5 Cara Mudah untuk Tahu Skincare Bekerja

Gimana cara tahu produk skincare yang kita pakai bekerja atau tidak?

Memang lebih gampang menentukan reaksi negatif dari sebuah produk dibanding hasil positifnya di kulit. Kadang, butuh waktu lebih lama untuk melihat apakah sebuah skincare bekerja, tetapi untuk reaksi iritasi bisa terlihat dari beberapa hari aja. Apalagi cara kerja produk skincare pun berbeda-beda, jadi ada yang bisa memperlihatkan hasil secara instan seperti clay mask, tetapi ada juga yang butuh berbulan-bulan untuk menampakkan hasil, seperti retinol.

Tanda-tanda di bawah ini memang nggak bisa dipukul rata untuk semua produk, karena kamu juga pasti punya ekspektasi untuk masing-masing produk. Tapi, kalau kulit kamu secara umum sudah memperlihatkan tanda-tanda berikut ini, congratulations, you must have done something good!

Lihat juga: 10 Kesalahan Dalam Perawatan Kulit

skincare-pemulaTidak Ada Reaksi Negatif

This seems like a no-brainer, tapi buat saya, sebuah produk bisa dibilang bagus kalau memang nggak ada efek sampingnya sama sekali. Saya pernah pakai rosehip oil, yang walaupun bisa dibilang cukup efektif memudarkan bekas jerawat, tapi somehow bikin kulit saya juga bruntusan. Ada BHA toner yang benar-benar bisa menghilangkan komedo dan whiteheads sampai kulit benar-benar halus, tapi setiap dipakai kulit saya jadi memerah. Apalagi buat yang punya kulit sensitif, yang pertama kali dicek pasti bukan apakah produk ini ngefek atau enggak, tapi apakah produk ini bikin kulit reaktif atau enggak. Ya kan? :D

Lihat juga: FD Little Notes: Semua Tentang Toner

Kulit Terasa Lebih Kenyal

Kadang, kondisi kulit yang justru nggak bisa “terlihat” oleh mata malah lebih terasa bedanya. Nggak butuh skincare yang terlalu advanced untuk bisa merasakan kulit yang lebih moist, se-simple mengganti face wash yang non-drying pun akan terasa banget perbedaan yang signifikan kalau face wash yang digunakan sebelumnya bikin kulit seperti “ditarik”.

Makeup Lebih Menempel

Alasan foundation, BB cushion, atau produk complexion lainnya susah menempel di kulit salah satunya adalah karena dehidrasi. Ada banyak banget tanda-tanda kulit dehidrasi, salah satunya adalah mengelupas atau justru memproduksi minyak berlebihan sehingga makeup susah menempel dan tahan lama di kulit.

Produksi Minyak dan Air Seimbang

Kulit dengan moisture barrier yang sehat akan memproduksi cukup minyak alami untuk melembapkan kulit tanpa menjadi masalah. Begitupun dengan kadar air di kulit, yang kalau kekurangan bisa disuplai dengan skincare yang mengandung hyaluronic acid. Setiap kulit memang memiliki perbedaan kadar minyak dan air, tetapi kamu bisa mengatakan bahwa skincare kamu bekerja ketika minyak di wajah nggak membuat kamu terganggu dan kulit juga nggak terasa kering karena dehidrasi.

Lihat juga: Pentingnya Menjaga Moisture Barrier Kulit

Noda Gelap dan Bekas Jerawat Memudar

Kalau bekas jerawat sisa PMS memudar warnanya, tekstur kulit yang sebelumnya bumpy jadi lebih rata, dan overall skintone terlihat lebih cerah, artinya ada improvement di regenerasi kulit dan juga produksi kolagen. It could be your serum, toner, or any active ingredients, but if it does the job, then you’re on the right track!