Toner Wash, Cara Baru Pakai Toner

Another day, another new K-Beauty trend. Kali ini, metode mencuci muka dengan toner dipercaya dapat meningkatkan kinerja toner kamu!

It’s called Toner Wash method. Yup betul, kamu menggunakan toner-mu untuk mencuci muka but nope, metode ini bukan untuk menggantikan rutinitas double cleansing. Toner wash dipercaya dapat meningkatkan kinerja toner yang sudah kita punya, caranya dengan mencampur beberapa tetes toner ke dalam air lalu digunakan untuk mencuci muka setelah double cleansing.

Tips-kulit-fresh

Metode ini ramai dibicarakan akibat seorang beauty blogger bernama pdxbeauty yang mengaku kulitnya menjadi lebih halus dan bersih dari redness akibat jerawat, setelah menggunakan Natural Pacific Fresh Herb Calendula Tincture Toner dengan metode toner wash. Menurutnya, metode ini bekerja seperti proses pembersihan luka, membantu membersihkan kulit dan pori-porinya dari toksin. Seperti yang dikutip dari blog-nya “This method is suppose to help flush out toxins on the skin’s surface & in the pores with medicinal ingredients. Think of it like cleaning out a wound.” Perubahan yang ia rasakan adalah kulitnya yang lebih bersih dan jerawatnya yang lebih cepat reda. Selain pdxbeauty, video dari Style Korean juga menampilkan bagaimana toner wash dapat mengurangi jerawat dalam 50 hari. Getting excited?

tonerwas

Tunggu dulu, kalau diliat sih hydrating toner asal brand Korea ini memang sangat concentrated, dengan air bunga calendula, exfoliating enzyme, dan berbagai ekstrak sebagai komposisi utama, jadi nggak heran dapat disarankan digunakan dengan metode toner wash. Ditambah lagi dengan komposisi centella asiatica yang ada pada toner tersebut, tidak heran rasanya kulit dan jerawatnya jadi lebih “jinak”. Jadi apakah toner atau metode toner wash yang menyebabkan hal tersebut terjadi masih belum bisa dipastikan.

Baca juga: FD Little Notes Semua Tentang Toner

Sampai saat ini sih, belum ada yang dapat menjelaskan mengapa toner wash bisa jadi metode yang jitu untuk meningkatkan kerja toner atau, apakah metode ini lebih baik dari pemakaian toner cara biasanya. Mengandalkan penjelasan dari pdxbeauty kurang cukup rasanya. Tapi, kalau kamu mau iseng-iseng nyobain dan liat hasilnya, caranya tinggal campur beberapa tetes toner ke dalam satu mangkuk air, lalu gunakan campuran tersebut untuk membersihkan wajah kamu setelah double cleansing. Setelah itu, pat dry wajah dan lanjut ke skincare routine kamu selanjutnya seperti essence, serum dan seterusnya. Untuk toner-nya, sepertinya akan lebih efektif kalau toner kamu highly concentrated. But you can also try this method with every toners.

Jadi penasaran dengan toner wash? Atau malah udah pernah coba? Share pendapatmu tentang metode ini ya!