuat dari kaca. Namun karena saya nggak punya, jadi saya menggunakan toples bertutup rapat yang ada di rumah saja.

Mangkuk dan Sendok Bersih

Baca juga: Alasan Menggunakan Produk Bayi Untuk Kecantikan

diy makeup remover wipes (3)

Dari semua artikel dan video yang saya lihat, saya nggak menemukan takaran jumlah bahan-bahan yang pasti untuk membuat DIY Cleansing Wipes ini. Maka saya mencoba dengan mencampurkan 200 cc air bersih, dua sendok makan VCO, dua tetes TTO, dan satu setengah pump sabun bayi. Campuran tersebut saya aduk sampai bercampur rata di mangkuk yang bersih.

Setelah semua tercampur sempurna, letakkan beberapa kapas kedalam wadah bertutup rapat, lalu siram kapas dengan campuran tersebut sampai terendam sempurna. Setelah itu tunggu sebentar agar kapas menyerap semua cairannya.

cats

Satu kali swipe – tiga kali swipe

Untuk percobaan pertama, saya menggunakan Milani Stay Put Brow Color, Beauty Story Chiffon Matte, Pixy Gel Eyeliner, dan LT Pro Cream Foundation. Ketika saya coba membersihkan dengan sekali swipe, hanya LT Pro Cream Foundation yang mampu terhapus sempurna, sementara makeup lain yang waterproof masih menyisa. Kesimpulannya, DIY Makeup Cleansing Wipes ini adalah remover ringan, yang hanya mampu membersihkan face makeup untuk sehari-hari saja. Kalau untuk membersihkan makeup yang waterproof, perlu makeup remover khusus yang lebih kuat daya bersihnya. Tapi kemungkinan juga, hal ini disebabkan karena VCO yang saya gunakan dalam campuran ini terlalu sedikit.

Namun, nggak ada masalah ketika saya memakai DIY Makeup Cleansing Wipes ini selama lima hari berturut-turut. Sehari-hari, saya memang hanya menggunakan sunscreen, pensil alis, creamy lipstick, bedak tabur, dan kadang-kadang saya juga menggunakan BB Cream. DIY Makeup Cleansing Wipes ini mampu membersihkan daily makeup saya tersebut, tanpa membuat kulit saya berjerawat ataupun iritasi. Rasanya di kulit juga lebih segar dan nggak lengket, hampir mirip perasaan seperti habis menggunakan Micellar Water.

DIY Makeup Cleansing Wipes ini juga mampu bertahan selama lima hari, tanpa berubah tekstur, bau, ataupun mengering. Tapi saya nggak tahu ya kalau lebih dari lima hari, karena saya memang hanya membuat DIY Makeup Cleansing Wipes ini dengan jumlah yang cukup untuk lima hari pemakaian.

Tertarik mencoba?